Inovasi KPRI Handayani Sambut Model Usaha Di Era Digital

Rabu, 23 Januari 2019 | 18:05 WIB


Inovasi KPRI Handayani Sambut Model Usaha Di Era Digital

Sebagai sebuah badan usaha, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Handayani harus mampu melihat dan memanfaatkan peluang usaha di era digital yang ada.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Bidang Umum dan Kepegawaian Dr S Martono MSi saat memberikan sambutan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT), Rabu (23/1) bertempat di Dekanat FIS Gedung C7 Lantai 3.

“Era digital yang disebut dengan sistem informasi ini, tentunya memberikan peluang kepada pengurus untuk lebih aktif melayani anggota. Perlu diingat saudara-saudara, menghadapi revolusi industri 4.0, kita harus mampu beradaptasi dengan teknologi. Kita harus mampu memanfaat kecanggihan teknologi saat ini. Sebagai contoh, kita punya toko yang besar tetapi masih sepi pengunjung.  Kita bisa bekerja sama dengan ojek online, untuk menghantarkan produk-produk koperasi kita.” Ungkap Dr Martono.

Ketua KPRI Handayani Dr Sutikno MSi menjelaskan bahwa Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan ciri khas dan pembeda koperasi dengan badan-badan usaha lain. Sebab, dalam RAT, tiap anggota memiliki hak yang sama untuk berbicara dan mengeluarkan pendapat, serta memilih dan dipilih. RAT ini merupakan bentuk pertanggungjawaban pengurus koperasi sekaligus pembelajaran dalam berdemokrasi, penyelenggaran kegiatan.

Inovasi Layanan KPRI Handayani

Saat ini, sistem yang dikembangkan oleh KPRI Handayani memungkinkan anggota membeli pulsa, baik untuk telepon seluler maupun listrik. Selain itu, anggota juga bisa mengakses informasi tabungan, deposito, pinjaman, bahkan mutasi rekening.

“Sistem ini dirancang untuk meningkatkan layanan kepada anggota. Dengan layanan itu, anggota merasakan pelayanan yang serba murah dan tanpa batas waktu,” jelas Dr Sutikno

Bertindak mewakili Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)  Kota Semarang, Sekretaris Dinas UMKM Maria menyampaikan selamat atas pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPRI Handayani UNNES tersebut.

Ia mengapresiasi sistem kerja dan tata kelola KPRI Handayani UNNES yang inovatif dan memperhatikan kebutuhan anggota koperasi.

Dalam kesempatan tersebut, Maria menyampaikan beberapa hal penting untuk menjadi perhatian bagi pengurus, pengawas, dan anggota koperasi.

Pertama, mengembangkan demokratisasi koperasi yang mengutamakan musyawarah. Kedua, pengurus dan pengawas harus menyampaikan laporan pertanggungjawaban dengan transpran dan tepat waktu. Ketiga, koperasi harus mampu mengidentifikasi peluang usaha yang dapat dikembangkan di masa mendatang,”pungkas Maria.

Sebagai salah satu lembaga keuangan non-bank, KPRI Handayani UNNES terus berusaha memberikan layanan terbaik bagi para anggotanya.

RAT diakhiri dengan pengundian, hadiah utama berupa sepeda motor dimenangkan oleh Dra C Murni Wahyanti MA dosen Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

Kemudian, Sulchan FIP PGSD (Kulkas), Andri Akhiruyanto SPd MPd FIK (Mesin Cuci), Moh Yamin SPd FH (Kulkas), Laga Sugiarto SH MHum FH (TV 32 Inch, Rimasari Pramesti Putri SPd Sepeda, dan banyak lagi door prize lainnya.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 196 kali
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X