Kepemimpinan Bertumbuh, Ciptakan Mahasiswa Berkarakter

Sabtu, 24 Maret 2018 | 6:45 WIB


Kepemimpinan Bertumbuh, Ciptakan Mahasiswa Berkarakter

Generasi muda sebagai agen perubahan yang menjadi benih dan pilar bangsa Indonesia sudah semestinya memiliki jiwa kepemimpinan yang tumbuh dengan baik.
“Setiap orang memiliki bakat memimpin. Bakat itu bagaikan benih. Agar bisa tumbuh menjadi pohon yang kuat, berdaun lebat, menghasilkan bunga dan buah, perlu dipelihara dengan berbagai tindakan positif” Rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES), Prof Dr Fathur Rokhman M Hum saat memberi kuliah umum mahasiswa bidikmisi dengan tema “Kepemimpinan Bertumbuh” di Auditorium Universitas Negeri Semarang (UNNES), Sekaran, Semarang, Jumat (23/3).

Sebagai narasumber utama Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan, mahasiswa bidikmisi memiliki kesempatan sama dengan yang lain. Justru dalam diri mereka harus memiliki semangat yang lebih dalam belajar agar mencapai sukses. Salah satu kuncinya dengan kepemimpinan. Pemimpin besar pasti mulai dengan cita-cita yang tinggi. Sejauh mana cita-cita kita akan tercapai sejauh mana kita berani bermimpi.

Menurut beliau, pemimpin yang baik adalah yang berkarakter dan bertumbuh seperti pohon yang tinggi menjulang mempunyai akar teguh dan cabangnya menjulang ke langit.

“Kepemimpinan yang bertumbuh bagai bagian pohon yaitu benih, pohon yang kuat, jejaring pohon, terpaan badai, menumbuhkan benih baru. Benih merupakan bibit utama dalam menentukan seberapa kuat pohon tersebut berdiri. Kalian, diibaratkan seperti benih, dengan bakat-bakat yang berbeda sedang di pupuk dan di rawat oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES) sehingga menjadi kader bangsa yang berkualitas. Jejaring pohon merupakan relasi atau hubungan yang dibangun. Terpaan badai merupakan cobaan, sedangkan menumbuhkan benih baru merupakan regenerasi benih yang baru.” ujar beliau.

Untuk mewujudkannya, mahasiswa hendaknya berkarakter kemanusiaan, selalu menjadi sumber kebaikan, dan murah hati agar benih kemimpinan senantiasa tumbuh dalam diri. Integritas, intelektualitas, dan kerja keras juga sebagai penguat di era global.

Rektor juga terus berupaya memberikan pembinaan salah satunya melalui kuliah umum. Agenda ini juga sebagai sarana memotivasi mahasiswa bidikmisi agar terus berkarya dan berprestasi sebab Universitas Negeri Semarang (UNNES) selalu memberikan fasilitas terbaik bagi seluruh civitas akademika agar menjadi bibit yang berkualitas Internasional.

Maulida Fitra Z (Student Staff)


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 553 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X