Konsep Konservasi dan Kepemimpinan Bertumbuh Diteliti Mahasiswa Untech Taiwan

Kamis, 31 Januari 2019 | 14:39 WIB


Konsep Konservasi dan Kepemimpinan Bertumbuh Diteliti Mahasiswa Untech Taiwan

Konsep universitas berwawasan konservasi dan kepemimpinan bertumbuh menarik minat akademisi dari Taiwan untuk menelitinya.

Mahasiswa National Taiwan University of Science and Technology (Untech), Albert, berkunjung ke kampus Sekaran untuk mengetahui dua konsep itu secara mendalam.

Selama sekitar satu jam, mahasiswa itu mewawancara Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum. Wawancara itu diperlukan untuk menyelesaikan disertasi tentang kepemimpinan perguruan tinggi di era Revolusi Industri 4.0.

Albert menyebut, dalam era disrupsi sekarang kepemimpinan jadi salah satu kunci penting bagi kemajuan perguruan tinggi.

“Konsep kepemimpinan bertumbuh ternyata sangat relevan dengan kebutuhan itu. Karena model kepemimpinan itu menekankan peningkatan kapasitas secara berkelanjutan untuk menghadapi perubahan,” katanya.

Kepada Albert, Rektor Prof Dr Fathur Rokhman menjelaskan, konsep kepemimpinan bertumbuh bisa diterapkan dalam berbagai level kepemimpinan.

Bukan hanya top leader, pemimpin kelas menengah dan bawah pun harus selalu bertumbuh kapasitasnya. Pertumbuhan itu diperlukan agar pemimpin bisa beradaptasi dengan perubahan, bahkan melampauinya.

Sebagaimana diketahui, konsep kepemimpinan bertumbuh adalah konsep kepemimpinan yang dicetuskan Prof Dr Fathur Rokhman MHum. Secara detail, konsep itu telah tertuang dalam buku Kepemimpinan Bertumbuh yang terbit akhir 2016 lalu.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 252 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X