Kelas Internasional PGPAUD Kunjungi Suan Sunandha Rajabhat University Bangkok

Senin, 9 September 2019 | 16:22 WIB


Kelas Internasional PGPAUD Kunjungi Suan Sunandha Rajabhat University Bangkok

Kamis (4/9) lalu, sebanyak 27 mahasiswa kelas Internasional jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD ) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (UNNES)  berkesempatan untuk melaksanakan studi banding ke Suan Sunandha Rajabhat University (SSRU), Bangkok, Thailand.  Dalam kesempatan ini, rombongan mahasiswa dan dosen disambut oleh Dekan Faculty of Education, Director of Centre for Educational Profession Development (CEPD), beberapa staf pengajar, mahasiswa, dan guru dari sekolah laboratorium SSRU.

Kunjungan diawali dengan presentasi dari pihak SSRU dilanjutkan dengan penandatanganan nota kerja sama yang dituangkan dalam wujud MoM dan MoA. Harapannya, akan ada keberlanjutan kerja sama antara UNNES dan SSRU yang tertuang dalam MoU.

Tidak sekedar melakukan kunjungan, rombongan mahasiswa UNNES turut serta dalam Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh SSRU dengan tajuk “Early Childhood Teacher Perspective in South East Asia”. Konferensi ini dimaksudkan untuk menelaah pengembangan dan implementasi pembelajaran di sekolah oleh guru Taman Kanak-kanak (TK) baik di Thailand maupun di Indonesia. Konferensi ini juga mengangkat isu peran budaya yang mempengaruhi pendidikan anak usia dini di Thailand. Dalam kegiatan ini pula mahasiswa berkesempatan untuk menyajikan poster yang merepresentasikan hasil karya tulis ilmiah mereka. Antusiasme mahasiswa SSRU dan juga staf terkait hasil penelitian mahasiswa PGPAUD kelas internasional ini nampak dari banyaknya pengunjung di booth mereka.

Di akhir kegiatan, mahasiswa diajak mengunjungi preschool yang dikelola oleh universitas serta berkeliling kampus. Uniknya, kampus ini memiliki museum yang berisi kisah budaya Thailand. Adanya kegiatan ini diharapkan mampu menjadi kegiatan awal untuk menguatkan jaringan kerja sama internasional FIP UNNES.

Annisa Azizatul I. (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 160 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X