Integrasikan Pendidikan MIPA dan Karakter, Barokah Isdaryanti Raih Doktor

Jumat, 29 Desember 2017 | 5:27 WIB


Integrasikan Pendidikan MIPA dan Karakter, Barokah Isdaryanti Raih Doktor

Hari ini, Kamis (28/12) menjadi hari membahagiakan bagi Barokah Isdaryanti SPd MPd yang merupakan guru SMPN 13 Semarang. Dia secara resmi meraih gelar doktor Program Studi Manajemen Pendidikan dari Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Raihan gelar itu diperolehnya setelah ia berhasil mempertahankan disertasinya dalam ujian terbuka yang dilaksanakan di Gedung B Ruang 106 Pascasarjana UNNES, Kampus Kelud, Semarang. Guru biologi itu mempertahankan disertasi berjudul “Pengembangan Model Manajemen Pembelajaran IPA Terintegrasi Pendidikan Karakter”.

Tim penilai atau penguji dalam kesempatan itu adalah Prof Dr Achmad Slamet, penguji I Prof Dr Widodo SE MSi, Penguji II Prof Dr Tri Joko Raharjo MPd, Penguji III Dr Achmad Rifa’i RC MPd, Penguji IV Prof Dr Totok Sumaryanto MPd, Penguji V Prof Dr YL Sukestiyarno MS PhD, dan Penguji VI Prof Dr Maman Rahman MSc.

Barokah Isdaryanti menyampaikan, disertasi ini terwujud berkat bimbingan ilmiah yang sangat berharga dan motivasi luar biasa dari berbagai pihak, khususnya tim promotor yang telah membimbing hingga lulus dalam ujian terbuka promosi doktor manajemen pendidikan.

Menurutnya, ada beberapa catatan penting untuk ke depannya dapat mengintegrasikan pendidikan karakter menjadi terintegrasi dan lebih terarah.

Ia menambahkan, dalam bentuk penelitian evaluasi proses dan hasil belajar. Penelitian evaluasi itu dapat difokuskan pada bagaimana melaksanakan evaluasi di awal, selama proses, dan di akhir pembelajaran.

Maka dari itu, untuk mengatasi kesulitas guru dalam pengembangan model manajemen pembelajaran IPA terintegrasi pendidikan karakter dapat meminta bantuan guru lain dari pihak sekolah yang dikemas dalam model pendampingan yang di dalamnya terdapat monitoring dan evaluasi dengan kemasan lesson study.

Ketua sidang Prof Dr Fathur Rokhman MHum menerangkan, Barokah Isdaryanti saat ini merupakan doktor ke 307 di Pascasarjana UNNES atau ke 188 di Manajemen Kependidikan Pascasarjana UNNES. Dia meraih indeks prestasi komulatif (IPK) 4.0 sangat memuaskan.


DIUNGGAH : Setyo Yuwono Dibaca : 691 kali
EDITOR : Hendi Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X