Bersiap Menuju World Class University, UNNES Perkuat Sumber Daya Kelembagaan

Jumat, 13 November 2020 | 16:17 WIB


Bersiap Menuju World Class University, UNNES Perkuat Sumber Daya Kelembagaan

Memantapkan langkah menuju Universitas Berkelas Dunia atau World Class University, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan Diskusi Ilmiah Terfokus “Penguatan Sumber Daya Menuju Universitas Berkelas Dunia” pada Jumat (13/11) bertempat di Ruang Senat, Rektorat Kampus UNNES.

Dalam kesempatan itu, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan UNNES telah siap bersanding dengan universitas terbaik lainnya di dunia.

“Saat ini UNNES memiliki mahasiswa aktif sebanyak 37.713 dengan jumlah dosen 1.131. Berdasarkan rilis dari 4 International Colleges and Universities (4ICU) tahun 2020, UNNES berada di peringkat 10 Nasional, 22 Asia Tenggara, 120 Asia, 606 Dunia dan juga menjadi Top Islamic University pada tahun 2020.” papar Prof Fathur.

Saat ini, imbuh Profesor Sosiolinguistik tersebut, UNNES tengah berupaya meningkatkan kapasitasnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum atau PTN BH.

Hadir sebagai narasumber diskusi, Direktur Jenderal Sumber Daya Ditjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI Dr Mohammad Sofwan Effendi MEd menjelaskan setidaknya ada tiga hal yang perlu UNNES lakukan guna menuju Universitas Berkelas Dunia atau World Class University.

Pertama, mendorong klasterisasi UNNES menjadi lebih unggul dan berkualitas. Kedua, terkait dengan peningkatan kompetensi SDM yakni bagi Dosen dan Pranata Laboratorium Pendidikan. Ketiga, terkait dengan transformasi pendanaan. Yang menjadi catatan bagi kita bahwa syarat guru besar dan lektor kepala banyak gagal di penelitian, karena syarat khusus penelitian. Yang meliputi kualitas jurnal dan kualitas tulisan. Ada banyak kesalahan terkait teknis seperti kesalahan tulis, link jurnal tidak bisa diakses, link jurnal di password, dan ada yang tidak terhubung ke sistem,” jelas Dr Sofwan.

Hadir dalam kegiatan diskusi Ketua Senat, Ketua Majelis Profesor, Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Dekan dan Direktur Pascasarjana, Ketua Badan, Kepala UPT, Staf Ahli Rektor, Tim PTN Badan Hukum, kabag Perencanaan dan Tim Renstra UNNES.


DIUNGGAH : Dwi Hermawan
EDITOR : Dwi Hermawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X