Halal Bihalal, Merawat Harmoni Memacu Prestasi

Rabu, 12 Juni 2019 | 8:52 WIB


Halal Bihalal, Merawat Harmoni Memacu Prestasi
SIHONO/HUMAS

Keluarga besar Universitas Negeri Semarang (UNNES) Selasa (11/6) menyelenggarakan Halal Bihalal di Auditorium Kampus Sekaran Gunungpati dengan tema “Merawat Harmoni Memacu Prestasi, UNNES Mendunia untuk Indonesia”.

Kegiatan dihadiri pimpinan UNNES, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, mitra Perbankan UNNES (Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri), Camat, Koramil, Lurah, dan Ulama sekitar lingkar kampus Gunungpati.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, kemudian laporan ketua panitia oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Dr Moh Solehatul Mustofa MA menyampaikan, tahun ini FIS berkesempatan menjadi panitia pelaksana kegiatan Halal Bihalal 1440 H.

Kegiatan silturahmi semacam ini menjadi penting untuk diselenggarakan setiap tahun. sebab semakin banyak kita berjabat tangan dan melapangkan dada memohon maupun menerima maaf, semakin dalam pula kita menghayati dan mengamalkan hakikat Idul Fitri dalam selubung kata halal bihalal.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum saat memberi sambutan menyampaikan, agama Islam menuntun dengan ibadah shoum selama sebulan penuh, agar kita dapat meningkatkan derajat kemanusiaan yang paling mulia di sisi Allah SWT yaitu ketakwaan.

Sesuai dengan hadits Rasulullah SAW,  “man shoma romadhoona imanan wah tisaban, ghufiro lahu ma taqoddama min dzanbihi”, siapa yang berpuasa dengan bersungguh-sungguh maka niscaya ia akan memperoleh ampunan dosa-dosa yang telah diperbuat,” ungkap Rektor.

Di sinilah letak fitri, imbuhnya, sebuah upaya kembali ke fitroh nan suci karena telah terampuni seseorang atas segala dosa-dosa yang pernah dilakukannya.

Hadits tersebut menyiratkan pesan bahwa, untuk mencapai derajat fitrah dan ketakwaan, tentu membutuhkan upaya. Sebuah upaya yang sungguh-sungguh, bahkan kesungguhan yang mengarah pada hal-hal yang amat berat.

Namun, jika mampu melewatinya, kita akan diwisuda oleh Allah dengan gelar “Muttaqien”, manusia yang bertakwa. Manusia yang suci.

Makna “Kembali Fitri” bagi UNNES

Menurut Profesor Bidang Sosiolinguistik tersebut, konsepsi “Kembali Fitri” bagi UNNES di tahun ini dimaknai sebagai upaya dalam meraih kluster 1 yang memang dihuni oleh perguruan-perguruan tinggi yang suci/bersih baik dari segi prestasi, reputasi maupun tata kelola organisasi.

Adapun, “muttaqien”, bagi UNNES dimaknai sebagai upaya meraih derajat PTN Badan Hukum, sebuah institusi Perguruan Tinggi Negeri yang otonom  dengan tingkat kepatuhan terhadap regulasi yang sangat tinggi.

“Ketakwaan sejatinya juga diukur dari tingkat kepatuhan atas perintah dan segala larangan-larangan Allah. Dengan demikian konsepsi “Kembali Fitri” dan “Muttaqien” tahun ini, kita maknai sebagai upaya UNNES dapat meraih Kluster I dan PTN Badan Hukum,” kata Prof Fathur.

Dalam acara yang menjadi momentum bersilaturahmi bagi segenap civitas akademika UNNES ini, turut hadir artis Akademi Sahur Indonesia (AKSI) Indosiar 2019 Meina Tri Kurniasih.

Gadis cantik asal Kendal yang masih berstatus sebagai mahasiswa UNNES ini, menyampaikan pentingnya menyambung silturahmi melalui kegiatan Halal Bihalal.

“Halal Bihalal itu memiliki makna yang sangat mendalam. Halal Bihalal berarti mencairkan yang beku, menguraikan yang kusut, dan menyambung yang putus” papar Meina.

Tak hanya Meina, kegiatan bertajuk “Merawat Harmoni Memacu Prestasi, UNNES Mendunia untuk Indonesia” ini juga menghadirkan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Inshof Solo KH Abdullah Sa’ad.

Dalam ceramahnya, ia mengimbau kepada hadirin untuk terus memodali diri dengan mengenal Sang Maha Pencipta.

“Mari kita perbaiki diri dengan lebih mengenal siapa Tuhan kita. Caranya bagaimana? Salah satunya adalah dengan membedakan mana yang menjadi hak kita dan mana yang bukan,” ajaknya kepada hadirin.

Bagi UNNES, kegiatan silaturahmi semacam ini merupakan ibadah yang sangat mulia dan membawa keberkahan serta dapat menyempurnakan rasa cinta dan interaksi sosial antarumat manusia.

Untuk itulah, harmoni menjadi kunci yang harus dipupuk dan dikembangkan agar terus berprestasi sehingga mampu mewujudkan UNNES mendunia untuk Indonesia.

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 253 kali
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X