11 Tim PKM UNNES Lolos ke PIMNAS 2021

Rabu, 29 September 2021 | 15:22 WIB


11 Tim PKM UNNES Lolos ke PIMNAS 2021

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya sebanyak 11 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang berhasil dinyatakan lolos melaju ke ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 dan menjadikan UNNES masuk dalam 10 Perguruan Tinggi terbanyak lolos PIMNAS ke-34 tahun 2021.

Pimnas akan digelar di Universitas Sumatera Utara (USU) pada tanggal 26-30 Oktober 2021 secara daring dengan tujuh rangkaian kegiatan dan mengambil tema: “Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal”.

Adapun 11 proposal yang yang berhasil lolos adalah PKM-Kewirausahaan dengan judul ENERGEL : Bioetanol Gel dari Limbah Ampas Tahu sebagai Produk Kompor Portable yang Aman, Ramah Lingkungan, dan Ekonomis yang diketuai oleh Muhammad Salman Alfarisi, Inovasi Edible Straw Berbahan Dasar Limbah Kulit Buah Naga Untuk Mengatasi Permasalahan Limbah Sedotan Plastik diketuai oleh Melissa Salma Darmawan, Inovasi Pasta Gigi Herbal Perpaduan Daun Kelor (Moringa Oliefera) Dan Daun Mint (Mentha) Sebagai Alternatif Kesehatan Gigi Dan Gusi diketuai oleh Nurul Hayati, Rice Crackers Berbasis Beras Merah Organik Terfortifikasi Ekstrak Bunga Kecombrang sebagai Produk Pangan Fungsional yang Bergizi dan Kaya Antioksidan diketuai oleh Khoiriyah Rahmawati.

Selanjutnya, PKM-Karya Cipta dengan judul Pengembangan Artificial Intelligence Diagnosis Penyakit Jantung Koroner untuk Menekan Risiko Kematian Berbasis Analisis Tekstur Wajah diketuai oleh Yudha Andriano Rismawan.

PKM- Riset Eksakta dengan judul Performa Ultrakapasitor Berbasis Biomaterial Karbon Aktif Tulang Sapi Termodifikasi Nitrogen Sebagai Media Penyimpanan Energi Pada Emergency Light diketuai oleh Naila Khoirina, Potensi Senyawa pada Daun Kelor terhadap Aktivitas Cellular Senescence melalui Penghambatan p21 Berbasis Bioinformatika dan Pendekatan In Silico diketuai oleh Sri Andriyani.

Kemudian untuk PKM- Riset Sosial Humaniora dengan judul Filosofi “Wong Kito Galo” Pada Masyarakat Palembang: Pendorong Kohesivitas Kelompok Penguat Integrasi Antardaerah Di Sumatra Selatan diketuai oleh Toriqul Zian, Keefektifan Problem Based Elearning Berbantuan Assemblr Berbasis Javanese Culture Augmented Reality untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Motivasi Belajar Siswa oleh Bebyd Noverianto, Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Berbasis Android Bermuatan Kesiapsiagaan Bencana Sebagai Upaya Mitigasi Bencana Sejak Dini diketuai oleh Isnaini Rahmah Hidayah dan “Bagaimana Aku Bisa Bangkit?” (Studi Kasus Gambaran Resiliensi pada Remaja Broken Home yang pernah Mengalami Suicide Ideation). Arief diketuai oleh Rakhman Hakim.

Keberhasilan Mahasiswa UNNES yang dinyatakan lolos dalam PIMNAS 2021 yang di perebutkan oleh Seluruh PTN dan PTS se Indonesia mendapat apresiasi dari Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum.

Prof Fathur menyampaikan terimakasih dan rasa bangga kepada mahasiswa dan civitas akademik UNNES yang telah serius dan disiplin mengikuti program PKM Tahun 2021 sehingga berhasil lolos.

Rektor berharap mahasiswa dan tim yang terlibat dalam program ini jangan cepat merasa puas, dan selalu semangat untuk meningkatkan kualitas tetap harus terjaga dengan baik.

“Keberhasilan ini merupakan bukti kongkrit UNNES dalam pengembangan SDM yang Unggul,” pungkas Rektor.


DIUNGGAH : Fauzan
EDITOR : Fauzan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

X