Kombes. Pol Susilo Teguh Raharjo Raih Gelar Doktor di UNNES Berkat Perhatiannya Pada Pendidikan Karakter Taruna Akademi Kepolisian

Jumat, 29 Januari 2021 | 20:26 WIB


Kombes. Pol Susilo Teguh Raharjo Raih Gelar Doktor di UNNES Berkat Perhatiannya Pada Pendidikan Karakter Taruna Akademi Kepolisian

Universitas Negeri Semarang (UNNES) telah meluluskan satu orang doktor yang
mengangkat tema tentang pendidikan karakter bagi Taruna Akademi Kepolisian.

Gelar resmi sebagai Doktor tersebut dianugerahkan kepada Doktor Susilo Teguh Raharjo karena telah mampu mempertahankan tugas akhir dalam bentuk disertasi pada ujian terbuka yang digelar pada hari Jumat tanggal 29 Januari 2021.

Tugas akhir tersebut berjudul Model Pembelajaran, Pelatihan, dan Pengasuhan Akademi Kepolisian untuk Pendidikan Perwira Polisi Profesional pada Era Modern yang suatu penelitian tentang pentingnya pendidikan karakter sebagai pondasi dalam membentuk nilai-nilai bagi Taruna Akademi Kepolisian pendidikan karakter tersebut diwujudkan dalam karakter kebhayangkaraan.

Pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Standarisasi Profesi, Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri tersebut menyatakan bahwa pendidikan karakter merupakan sebuah komponen yang penting dalam setiap fase pendidikan,tidak hanya bagi tingkatan dasar tetapi pendidikan karakter dapat diaplikasikan pada setiap jenjang pendidikan.

“Keberadaan pendidikan karakter yang yang perlu diintegrasikan ke dalam suatu model pendidikan pada lingkungan Taruna Akademi Kepolisian adalah suatu aspek yang esensial. Pendidikan karakter tersebut diwujudkan dengan adanya karakter kebhayangkaraan yakni nilai-nilai yang dianut oleh setiap taruna untuk bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, maupun suatu saat ketika bekerja menjadi seorang polisi nantinya,” ucapnya.

Dalam paparannya pada ujian terbuka, perwira polisi dengan pangkat tiga melati dipundaknya tersebut menegaskan keberadaan pendidikan karakter yang begitu penting dalam setiap tindakan bagi Taruna Akademi Kepolisian menjadi sesuatu hal yang menarik untuk ditelaah secara lebih lanjut.

Temuan baru hasil penelitian Susilo Teguh Raharjo adalah mampu membuat suatu model rekonstruksi budaya bagi Taruna Akademi Kepolisian dengan didasarkan pada karakter kebhayangkaraan yang bisa dijiwai oleh setiap insan Taruna Akademi Kepolisian.

Temuannya dapat dimanfaatkan bagi institusi sebagai salah satu pertimbangan untuk menjadi suatu keputusan.

Disertasi Doktor Susilo Teguh Raharjo dapat diselesaikan dengan dipromotori oleh Prof Dr Tri Joko Raharjo MPd, dengan kopromotor Drs Heri Yanto MBA PhD dan anggota promotor Dr Rodiyah SPd SH MSi.

Ujian terbuka tersebut diketuai oleh Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum, dengan sekretaris penguji Prof Dr Agus Nuryatin MHum, penguji pakar yakni Brigadir Jenderal Polisi Prof Dr Chryshnanda Dwilaksana MSi, penguji lainnya yakni Prof Dr Ida Zulaeha MHum dan Dr Arief Yulianto SE MM


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X