Ikuti Kompetisi di Lombok, 3 Tim Delegasi UNNES Borong Piala

Selasa, 23 April 2019 | 15:17 WIB


Ikuti Kompetisi di Lombok, 3 Tim Delegasi UNNES Borong Piala

Menuju Kluster 1 dan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), Universitas Negeri Semarang (UNNES) semakin gencar menggenjot prestasi dan reputasi.

Upaya pencapaian prestasi dan reputasi ini tak hanya menjadi tanggung jawab bagi dosen semata, namun juga merupakan amanah akademik bagi mahasiswa UNNES untuk turut serta mengharumkan nama lembaga.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (PRISMA) Universitas Mataram (Unram) Lombok NTB, UNNES mengirimkan 3 tim delegasi mahasiswa pada Kamis hingga Sabtu (11-13/4).

Ketiga tim tersebut yakni tim 1 UNNES dari Fakultas Bahasa dan Seni (Sofia Nur Khasanah dan Melly Vila Melani), tim 2 UNNES dari Fakultas Ilmu Sosial (Dwi Hermawan, Syarifah Niken Purnani, dan Muhammad Syifauddin), dan tim 3 UNNES dari Fakultas Ekonomi (Mundi Dawuhe Yang Widi, Wulan Cahyani, dan Dina Maulia).

Ketiga tim tersebut berhasil tampil dengan epik bersama dengan tim delegasi dari Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Jambi (Unja), Universitas Mataram (Unram), Universitas PGRI Adibuana, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sulta Ageng Tirtayasa (Untirta), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Hasil akhir menempatkan tim 1 UNNES sebagai juara 3 dan tim 2 UNNES sebagai juara harapan 2 pada ajang kompetisi bergengsi tersebut.
Sementara juara 1 berhasil diraih oleh Universitas PGRI Adibuana, juara 2 oleh Universitas Sebelas Maret (UNS), juara harapan 1 oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), dan juara harapan 3 berhasil diraih oleh Universitas Brawijaya (UB).

Saat membuka kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Mataram Dr. Muhammad Natsir, SH., M.Hum mengapresiasi kehadiran delegasi dari UNNES.

Apresiasi tersebut diberikan karena UNNES mengirimkan delegasi tim terbanyak dibanding Perguruan Tinggi lainnya. Dilansir dari laman PRISMA-unram.com, terdapat 125 tim pendaftar dalam tahap full paper yang terdistribusi dalam 45 Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Dari jumlah tersebut, UNNES merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi yang mengirimkan 3 tim delegasi dari jumlah delegasi hadir di Unram sebanyak 14 tim.

“Ini kali pertama saya bisa menginjakkan kaki di Pulau Seribu Masjid. Bagi saya, ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk bisa menyampaikan gagasan mahasiswa UNNES dan berkompetisi dengan universitas lainnya. Kami harap-harap cemas saat menunggu hasil pengumuman kejuaraan. Namun, alhamdulillah, tim UNNES berhasil menyabet 2 kejuaraan sekaligus,” ungkap Ketua Tim 1 UNNES Sofia Nur Khasanah.

Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (PRISMA) Universitas Mataram (Unram) merupakan agenda kompetisi tahunan yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset Ilmiah Mahasiswa (UKM Prima) Universitas Mataram.

Tahun ini kegiatan mengangkat tema “Peran Pemuda dalam Mengoptimalkan Potensi Lokal guna Mendukung Revolusi Industri 4.0”.
Saat memberikan laporan, Ketua Panitia M. Ari Kusumawardi menjelaskan, kegiatan PRISMA 2019 bertujuan untuk menjadi wadah bagi Mahasiswa Indonesia agar dapat menyampaikan gagasan dan ide yang inovatif dan kreatif.

“Gagasan tersebut nantinya dituangkan kedalam sebuah karya yang bermanfaat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia serta mengoptimalkan potensi lokal yang ada disekitarnya,” papar Ari.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 189 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X