Akselerasi Sebagai Upaya Pencapaian Nawa Target

Rabu, 10 April 2019 | 23:56 WIB


Akselerasi Sebagai Upaya Pencapaian Nawa Target

UNNES terus berupanya  meningkatkan peringkatnya melalui  akselerasi  di berbagai bidang untuk merealisasikan Nawa Target. Akselerasi meliputi bidang publikasi karya ilmiah, peningkatan persentase Program Studi terakreditasi A,  penambahan dosen berkualifikasi S3, peningkatan PUI, HKI, dan Produk Inovasi. Hal Tersebut disampaikan Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum pada kegiatan Monev  Triwulan pertama tahun 2019, di Kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang, Rabu 10/4.

“Monitoring dan evaluasi kinerja  triwulan menjadi momentum untuk melihat berbagai capaian yang telah diraih serta untuk melakukan akselerasi di berbagai bidang untuk  pencapaian nawa target tahun 2019 yang telah disusun,” kata Prof Fathur Rokhman.

Wakil Rektor Bidang II, Dr S Martono MSi menegaskan pentingnya peningkatan kualifikasi S3 bagi dosen UNNES.

“Saat ini Jumlah dosen yang telah lulus  S3 sebanyak 319 dosen atau 32,48%, sedangkan dosen dengan pendidikan S2 sebanyak  663 atau 67,52%  dari jumlah dosen PNS UNNES sebanyak 982 dosen. UNNES memiliki 61 profesor, 356  lektor kepala, selebihnya  lektor, asisten ahli dan tenaga pengajar  Untuk mencapai nawa target maka dosen yang sedang menempuh S3 diharapkan dapat segera menyelesaikan pendidikannya dan yang belum menempuh S3 segera untuk dapat melanjutkan kuliah S3,” terang Dr S Martono.

Ketua Badan  Penjamin Mutu Agung Yulianto  MSi  mengatakan, bidang publikasi karya ilmiah  pada triwulan pertama  terdapat penambahan  24 artikel terindek scopus sehingga tercatat 2168 artikel yang telah terindek scopus dan sebanyak 87.470 karya ilmiah yang telah terdaftar di google scholer.

“Selain peningkatan di bidang publikasi karya ilmiah, saat ini UNNES tidak lagi memiliki Prodi terakreditasi C, Prodi telah terakreditasi A dan B.  UNNES yang telah terakredi Institusi A (unggul), memiliki 57% persen Prodi  terakreditasi A, sedang 43% Prodi  telah terakreditasi B.  Capaian bidang kemahasiswaan diantaranya telah menjuarai 6 kejuaraan international, 25 reputasi international dan 270 wirausaha mahasiswa,” imbuh Agung Yulianto .

Pada kegiatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada unit kerja yang memiliki peringkat kinerja terbaik. LPPM menjadi Unit Kerja terbaik peringkat 1, disusul Fakultas Ekonomi (peringkat 2), dan Fakultas Teknik (peringkat 3).

Sebagai peringkat pertama LPPM  memperoleh nilai kinerja 133,6 dengan predikat AA. Rincian capaian kinerjanya meliputi  serapan anggaran 96%, capaian output 99%, efisiensi anggaran  70,1%,  capaian hasil 288%, deviasi fisik dan anggaran 86%, dan kepatuhan upload Lakuk 40.

Peringkat dua  Fakultas Ekonomi dengan nilai rapor kinerja, 131,3  predikat AA.  Rincian capaian kinerjanya meliput serapan anggaran 94%, capaian output 99%, efisiensi anggaran  82,7%,  capaian hasil 264%, deviasi fisik dan anggaran 87%, kepatuhan upload Lakuk 100%.

Perolehan nilai papor kinerja 123,4 dan predikat AA mengantarkan Fakultas Teknik peroleh peringkat tiga.  Capaian kinerjanya meliput serapan anggaran 93%, capaian output 96%, efisiensi anggaran  75,4%,  capaian hasil 241%, deviasi fisik dan anggaran 10%, dan kepatuhan upload Lakuk 100%.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor, Wakil Rektor I, II, III, dan IV, Dekan, Wakil Dekan, Kepala Biro, Kepala Badan, Kepala UPT, Kabag dan Kasubbag di lingkungan UNNES.


DIUNGGAH : Muhamad Burhanudin Dibaca : 315 kali
EDITOR : Muhamad Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X