Hari Peduli Sampah Nasional, Imake UNNES Bersihkan Pantai Sawangan

Senin, 21 Februari 2022 | 15:20 WIB


Hari Peduli Sampah Nasional, Imake UNNES Bersihkan Pantai Sawangan

Ikatan Mahasiswa Kebumen (Imake) Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan bersih pantai di pantai Sawangan Kebumen, Senin (21/2). Kegiatan tersebut diadakan dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari tiap tahunnya.

HPSN mengingatkan semua pihak bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama, yakni dalam hal penanganan dan pengelolaannya yang memerlukan pelibatan seluruh komponen masyarakat.

Pembina Imake UNNES Rudi Salam menyampaikan peringatan HPSN telah menjadi salah satu pendorong untuk membangun kesadaran publik dalam upaya-upaya pengurangan sampah yang hasilnya sangat positif.

Melalui upaya-upaya pencegahan dan pengendalian penanganan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat serta juga dapat memberikan dampak positif terhadap upaya pengendalian perubahan iklim, jelas Rudi Salam.

Cahulul Rizaldi Hasan, Ketua IMAKE menyapaikan, kebijakan pemerintah telah menetapkan strategi dan pelaksanaan pengelolaan sampah dalam bentuk kebijakan dan kapasitas kelembagaan di tingkat lokal, pengelolaan air limbah perkotaan, pengurangan sampah di TPA dengan mempromosikan pendekatan “Reduce, Reuse, Recycle” serta pemanfaatan sampah menjadi bahan baku energi.

Pelibatan masyarakat secara langsung melalui penanganan sampah oleh rumah tangga, kelompok masyarakat kecil mulai dari tingkat RT, RW, Lingkungan Pedukuhan, hingga Kelurahan dan yang lebih luas lagi, dalam satu entitas pemukiman akan sangat baik dengan terkonsolidasi dalam penanganan sampah.

Kegiatan yang diikuti 100 orang ini bekerja sama dengan panitia bersih pantai untuk melakukan gerakan pungut sampah di sepanjang bibir pantai Sawangan Kebumen dan mendapat apresiasi dari pengurus tempat wisata pantai Sawangan, kegiatan diikuti oleh komunitas pecinta alam dari berbagai sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan di Kebumen.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X