Ciptakan Monolisa, Tim PKM UNNES Latih Siswa Tunarungu SLBN Semarang

Senin, 25 Juni 2018 | 10:47 WIB


Ciptakan Monolisa, Tim PKM UNNES Latih Siswa Tunarungu SLBN Semarang

Monolisa (Monopoli Bahasa) merupakan media pembelajaran berbasis permainan yang diciptakan oleh Tim Program Kreativitas Mahasiswa – Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNNES yang terdiri atas Ayu Putri Febrianti, Faridah Eriyaningsih, Slamet Sukri dan Abdul Maskur dibawah bimbingan M. Badrus Siroj, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan PKMM yang dilaksanakan mulai bulan April hingga Juni di SLB Negeri Semarang ini meliputi pelatihan desain, pelatihan membuat Monolisa, dan pelatihan menggunakan Monolisa dalam pembelajaran.

Ide pembuatan media Monolisa ini berawal dari pemikiran bahwa selama kegiatan pembelajaran di kelas guru masih aktif menjadi penceramah sedangkan di kurikulum 2013 yang seharusnya lebih aktif yaitu siswa. Selain itu dalam membelajarkan materi pelajaran, guru tunarungu kebanyakan masih menggunakan bahasa komtal dan belum memanfaatkan media pembelajaran sebagai penunjang kegiatan pembelajaran secara optimal.

Ayu sebagai ketua tim mengungkapkan bahwa sejatinya siswa tunarungu memiliki kemampuan berpikir yang sama dengan siswa normal lainnya, hanya saja terdapat gangguan pada bagian indera pedengarnya yang menganggu dalam kegiatan berbicara sehingga dengan adanya media Monolisa ini diharapkan siswa tunarungu lebih aktif dan mampu berpikir kreatif dalam kegiatan pembelajaran, utamanya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

“Pelatihan membuat media semacam ini sangat kami apresiasi sekali, anak-anak sangat menyukai media visual berbasis permainan. Sebenarnya sudah ada beberapa media permainan yang kami pergunakan dalam kegiatan pembelajaran, namun sejauh ini media seperti monolisa (monopoli bahasa) belum ada di sekolah kami” ujar bu Iin, selaku koordinator guru tunarungu di sekolah tersebut.

“Semoga dengan adanya media Monolisa ini, guru semakin terampil dalam membuat media pembelajaran dalam setiap mata pelajaran dan siswa juga dapat semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui media yang dipergunakan guru” ujar mahasiswa semester VI tersebut.

Untuk menjaga keberlangsungan program, tim PKM-M Monolisa akan membentuk tim pengembang Monolisa yang bekerja sama dengan SLB Negeri Semarang.


DIUNGGAH : Rahmat Petuguran Dibaca : 405 kali
EDITOR : Rahmat Petuguran

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X