Peringati Hari Bapak Pramuka, Ambalan Racana Wijaya Selenggarakan Upacara dan Alih Golongan

Jumat, 13 April 2018 | 18:13 WIB


Peringati Hari Bapak Pramuka, Ambalan Racana Wijaya Selenggarakan Upacara dan Alih Golongan

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Semarang 14.1111-14.112 Pangkalan Universitas Negeri Semarang (UNNES) memperingati hari Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada Kamis (12/4) bertempat di halaman lapangan Fakultas Ilmu Sosial.

Kegiatan ini merupakan moment refleksi sebagai insan pramuka kepada tokoh pemersatu gerakan kepanduan yang diikuti oleh seluruh anggota gerakan pramuka Wijaya UNNES.

Kegiatan dimulai dengan doa bersama mendoakan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan para tokoh pramuka yang telah mendahului. Dilanjutkan upacara renungan, bertindak sebagai pembina upacara Noorochmat Isdaryanto SS MSi selaku Ketua Harian Gudep wilayah Sekaran.

Ia mengajak, sebagai insan gerakan pramuka wijaya UNNES, harus mengenang jasa Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

“Beliau merupakan tokoh yang sangat berjasa dalam mempersatukan gerakan kepanduan. Ia merupakan sosok yang layak untuk menjadi contoh sikap ketauladanan dan termasuk contoh pramuka yang baik,” ungkap dosen Jurusan PKn itu.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan prosesi alih golongan pramuka penegak ke pramuka pandega, sebanyak 19 anggota penegak dihantarkan oleh Giri Harto Wiratomo SPd MHum selaku pembina penegak kepada Noorochmat Isdaryanto SS MSi selaku pembina pandega yang kemudian diserahkan kepada Ketua Dewan Racana untuk mengikuti kegiatan pandega sesuai pola mekanisme yang selanjutnya.

“Selamat datang di dunia pandega , dunia kreativitas dan kemandirian semoga dapat mengembangkan kreativitas dan kemandiriannya untuk kemajuan Bangsa, Gerakan Pramuka, khususnya pramuka Wijaya UNNES,” jelas Noorochmat.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan sarasehan bersama pembina, merefleksikan diri dalam moment peringatan Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang merupakan peringatan yang pertama kali terselenggarakan.

 


DIUNGGAH : Hendi Pratama Dibaca : 464 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X