963 Mahasiswa Ikuti Wisuda Daring, UNNES Persembahkan SDM Unggul Untuk Indonesia Maju

Rabu, 9 September 2020 | 12:25 WIB


963 Mahasiswa Ikuti Wisuda Daring, UNNES Persembahkan SDM Unggul Untuk Indonesia Maju

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menyelenggarakan wisuda ke 103 secara daring. Rabu (9/8). Hal ini dilakukan agar mencegah penularan Covid-19.

Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum mengucapkan selamat kepada wisudawan, dan apresiasi kepada masyarakat yang telah mempercayai untuk menjadi tempat pendidikan menyemai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

“Atas nama Lembaga UNNES, pada kesempatan yang mulia dan bahagia ini, saya mengucapkan Selamat dan Sukses kepada para wisudawan atas keberhasilan Saudara menyelesaikan serangkaian proses akademik di UNNES, Rumah Ilmu Pengembang Peradaban. Selain itu saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para orang tua masyarakat, yang diberikan kepada UNNES untuk menjadi tempat pendidikn menyemai ilmu pengetahuan, teknologi, seni dengan memegang teguh etika dan marwah akademik untuk menumbuhkan tunas-tunas kepemimpinan baru,” kata Prof Fathur.

Prof Fathur dalam sambutanya menyampaikan, UNNES selalu mempersembahkan kepada Indonesia Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berkarakter yang telah siap menatap masa depan dengan penuh integritas.

“Sebagai sebuah Institusi Pendidikan Tinggi, UNNES telah menyiapkan para lulusannya dengan menumbuhkan benih kepemimpinan, memperkuat pohon kepemimpinan, merangkai jejaring pohon kepemimpinan, menghadapi terpaan badai, serta menyemai tunas kepemimpinan baru. Prinsip ini disemaikan, ditanam, serta ditumbuhkan di kampus UNNES Rumah Ilmu agar buahnya dapat dipetik dan dirasakan oleh masyarakat untuk menjadi SDM Unggul,” Kata Prof Fathur.

Selain itu, UNNES berkomitmen kuat menghadirkan berbagai lompatan-lompatan inovasi yang dapat menghasilkan SDM Unggul yang mampu berkiprah dan berkontribusi pada era disrupsi.

Menurutnya, SDM Unggul tak sekadar meraih gelar. Seseorang harus memiliki multikecakapan sebagai bekal untuk menghadapi berbagai tantangan.

“seseorang harus bertumbuh dan beradaptasi sesuai dengan kebutuhan zaman dengan meiliki kompetensi, mampu bekerja sama, selalu berinovasi, menguasai IT, berjiwa entrepreneur, dan berwawasan global,” Ujar Prof Fathur.

Lebih lanjut, Rektor memberi pesan wisudawan dapat menampilkan diri sebagai pribadi yang berprestasi dan berkarakter dengan berbekal Ipteks yang telah diperoleh selama kuliah di UNNES.

Hadir secara virtual Mayjend (Purn) TNI Dr Arief Rachman MD Duta Besar KBRI Kabul Afghanistan dan Drs Eko Hartono MPP Konsul Jenderal Republik Indonesia KJRI Jeddah Kerajaan Arab Saudi untuk memberikan motivasi serta inspirasi kepada wisudawan UNNES.

Mayjend (Purn) TNI Dr Arief Rachman menyampaikan tantangan dunia kerja di era pandemi Covid 19 semakin berat untuk itu perlu penguatan kapasitas dan kompetensi, adaptif, kreatif dan inovatif untuk mencapai kesuksesan. Menurutnya di era digital ini perlu adanya peningkatan digital main set yang tepat dan akurat.

Drs Eko Hartono MPP dalam pidato inspiratifnya menekankan keberhasilan seseorang ditentukan soft skill yang dimiliki, cara berpikir, memotivasi diri sendiri, dan bekerja keras.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt melaporkan Wisudawan yang dikukuhkan dengan gelar ahli madya, sarjana, profesi, magister, serta doktor sebanyak 936 berasal dari delapan fakultas dan pascasarjana yang terbagi 6 Doktor, 78 Magister, 1 Profesi, 866 Sarjana, 12 Diploma.

Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi lulusan S3 dan S2 sebesar 4,00; lulusan profesi sebesar 3,25; lulusan S1 sebesar 3,95; dan lulusan D3 sebesar 3,71.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X