Gempita Hari Batik Nasional, Ratusan Siswa ikuti Pelatihan Membatik

Senin, 3 Oktober 2022 | 8:44 WIB


Gempita Hari Batik Nasional, Ratusan Siswa ikuti Pelatihan Membatik

Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional (2/10), KBBI Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS UNNES) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Talunombo Sapuran Kabupaten Wonosobo menggelar edukasi pelatihan membatik untuk siswa. Kegiatan ini didukung oleh Pertamina Foundation dalam program PF Muda.

Ada sekitar 200 siswa dari sekolah di sekitar desa Talunombo ikut serta dalam kegiatan tersebut. Selain pelatihan membatik, kegiatan juga diisi dengan peragaan busana batik carica lestari, sebagai batik pertama dan khas di Kabupaten Wonosobo.

Kepala Desa Talunombo Badarudin menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan batik pada anak usia dini dan sebagai sarana memperkenalkan kearifan lokal.

Tri Sundari, Ketua KBBI FBS menuturkan ini merupakan serangkaian acara dalam merevitalisasi batik carica lestari. “Kegiatan sebelumnya kami telah melakukan pelatihan membatik, lomba fashion show dan baca puisi,” imbuhnya.

KBBI FBS dalam program pengabdian masyarakat berusaha mendorong perkembangan batik terutama dalam rekontruksi, inovasi, dan pembaharuan dalam pemasaran supaya batik Carica Lestari makin dikenal secara luas.

 


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X