Dorong Akuntabilitas Sekolah, Dosen Fakultas Ekonomi UNNES Berikan Pendampingan dan Pelatihan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi

Rabu, 28 September 2022 | 9:30 WIB


Dorong Akuntabilitas Sekolah, Dosen Fakultas Ekonomi UNNES Berikan Pendampingan dan Pelatihan Laporan Keuangan Berbasis Aplikasi

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan pendampingan dan pelatihan laporan keuangan berbasis aplikasi pada salah satu PAUD di Kabupaten Temanggung.

Kegiatan ini didasari oleh dampak dari kemajuan teknologi informasi dan semakin menuntut lembaga pendidikan seperti sekolah agar semakin menunjukkan akuntabilitas dan transparansi terutama perihal keuangan.

Pendampingan dan pelatihan ini diberikan sebagai upaya untuk bisa meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola keuangan di sekolah berbasis aplikasi. Adanya aplikasi ini akan mempermudah administrasi sekolah dengan penyimpanan berbasis database.

Melalui pelatihan ini para guru diberikan pendampingan berupa pengetahuan berupa urgensi adanya aplikasi laporan keuangan sekaligus praktek secara langsung bagaimana cara menggunakannya. Pelatihan ini diikuti oleh seluruh guru di PAUD MUTIARA KIDS di Desa Traji Kabupaten Temanggung.

Tim Pengabdian UNNES yang diketuai oleh Dr Bestari Dwi Handayani SE MSi menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengabdian pada tahun sebelumnya. Apabila tahun sebelumnya berfokus pada pengelolaan keuangan sekolah tahun ini berfokus pada laporan keuangan berbasis aplikasi.

“Dengan adanya aplikasi ini maka diharapkan dapat membantu kegiatan administrasi keuangan sekolah dan sebagai sarana transparansi kepada pihak eksternal sehingga dapat mendukung akuntabilitas sekolah itu sendiri,” jelasnya.

Para peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Salah satu peserta menyampaikan bahwa sangat berterima kasih kepada tim pengabdian dari FE UNNE atas materi dan pelatihan yang diberikan.

“Menurut kami materi dan pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami karena kami menganggap bahwa pelatihan administrasi keuangan seperti ini sangat diperlukan di setiap sekolah dan bentuknya sangat kompleks. Apalagi adanya aplikasi ini memiliki kelebihan dalam kegiatan administrasi keuangan yang biasanya kami masih melakukannya secara manual. Dengan adanya aplikasi ini memudahkan kami menyimpan data, sehingga data yang konvensional misalnya hilang maka data back up nya masih ada.”

Pelatihan ini telah mendorong semangat peserta untuk bisa lebih tertib administrasi dengan adanya aplikasi ini. Para peserta   juga berharap kegiatan semacam ini tidak hanya berhenti sampai disini, namun bisa dilakukan secara berkelanjutan.

Dengan antusiasme peserta tersebut, maka kegiatan pengabdian kedepan akan lebih berfokus pada pengawasan keuangan sekolah secara internal sebagai upaya kelanjutan dari tahun ini dan tahun sebelumnya. Kami tim pengabdian berharap kegiatan dapat direalisasikan di tahun depan.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X