Kolaborasi Mahasiswa UNNES Meraih Juara 3 MAPTION

Jumat, 12 Maret 2021 | 9:16 WIB


Kolaborasi Mahasiswa UNNES Meraih Juara 3 MAPTION

Tiga mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang tergabung dalam tim berhasil mendapatkan Juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mathematics Paper Competition (MAPTION) 2021 tingkat Nasional yang diselenggarakan pada tanggal 6-8 Maret 2021 oleh Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika Wilayah 5.

Tim ini beranggotakan Galuh Ayu mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matamatika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Agung Adi Firdaus mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Teknik (FT), dan Khoirul Taufiqi Prodi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

Tim mereka membuat Karya Tulis Ilmiah dengan judul “SIBIMA (Konsultasi Belajar Mandiri Bersama Kakak dengan Sistem Bahasa Isyarat) untuk siswa tunarungu”.

Galuh Ayu saat ditemui menyampaikan rasa senang dan bahagia karena berhasil membawa nama baik Universitas Negeri Semarang dengan menjadi juara 3 dalam MAPTION.

“Alhamdulilah Tim saya mendapatkan juara 3. Awalnya kami tidak yakin. Akan tetapi, kami mengutamakan usaha dalam menumpas ketidakyakinannya itu dan alhamdulillah kami mendapatkan juara. Dan saya bersyukur bisa berkontribusi dengan baik di jurusan saya,” ujar Galuh.

Di sisi lain, Agung Adi Firdaus mengatakan untuk mengikuti perlombaan ini Tim melakukan persiapan khusus yang dilakukan tim mereka yaitu persiapan mental untuk belajar lebih memahami diri sendiri dan orang lain.

“Kalau ditanyakan persiapan, sebenarnya pasti sama dengan peserta lomba karya tulis pada umumnya meliputi pematangan judul, penyusunan proposal, penggarapan prototype atau bahkan medianya, analisis tentunya, dan juga persiapan serta simulasi presentasi. Akan tetapi, untuk persiapan khusus terpenting bagi saya pribadi adalah dimana kami khususnya saya belajar untuk persiapan mental untuk belajar lebih memahami, baik memahami diri saya pribadi untuk bisa menata diri dalam memprioritaskan agenda saya serta mencoba belajar memahami kepentingan satu tim. Karena lomba ini bekerja dalam tim,” jelas Agung.

Galuh Ayu juga berbagi tips untuk membagi waktu untuk terus berprestasi dan berinovasi.

“Yang paling penting adalah tentukan prioritasmu terlebih dahulu. Jadi yang mana yang harus kau selesaikan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk didampingi dengan pelibatan Allah dalam putusan kita. Dan jangan lupa tulis motivasi-motivasi dan tujuanmu,” pungkasnya.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X