Kapal Senopati – CRC Mesin UNNES Siap Berkompetisi dalam ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2021

Kamis, 22 Juli 2021 | 13:07 WIB


Kapal Senopati – CRC Mesin UNNES Siap Berkompetisi dalam ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2021

Tim CRC Mesin UNNES dengan kapal Senopati berhasil lolos dalam tahap pertama pada gelaran Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Pada lomba kali ini tim CRC Mesin UNNES mengikuti kelas Divisi Kapal Patroli Laut Lepas (Electric Remote Control/ERC), Pelaksanaan final kontes ERC ini, akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2021 demikian sambung Muhammad Yusuf Wibowo selaku Ketua Tim CRC Mesin UNNES pada KKCTBN 2021 ini.

Kapal patroli desain dari Tim CRC Mesin UNNES ini didesain untuk dapat menyergap  penyusup pesawat jet musuh dalam simulasinya dengan kecepatan 30 knot dalam kondisi pengejaran dan kecepatan 15 knot dalam kecepatan patroli perairan lepas pantai.

Selain itu kapal ini dirancang untuk mampu bermanuver secara zig-zag dan lincah untuk menghalau pergerakan musuh. Baik musuh dalam bentuk ancaman udara maupun musuh ancaman di perairan laut. Demikian ujar Dr Eng Rizqi Fitri Naryanto ST MEng selaku dosen pembimbing tim Roboboat CRC Mesin UNNES kapal Senopati 1 pada gelaran Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2021 ini dan selaku dosen pembimbing wadah aspirasi Inovasi Fakutas Teknik.

Serangkaian Riset telah beberapa tahun dikembangkan oleh tim Roboboat CRC Mesin UNNES, diantaranya pengembangan kapal roboboat pada kejuaraan kapal Roboboat di beberapa evan nasional. Kapal –kapal dengan monohull maupun trimaran sudah beberapa kali diproduksi oleh tim Roboboat CRC Mesin UNNES, demikian disampaikan oleh Ahmad Roziqin, S.Pd., M.Pd selaku dosen Pembimbing CRC Mesin UNNES.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum memberikan apresiasi dan dorongan kepada mahasiswa untuk selalu mengembangkan iptek dan terus berprestasi pada even-even gelaran nasional maupun internasional.

Tim CRC Mesin UNNES dengan Kapal Senopati 1, mohon doa restu kepada civitas akademika Universitas Negeri Semarang agar mampu merebut juara dan mengharumkan nama UNNES di even bergengsi tersebut.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X