Dekan FMIPA UNNES Berikan Kuliah Umum di UMK Kudus

Selasa, 9 Januari 2018 | 12:16 WIB


Dekan FMIPA UNNES Berikan Kuliah Umum di UMK Kudus

Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan kuliah umum di Prodi PGSD FKIP Universitas Muria Kudus pada hari Sabtu (6/1).

Kuliah Umum ini mengangkat tema, ”Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika”. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), diikuti semua dosen dan lebih dari 300 mahasiswa PGSD.

Saat memberikan Kuliah Umum Prof Zaenuri menyampaikan, matematika memang bersifat deduktif-aksiomatif. Objek-objek matematika ada di alam pikiran manusia, berupa fakta, konsep, prinsip, dan skill.

Ia menambahkan, Etnomatematika merupakan produk budaya yang sarat dengan konsep matematika. Etnomatematika di Kabupaten Kudus dapat berupa gangunan (menara Kudus dan rumah adat), motif bordir, gerabah, satuan lokal (sajumput, sacakup, saunting, dompol/ombyok, satundun, dan sejinah), serta dolanan tradsional (seperti dakon atau congklak dan gundu atau kelereng).

Diakhir Kuliah Umum ia berharap, Integrasi etnomatematika sebagai perwujudan nilai-nilai kearifan lokal dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 437 kali
EDITOR : Setyo Yuwono

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X