Dua Pengelola Arsip Universitas Mataram Magang Di UPT Kearsipan UNNES

Jumat, 22 Maret 2019 | 10:36 WIB


Dua Pengelola Arsip Universitas Mataram Magang Di UPT Kearsipan UNNES
SIHONO/HUMAS

Sebanyak dua Pengelola Arsip Universitas Mataram (Unram) melakukan magang di UPT Kearsipan Universitas Negeri Semarang (UNNES) selama lima hari sejak 11 sampai 15 Maret 2019.

Mereka yakni Insan Rahmana ST dan Dedy Mulyadi, belajar siklus arsip, mulai dari penciptaan, klasifikasi, distribusi, penggunaan, penyimpanan, pemindahan, dan pemusnahan arsip.

Selain itu, mereka juga mempraktikkan secara langsung manajemen kearsipan yang ada di UNNES diantaranya praktik membuat surat melalui  Sistem Surat Dinas (Siradi) sampai pendistribusinya.

Insan Rahmana mengatakan, UPT Kearsipan UNNES ini sudah melakukan manajemen kearsipan perguruan tinggi dengan baik. Untuk itu kami belajar dari UNNES agar bisa menerapkan manajemen kearsipan di Unram. Harapannya, akan ada kerjasama dibidang kearsipan.

Kepala UPT Kearsipan UNNES Dr  Muhsin MSi  mengatakan  UPT Kearsipan UNNES sangat terbuka kepada semua pihak yang ingin belajar bersama mengenai kearsipan supaya tata kelola kearsipan bisa rapi dan mudah jika dicari keberadaannya, termasuk dari Unram.

Senada dengan Kepala UPT Kearsipan , Koordinator sistem dan layanan UPT Kearsipan UNNES, Agung Kuswantoro SPd MPd mengatakan bahwa kedua pengelola arsip Unram berdiskusi mengenai kebijakan kearsipan, praktik, dan melihat secara langsung pengelolaan arsip dinamis serta statis di UNNES.

Mereka juga melakukan kunjungan di depo kearsipan UPT Kearsipan, Tata Usaha, dan depo (record center) Fakultas Ekonomi UNNES.


DIUNGGAH : Sihono Dibaca : 177 kali
EDITOR : Sihono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X