Fakultas Teknik Rintis Kerja Sama Dengan Djarum Foundation

Jumat, 1 Maret 2019 | 13:51 WIB


Fakultas Teknik Rintis Kerja Sama Dengan Djarum Foundation

Djarum Foundation tak henti-hentinya memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan tanah air. Slogan “Bakti untuk Negeri” dituangkan secara nyata dengan memfasilitasi para penerus bangsa untuk menghasilkan berbagai karya. Penandatanganan MoM antara Dekan Fakultas Teknik, Dr Nur Qudus MT dengan Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad yang disaksikan oleh segenap Wakil Dekan, Pengelola Jurusan dan perwakilan Djarum Foundation harapannya menjadi langkah awal kerjasama diantara kedua pihak.

Segenap Pimpinan Fakultas Teknik (FT) bersama dengan Ketua Jurusan, Kepala laboratorium, Kepala program studi, dan Tim Gugus Kerjasama di FT berkunjung ke beberapa SMK binaan Djarum Foundation di Kabupaten Kudus, hari Kamis tanggal 28 Februari 2019. Kunjungan tersebut didampingi langsung oleh Direktur Program Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H Serad dan staff jajarannya.

Kunjungan diawali ke SMK Wisudha Karya pada program keahlian NauticalMarine Engineering, dan Mechanical Engineering. Fakhrudin, selaku Kepala SMK Wisudha Karya mendampingi kunjungan tersebut. Salah satu daya tarik yang disajikan di SMK Wisudha Karya yakni adanya ruang real time simulator kendali kapal yang digunakan untuk menunjang pembelajaran siswa-siswi di SMK tersebut. Peralatan ini merupakan hibah yang diperoleh dari Djarum Foundation.

Disaat yang bersamaan, Fakhrudin juga menyampaikan pesan kepada pihak Fakultas Teknik, bahwa SMK Wisudha Karya siap menerima calon-calon pendidik yang berasal dari lulusan Fakultas Teknik UNNES. Hal ini mengingat SDM Fakultas Teknik UNNES sangat dibutuhkan guna mendukung pembelajaran siswa-siswi SMK Wisudha Karya dengan pendekatan-pendekatan yang humanis. Fakhrudin dan Dekan Fakultas Teknik, Dr Nur Qudus MTselanjutnya menandatangani MoM sebagai wujud kesiapan kerjasama diantara kedua lembaga.

Selepas dari SMK Wisudha Karya, kunjungan selanjutnya menuju ke SMK NU Banat Kudus. Tata Busana merupakan program keahlian yang menjadi keunggulan SMK NU Banat Kudus, sehingga sesampainya rombongan Fakultas Teknik disana langsung disambut dengan Fashion Show oleh siswi SMK NU Banat Kudus dengan busana yang dibuat sendiri. Beberapa siswi yang tampil pernah mengikuti Fashion Show di Paris, Prancis dengan dukungan yang diberikan oleh Djarum Foundation.

Berikutnya, SMK NU Ma’arif dengan program keahlian Welding Engineering dan Automation Engineering menjadi tujuan Fakultas Teknik , dan kemudian dilanjutkan istirahat bersama di SMK Negeri 1 Kudus. Program keahlian Tata Boga merupakan program keahlian yang mendapatkan hibah Resto serta Dapur Nusantara dari Djarum Foundation dan Bank BNI. Kuliner yang disajikan merupakan hasil kreasi siswa-siswi di SMK tersebut.

Masih melanjutkan kunjungan SMK binaan Djarum Foundation, SMK PGRI 1 menjadi kunjungan keempat. Tangria Beauty and Spa merupakan unit usaha dibawah program keahlian Tata Kecantikan SMK PGRI 1. Unit usaha tersebut merupakan hibah Djarum Foundation dan pengelolaannya dilakukan oleh SMK PGRI 1. Segenap pimpinan Fakultas Teknik UNNES dipandu oleh perwakilan SMK PGRI 1 melihat langsung berbagai fasilitas yang digunakan untuk treatment di Tangria Beauty and Spa.

Menutup serangkaian kunjungan Fakultas Teknik di Kabupaten Kudus, SMK Raden Umar Said menjadi tujuan akhir. AnimationConcept Arts, dan Game Development menjadi program-program unggulan di SMK ini. RUS Studio merupakan tempat yang digunakan untuk menghasilkan berbagai karya animasi maupun game dari siswa-siswi SMK Raden Umar Said. Studio tersebut merupakan hibah yang diberikan oleh Djarum Foundation.


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin Dibaca : 303 kali
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X