FE Gelar IUP Camp 2019

Senin, 15 Juli 2019 | 14:57 WIB


FE Gelar IUP Camp 2019

Experiencing The Friendship, Stepping Out and Breaking The Limit, itulah tema kegiatan IUP Camp 2019 yang diselenggarakan pada Sabtu, 13 Juli 2019. Kegiatan ini diikuti oleh 55 mahasiswa Program Sarjana Internasional atau International Undergraduate Program (IUP) yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Pendidikan Koperasi. IUP Camp merupakan kegiatan tahunan yang ditujukan untuk mahasiswa IUP Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang semester 2. Sementara itu, panitia kegiatan ini melibatkan mahasiswa IUP semester 6 dengan 13 dosen pendamping. Tahun ini kegiatan IUP Camp diselenggarakan di Hutan Wisata Tinjomoyo, Kota Semarang. Kegiatan kali ini diselenggarapan pada area outdoor untuk lebih meningkatkan semangat belajar dan bermain sehingga bermanfaat juga sebagai sarana refreshing setelah melaksanakan pembelajaran satu semester yang diakhiri dengan ujian akhir semester pekan lalu.

Kegiatan IUP Camp 2019 dibuka oleh Inaya Sari Melati, S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator Kelas Internasional. Ahmad Nurkhin, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Ekonomi juga mendukung penuh kegiatan positif ini karena menunjang visi misi Jurusan yang berorientasi pada peningkatan pendidikan yang bermutu di bidang ekonomi yang bertaraf nasional dan internasional. Kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris. Dibukanya kegiatan ini menandakan bahwa selama proses kegiatan berlangsung sampai dengan akhir kegiatan maka semua peserta kegiatan diwajibkan berinteraksi menggunakan bahasa inggris. “IUP Camp ini menyiapkan calon guru ekonomi berkelas internasional sehingga mampu bersaing pada sekolah satara nasional maupun internasional. UNNES sendiri membekali mahasiswa para calon guru sejak dini mulai dari mempersiapkan materi dalam kurikulum internasional sampai dengan pembelajaran internasional,” kata Inaya Sari Melati, S.Pd., M.Pd. di sela-sela kegiatan.

IUP Camp 2019 memadukan materi bahasa inggris dengan berbagai kegiatan yang dikemas dalam sebuah game menarik sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan lebih percaya diri. Layaknya camp pada umumnya, kegiatan ini memuat 5 pos dimana masing-masing pos menawarkan sebuah game yang berbeda mulai dari story telling, speaking, reading, gramer, game train to busan, PUBG, dll. Menariknya, selama kegiatan berlangsung semua peserta wajib menggunakan bahasa inggris dan apabila secara tidak sengaja berucap menggunakan bahasa “selain bahasa inggris” maka mendapatkan sanksi berupa coretan muka. 

Semua peserta sangat antusias selama mengikuti kegiatan IUP Camp 2019 ini dengan bersaing mendapatkan poin tertinggi dalam setiap permainan di masing-masing pos. Akhir kegiatan, panitia mengumumkan 3 peringkat teratas yang mampu mengumpulkan poin tinggi dengan hadiah yang menarik. Penutupan kegiatan IUP Camp 2019 diiringi dengan acara colour run. Mengingat kebermanfaatan kegiatan IUP Camp 2019 yang luar biasa dalam mengasah kemampuan bahasa inggris maka harapannya kegiatan semacam ini dapat diselenggarakan lagi tahun depan dan bisa diaplikasikan ke kegiatan sehari-hari karena belajar bahasa itu tidak mengenal waktu maupun tempat. 


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 131 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X