Dua Mahasiswa FBS UNNES Menangi Lomba Macapat

Rabu, 25 Mei 2022 | 9:21 WIB


Dua Mahasiswa FBS UNNES Menangi Lomba Macapat

Sebanyak dua mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang (FBS UNNES) memenangi Lomba Macapat Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, 24 Mei 2022. Kedua mahasiswa tersebut adalah Arianti Radma Murniasari yang menjadi juara I kategori putri dan Enggar Ardiandi Cahya Nugraha yang menjadi juara II kategori putra. Keduanya merupakan mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Musik, Jurusan Seni Drama Tari dan Musik FBS UNNES.

Dalam lomba tersebut, ada sebanyak 10 mahasiswa UNNES yang berpartisipasi. Mereka berasal dari Jurusan Sendratasik, Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa, juga Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Persiapan intensif telah dilakukan beberapa minggu sebelum berangkat ke kampus yang berlokasi di Kentingan, Jebres, Surakarta itu. Arianti Radma Murniasari merupakan mahasiswa angkatan 2021, sedangkan Enggar Ardiandi Cahya Nugraha merupakan mahasiswa angkatan 2019.

Pendamping Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Panembrama, Indrawan Nur Cahyono SSn, mengatakan materi wajib yang harus ditembangkan oleh peserta adalah Sekar Macapat Sinom Pamberat Slendro Sanga dengan materi pilihan yang dibuat oleh peserta sendiri. “Tembang yang dibuat harus sesuai dengan Dies Natalis UNS ke-46,” ujar Indrawan, yang merupakan tenaga kependidikan di Sendratasik itu.

Ia mengatakan secara keseluruhan lomba diikuti oleh 37 mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia. Panitia tidak memperbolehkan mahasiswa dari kampus institut seni untuk mengikuti lomba ini. Ketika mendaftar, peserta diminta untuk melampirkan bukti telah divaksin minimal sebanyak dua kali.

Lomba yang diselenggarakan secara rutin ini menjadi ajang adu gengsi bagi kampus yang memiliki perhatian terhadap sastra dan seni Jawa. Setiap tahun pula mahasiswa UNNES mencatatkan diri sebagai pemenang dalam lomba yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis UNS ini. Pada kategori putri, juara II diraih oleh mahasiswa dari Universitas Negeri Surabaya, juara III oleh mahasiswa dari Universitas Udayana Bali. Adapun pada kategori putra, juara I diraih mahasiswa UNS, juara III diraih mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan FBS UNNES, Dr. Eko Raharjo, mengapresiasi hasil yang diperoleh mahasiswa. Ia mengatakan keinginan untuk meraih prestasi dalam semua bidang mesti menjadi tradisi bagi mahasiswa. Eko mengajak agar mahasiswa memaksimalkan kampus sebagai sarana untuk meraih prestasi sebagai bekal menyongsong masa depan.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X