Kepala Laboratorium Sekolah Harus Bersertifikat

Sabtu, 23 Maret 2013 | 17:51 WIB


Kepala Laboratorium Sekolah Harus Bersertifikat
DOK/HUMAS

Berbeda dengan guru yang mempunyai beban kerja 24 jam tiap pekan, seorang kepala laboratorium hanya 12 jam. Meskipun lebih sedikit, namun untuk menjadi seorang kepala laboratorium tidaklah mudah.

Untuk menjadi kepala laboratorium harus mendapatkan sertifikat dari perguruan tinggi atau lembaga yang ditetapkan pemerintah.

Hal itulah yang melatarbelakangi penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepala Laboratorium Sekolah oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (PPs Unnes). Menggandeng Himpunan  Pendidik dan Penguji Seluruh Indonesia (HIPPSI), Unnes menyelenggarakan kegiatan di Kampus Bendan Ngisor Semarang, Jumat (22/3). Diklat ini menganut pola 300 jam dan berlangsung hingga Mei 2013.

Diklat dibuka oleh Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo didampingi Direktur PPs Unnes Prof Samsudi dan Ketua HIPPSI Prof Wasino.

Rektor Sudijono Sastroatmodjo mengatakan Diklat ini merupakan salah satu wujud Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. “Berbeda dengan pembagian dalam matematika yang jika dibagi terus akan habis, semangat berbagi yang dilakukan Unnes tidak akan pernah habis jika dibagi.” ujarnya.

Sedangkan Direktur PPs Prof Samsudi mengatakan, kepala laboratorium dapat berasal dari guru atau laboran dan harus mempunyai sertifikat dari perguruan tinggi. Aturan ini tertuang dalam  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 26 Tahun 2008.

“Selama ini pekerjaan sebagai kepala laboratorium belum mendapatkan apresiasi yang pantas. Dengan adanya aturan sertifikasi ini kepala laboratorium akan mendapat penghargaan sesuai dengan tugas-tugasnya,” tandasnya.

Tingkatkan Kualitas

Sebelumnya, rektor juga membuka Diklat Pelatihan Karya Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas. Prof Sudijono berpesan agar peserta Diklat benar-benar memanfaatkan kegiatan ini karena saat ini guru harus dinamis demi meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

“Setiap tahun siswa selalu berganti, jangan sampai guru menggunakan metode yang sama untuk mengajar di kelas,” katanya.

Senada dengan Rektor Sudijono Sastroatmodjo, Direktur PPs Prof Samsudi yang turut mendampingi mengatakan guru tak ubahnya dokter yang harus mengetahui penyakit sekecil apapun di kelas.

“Inovasi pembelajaran harus selalu tumbuh guna meningkatkan kualitas pendidikan,” katanya.

Diklat Pelatihan Karya Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas diikuti oleh ratusan guru TK, SD, SMP, hingga SMA. Sedangkan Diklat Kepala Laboratorium diikuti puluhan guru SMP/MTS dan SMA/MA/SMK se-Jawa Tengah.

Liliek H dan Angga S


DIUNGGAH : Dhoni Zustiyantoro
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

58 komentar pada “Kepala Laboratorium Sekolah Harus Bersertifikat

  1. mau tanya pak?, apakah pelatihan tenaga laboran di jakarta sudah ada? dan yang ditunjuk oleh pemerintah secara resmi agar mendapat sertfikat tenaga laboran. dan kalau ada dimana ya pak? karena saya mau mengikutinya. terima kasih.

  2. mohon di informasikan jika ada pelatihan untuk kepala lab secara tertulis ke sekolah kami, SMP N 3 salatiga. trimakasih

  3. Mohon supaya diklat kepala laboratorium se-sumatera juga diadakan khususnya kami yang di kabupaten SIMALUNGUN , TERIMA KASIH.

  4. MOHON JUGA DI UKATI KARTANEGARA JUGA BISA DIADAKAN KEPELATIHAN KEPALA-KEPALA LEP (BAAN HASA, KOMPUTER DAN IPA) SUPAYA GURU TERSEBUT MEMILIKI TENAGA YANG PROFESIONAN DAN MENINGKATKAN SDM

  5. Kami dari daerah ingin sekali ada pelatihan seperti ini. Karena dengan pratikum anak lebih bersemangat untuk m,engenal organ-organ pd makhluk hidup

  6. Assalamu’alaikum warahamatullahi wabarakatuh. Mohon info Bapak untuk pelatihan Kepala laboratorium komputer kapan diadakan lagi?

  7. Dengan bertambahnya tekhnologi siswa pun ingin banyak lebih tau. Oleh krn itu kami guru pun mohon pelatihan laborat agar siswa yg kami bimbing akan lebih baik

  8. diklat juga sudah dilaksanakan oleh universitas sebelas maret surakarta, uns baru baru saja melaksanakan diklat pengelola laboratorium yang dilaksanakan di kabupaten grobogan dari tanggal 13 januari sampai dengan 20 januari 2014

  9. Saya ingin sekali mengikuti pelatihan seperti ini. Karena dengan pratikum anak lebih bersemangat untuk belajar serta memahami pelajaran, Jika ada kegiatan seperti ini MOHON Di kirim Infonya melaliu E-mail yg ada.

    Trims.
    By : ISTIKHOMAH, S.Pd
    Guru Geografi SMAN 1 BONGAS INDRAMAYU

  10. mohon informasi pelatihan diklat kepala lab, saya guru smp berasal dari kalbar berminat mengikuti diklat tersebut. Kpn diadakan lg

  11. Skarang ada berita baru, katanya yang diakui sbg kepala laboratorium SMP hanya satu, harus bersertifikat nasional, jurusan IPA dan lulusan S1. Bagaimana dengan sekolah kami, kebetulan yang bersertifikat hanya ada satu guru, itupun sebagai Kepala laboratorium Bahasa, bukan IPA, Bagi yang lebih tahu, mohon beri kami informasi yang jelas.

  12. saya lulusan SMA IPA, dan saya sudah 25 tahun bekerja menjadi tenaga Laboratorium FISIKA, KIMIA, BIOLOGI SMA KATOLIK RICCI JAKARTA BARAT, dan saya ingin mendapatkan ijazah/sertifikat Laboratorium IPA, Dimana ya saya bisa mendapatkannya? khususnya di daerah jakarta. Terima kasih, mohon infonya!

  13. tahun ajaran 2014/2015 ini saya di sk kan sebagai kepala lab ipa smp negeri 18 palu sulawesi tengah. tapi saya belum punya sertifikat. mohon informasinya kalau ada diklat pengelolaan lab. untuk bisa diikutkan

  14. Mohon informasinya untuk pelatihan terbaru, khususnya di wilayah DKI Jakarta, karena saya berminat untuk mengikutinya, Terima kasih

  15. Asslkm,..kapan Unnes menyelenggarakan Diklat Pelatihan. Lab. Bahasa bagi guru yang semacam ini, saya guru b.ingg bersertfkasi dan mendpt tugas tambahan sbg Ka. Lab. untuk thun pelajaran 2014/15 ini, tp sbg ka. lab, saya belum memiliki sertifikat Lab,

  16. Kok di Sumut blm ada lembaga atau Perguruan tinggi yg menyelenggarakan diklat bagi calon kepala Lab IPA ya…bnyk guru yg berminat dan memerlukannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X