FMIPA UNNES Gelar International Webinar: Innovative Technology Integration on STEM Education

Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:46 WIB


FMIPA UNNES Gelar International Webinar: Innovative Technology Integration on STEM Education

Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Negeri Semarang (UNNES) ke-57 Tahun 2022, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNNES mengadakan International Webinar bertemakan “Innovative Technology Integration on STEM Education” Sabtu, (21/5).

Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt menyampaikan Webinar internasional ini merupakan salah satu wujud upaya konsistensi UNNES sebagai salah satu universitas terbaik yang selalu konsen untuk terus mengembangkan pendidikan di Indonesia melalui pertemuan ilmiah.

Prof Zaenuri menjelaskan STEM merupakan model pembelajaran yang berbasis pada pemecahan masalah dimana menempatkan penyelidikan ilmiah dan penerapan matematika di dalam konteks merancang teknologi dalam kelas sains.

“Pembelajaran berbasis STEM memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan keterampilan yang semakin penting, seperti pemecahan masalah yang kompleks, komunikasi, dan kolaborasi. Hal ini sangat diperlukan para pendidik untuk bisa memberikan kesempatan dan membantu mengembangkan keterampilan,” jelasnya.

Rifa’atunnisa PhD selaku Ketua Panitia Kegiatan melaporkan bahwa kegiatan webinar diikuti oleh peserta dari 34 Propinsi di Indonesia dan 6 negara yaitu Australia, Cina, India, Jepang, Malaysia dan Thailand dengan jumlah peserta sebanyak 600-an peserta melalui Zoom Meeting dan juga live streaming di kanal YouTube FMIPA UNNES.

Webinar berlangsung dengan lancar dan sukses dengan melihat antusiasme peserta yang masih tetap aktif mengikuti acara webinar sampai dengan selesai.

Webinar international yang mengangkat tema “Innovative Technology Integration On STEM Education” ini dimoderatori oleh Mohammad Alauhdin PhD dengan mengundang tiga narasumber yakni Assoc Prof Dr Sharipah Ruzaina Syed Aris dari Universiti Teknologi MARA Malaysia, Dr Kin Eng Chin dari Edith Cowan University Australia, dan Prof Dr Woro Sumarni MSi dari Universitas Negeri Semarang Indonesia

Assoc Prof Dr Sharipah Ruzaina Syed Aris mengangkat materi Preparing and Supporting Future STEM Educators, sementar Dr Kin Eng Chin menyajikan materi Building STEM education on a strong mathematical foundation dan Prof Dr Woro Sumarni MSi membawakan materi Contribution of Virtual Laboratory on Inquiry-Based Learning with STEM Approach to Students’ Learning Outcomes and Critical Thinking Skills.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X