Berita Daring Sebagai Sumber Belajar Biologi Untuk Tingkatkan Literasi Lingkungan

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 20:58 WIB


Berita Daring Sebagai Sumber Belajar Biologi Untuk  Tingkatkan Literasi Lingkungan

Sejak tahun 2016, kerja sama FMIPA UNNES dengan Faculty of Education and Development Sciences telah menghasilkan beberapa luaran kerja sama secara resiprokal. Jalinan kerja sama akademik Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan Kasetsart University Thailand semakin kuat.  Terbukti adanya kepercayaan Kasetsart University yang semakin meningkat kepada UNNES dengan melibatkan Dr Andreas MEd Priyono Budi Prasetyo dari FMIPA sebagai salah satu Keynote Speaker dalam kegiatan The 7th International Conference for Science Educators and Teachers (ISET) 2019 Thailand di Garden Cliff Resort & Spa Pattaya, Thailand. Konferensi tersebut mengusung tema Education for Global Sustainability,  Kamis-Jumat (8-9/8).

Dr Andreas MEd menyampaikan tentang penggunaan berita daring sebagai sumber belajar Biologi untuk meningkatkan literasi lingkungan dan saintifik peserta didik (Using online news as biology learning resources for promoting students’ environmental and scientific literacies) di hadapan ratusan peserta dari asosiasi pengajar IPA di Thailand meliputi guru dan dosen serta mahasiswa calon guru.

Sambutan hangat datang dari para audiens yang melontarkan beberapa pertanyaan. “Saya sangat senang dapat membawa nama UNNES di dalam forum internasional dan sangat bangga dengan antusiasme para peserta yang menyambut hangat materi saya,” terang Andreas. Dr Andreas MEd berharap pada agenda ISET 2020 akan ada banyak dosen FMIPA UNNES yang terlibat dalam konferensi ilmiah tersebut.

Sementara Dekan FMIPA berharap agenda joint seminar/conference antara FMIPA UNNES dengan Faculty of Education and Development Sciences Kasetsart University akan dapat dilaksanakan untuk memperkuat jalinan kerja sama antar institusi kedepannya.

Terpisah Prof Edy Cahyono sebagai Wakil Dekan Bidang 1 FMIPA UNNES mengungkapkan, FMIPA saat ini lebih menitiktekankan pada program intensifikasi dan optimalisasi kerjasama yang telah dilakukan sebelumnya. Karena dari segi kerja sama dengan perguruan tinggi mancanegara, diakui Edy sudah banyak menjalin kerja sama.

”Kedepan FMIPA akan terus memperkuat jalinan kerjasama yang sudah dibangun sebelumnya, khususnya di kawasan Asia Tenggara dengan memperbanyak implementasi serta luaran kerja sama bersama universitas-universitas di ASEAN. Di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) saat ini kerjasama dengan universitas di ASEAN lebih diutamakan,” pungkasnya. 


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin Dibaca : 346 kali
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X