Adi Wahyu Arzanto, Mahasiswa UNNES Yang Telah Tiga Kali Kunjungi Malaysia

Rabu, 10 Januari 2018 | 23:23 WIB


Adi Wahyu Arzanto, Mahasiswa UNNES Yang Telah Tiga Kali Kunjungi Malaysia

Tahun 2018 telah berlangsung beberapa hari, pada awal bulan ini, salah satu mahasiswa Bidikmisi FMIPA Universitas Negeri Semarang (UNNES) Adi Wahyu Arzanto terpilih menjadi salah satu peserta yang lolos seleksi untuk mengikuti serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Scholarship Indonesia Foundation (Scholarion) ke Malaysia.

Terhitung, sudah tiga kali mahasiswa Kimia UNNES ini menjejakkan kakinya di Malaysia. Beberapa waktu lalu tepatnya tahun 2016, ia bersama sepuluh mahasiswa lainnya mengikuti program Student Exchange FMIPA UNNES ke Fakulti Sains Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Tak hanya sampai disitu, pada tahun 2017, Adi berhasil menjadi salah satu delegasi UNNES dalam Professional, Engineering, Leadership, Teamwork, and Awareness Camp (PELTAC) yang diselenggarakan oleh UTM Malaysia.

Pada kesempatan yang ketiga kalinya, Adi mengikuti program Scholarion. Program ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti UGM, ITB, Undip  dan lainnya. Ia menjadi satu – satunya peserta yang berasal dari UNNES dalam mengikuti program yang mengusung tema “ASEAN Economic Community: An Update on the Current Challenges Facing the Economic Integration opprtunitie” ini.

“Proses seleksi terdiri dari beberapa tahap secara berurutan, mulai dari pendaftaran, mengirimkan essay, CV, membuat creativity selection, dan program mentoring. Scholarion bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan mengembangkan potensi bagi para peserta terhadap program inspiratif dan menarik khususnya di bidang integrasi ekonomi agar dapat menginspirasi pemuda lainnya dan menjadi salah satu agen perubahan positif bagi masa depan”, jelas mahasiswa semester tujuh itu.

Kegiatan ini bersifat full funded atau dibiayai penuh dari pihak Scholarion. Program ini berlangsung selama tiga hari  Senin hingga Rabu (8–10/1). Scholarion Malaysia memiliki beberapa serangkaian kegiatan diantaranya mengunjungi kawasan Putrajaya (Pusat pemerintahan Malaysia), Istana Negara (tempat kediaman raja Malaysia), Central Market (salah satu pusat ekonomi kreatif Malaysia), Twin Towers Malaysia (destinasi wisata Malaysia) dan beberapa tempat lainnya. Kemudian, Adi Wahyu juga berkesempatan untuk mengunjungi dua universitas di Malaysia, yaitu Universitas Tun Abdul Razak Malaysia dan University of Malaya.

 

Dwi Hermawan (Student Staff)


DIUNGGAH : Lintang Hakim Dibaca : 904 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X