Hari Kedua Pameran, Mahasiswa S3 Pendidikan Seni Pascasarjana UNNES Tampilkan Seni Pertunjukan Secara Live

Selasa, 19 Desember 2017 | 17:04 WIB


Hari Kedua Pameran, Mahasiswa S3 Pendidikan Seni Pascasarjana UNNES Tampilkan Seni Pertunjukan Secara Live

Mahasiswa S3 Program Studi Pendidikan Seni Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan pameran seni dari data penelitian selama dua hari, Senin hingga Selasa (18-19/12).

Kegiatan yang diselenggarkan di kampus Pascasarjana UNNES ini, dibuka secara resmi oleh Direktur Pascasarjana UNNES Prof Dr H Achmad Slamet MSi.

Ketua Pelaksana Gandes Nurseto SPd MPd menjelaskan, kegiatan di hari kedua berbeda dengan hari pertama.

“Kami mengemasnya menjadi menjadi pameran yang berbeda dengan pameran lainnya. Pameran ini menyuguhkan pertunjukkan seni secara live, diantaranya dangdut koplo dan kotekan lesung” ungkap Gandes.

Pameran diikuti oleh 20 peserta, tambahnya, mereka merupakan mahasiswa S3 Pendidikan Seni angkatan 2017 yang terdiri atas 10 kelas reguler dan 10 kelas akselerasi. Pameran data ini merupakan hasil dari observasi awal yang nantinya akan bermuara menjadi disertasi.

Mereka diantaranya Riris Setyo Sundari dengan judul Barongan Pesisir Timur Jawa Tengah Adaptasi dan Identitas Budaya, Nur Fajrie (Ekpresivitas Seni Rupa Anak Tuna Netra), Nuning Zaidah (Estetika Performativity Kamajaya-Kamaratih pada Upacara Perkawinan Adat Jawa Tengah Tinjauan Performace Studies), Indar Sabri (Tata Ungkap JemekSupriyadi), Fitri Daryanti (Nyambai Representasi Nilai-nilai Budaya Masyarakat Lampung Adat Saibatin).

Kemudian, Sugiyanto (Respon Kreatif Perajin Mulyoharjo dalam Pempertahankan Eksistensi Seni Ukir Jepara), Andi Imrah Dewi (Tarian Tradisional Pontanu Suku To’Kaili Sulawesi Tengah), Gandes Nurseto (Wedokan Tandak Ludruk: Arena Pembentukan Identitas Diri dan Tranformasi Ruang Estetik di Provinsi Jawa Timur), IkaYuni Purnama (Interior dan Koleksi Museum Kepresidenan Republik Indonesia), dan Jimin Budiyono (Seni Karikatur pada Surat Kabar Suara Merdeka Edisi 2016, 2017 sebagai Kontribusi Pendidikan Moral).

Data yang dipamerkan dikaji dan disajikan berupa studi dokumen dan studi dokumentasi berupa manuskrips, foto, video, dan seni pertunjukan secara live.

Gandes berharap, pameran dapat memberikan inspirasi, aspirasi, daya dukung, dan semangat kepada seluruh sivitas akademika UNNES, praktisi seni, peserta didik, dan seluruh apresiator.

“Melalui seni, mari kita dukung budaya nasional” ajak mahasiswa S3 Pendidikan Seni termuda itu.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 422 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X