Sistem Informasi

Sistem Informasi Akademik Terpadu (Sikadu)
Merupakan embrio pengembangan sistem informasi di Unnes. Sistem informasi ini dikembangkan dengan tujuan untuk mengorganisasi data akademik meliputi pengelolaan kurikulum, registrasi akademik mahasiswa, penjadwalan perkuliahan, pengelolaan Kartu Rencana Studi (KRS), monitoring perkuliahan, pengorganisasian nilai mahasiswa, dan penanganan pendaftaran wisuda.
Sistem Pencatatan Kegiatan Perkuliahan
Sistem ini digunakan untuk mencatat kegiatan perkuliahan meliputi pencatatan kehadiran mahasiswa dan pencatatan topik perkuliahan. Melalui sistem ini pimpinan dapat melihat rekap perkuliahan, rekap kehadiran dan jurnal harian perkuliahan
Sistem Administrasi Skripsi, Tesis, Disertasi (Sitedi)
Aplikasi ini mendokumentasikan mulai dari proses pengajuan topik, pengajuan judul, log book bimbingan mahasiswa, administrasi surat tugas, pendaftaran ujian, sampai dengan memasukkan nilai akhir. Pada akhir proses di Sitedi, data tugas akhir akan dikirimkan ke basis data akademik (Sikadu).
Sistem Administrasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Portal PPL dikelola oleh Pusbang PPL dan Labschool dan digunakan untuk mengadministrasikan kegiatan PPL dari pendaftaran, pengelolaan sekolah mitra, ploting mahasiswa PPL, progress mahasiswa dalam pelaksanaan PPL sampai dengan penilaian PPL dari dosen pembimbing dan guru pamong.
Electronic Learning Aid
Elena merupakan layanan Learning Management System (LMS) yang disediakan oleh Unnes. melalui Elena dosen dan mahasiswa dapat melakukan aktivitas pembelajaran secara elektronik.
Sistem Administrasi Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Digunakan untuk mengadministrasikan KKN dimulai dari pendaftaran, ploting dan laporan selama kegiatan KKN serta input nilai oleh dosen pembimbing lapangan.
Sistem Informasi Manajemen Keuangan (Sikeu)
Manajemen Keuangan yang rapi dan transparan merupakan salah satu faktor suatu organisasi berjalan dengan baik dan lancar. Sikeu merupakan sistem informasi yang dikhususkan untuk memanajemen keuangan yang ada di Unnes, setiap proses yang berhubungan dengan pemasukan dan pengeluaran uang tercatat secara sistematis.
Sistem Informasi Penganggaran (Sianggar)
Sistem Informasi Penganggaran memanajemen setiap anggaran yang akan dikeluarkan oleh Unnes sehingga di dalamnya terlihat bagaimana statistik penggunaan anggaran.
Sistem Informasi Akuntansi (Siakunt)
Siakunt digunakan untuk memanajemen proses administrasi akuntansi yang ada di Universitas Negeri Semarang.
Sistem Administrasi Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah
Lakip Unnes adalah sebuah sistem pelaporan yang berisikan akuntabilitas dan kinerja dari suatu instansi pemerintah. Penyusunan LAKIP berdasarkan siklus anggaran yang berjalan yaitu 1 tahun. Secara lengkap memuat laporan yang membandingkan perencanaan dan hasil.
Sistem Informasi Remunerasi (Siremun)
Guna pengadministrasian total kompensasi yang diterima oleh pegawai sebagai imbalan dari jasa yang telah dikerjakannya dibentuklah sistem informasi manajemen remunerasi. Sistem informasi remunerasi yang dibentuk Unnes dipakai dalam pengadministrasian remunerasi dosen maupun tenaga kependidikan Unnes.
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
Pengadaan barang/jasa secara elektronik akan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, meningkatkan akses pasar dan persaingan usaha yang sehat, memperbaiki tingkat efisiensi proses pengadaan, mendukung proses monitoring dan audit dan memenuhi kebutuhan akses informasi yang real time guna mewujudkan clean and good government dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.
Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg)
Simpeg memiliki fasilitas untuk memanajemen kepegawaian diantaranya fasilitas rekam data profil pegawai (dosen dan tenaga kependidikan), riwayat kepangkatan, riwayat jabatan dan digunakan sebagai dasar analisis pengadaan pegawai.
Sistem Rekrutmen Pegawai
Unnes merupakan Badan Layanan Umum (BLU) yang memiliki keleluasaan dalam hal pengadaan pegawai Non PNS. Untuk memudahkan dalam hal penerimaan pegawai baik pegawai kontrak (Pramubakti) maupun pegawa tetap non PNS (BLU) maka dibuatkah sistem ini.
Profil Staff
Merupakan laman yang menampilkan profil pegawai Unnes yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan baik pegawai PNS, pegawai tetap non PNS (BLU) dan pramubakti.
Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SIPP)
SIPP merupakan fasilitas bagi dosen untuk mengetahui informasi hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang tersedia, melakukan pendaftaran, unggah proposal sampai dengan melaporkan hasil penelitian atau pengabdian masyarakat yang dilakukan..

Data Statistik Universitas
Data yang berkaitan dengan akademik, kemahasiswaan maupun sumber daya Unnes direpresentasikan dalam bentuk chart atau grafik. Aplikasi ini bersifat publik dan dinamis sehingga unit terkait atau publik dapat memantau perkembangan data.
Unnes Mail
Unnes bekerjasama dengan Google menghadirkan platform persuratan elektronik berbasis Gmail yang disediakan untuk email institusi, mahasiswa, dosen maupun tenaga kependidikan. Mahasiswa dapat meminta alamat email dengan mengisi form melalui MyUnnes, sedangkan dosen dan tenaga kependididikan dapat memperolehnya dengan mengisi form permintaan di Simpeg.
Laman Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru
Menampilkan informasi dan agenda pendaftaran penerimaan mahasiswa baru baik jenjang diploma, sarjana maupun pascasarjana. Selain itu juga menampilkan informasi profil masing-masing program studi dan jalur masuk yang tersedia yang bermanfaat bagi calon mahasiswa baru.
Data Pokok Mahasiswa Baru
Laman Data Pokok merupakan fasilitas bagi mahasiswa baru untuk melakukan registrasi ulang setelah dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa Unnes. Data yang dimasukkan terdiri dari data profil diri, profil orang tua dan data pendukung laiinya yang akan digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam penentuan Uang Kuliah Tunggal (UKT).
Sistem Informasi Kemahasiswaan (Simawa)
Merupakan portal informasi bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi penting berkaitan dengan kegiatan kemahasiswaan seperti informasi beasiswa, prestasi mahasiswa, event kemahasiswaan, serta informasi penting lainnya. Simawa dikembangkan sejak tahun 2010 sebagai lumbung informasi mahasiswa Unnes.
MyUnnes
MyUnnes merupakan sistem informasi bagi mahasiswa untuk memperoleh informasi secara mandiri berkaitan dengan data akademik, pembayaran biaya studi, maupun beasiswa yang sedang diperolehnya.
Sistem Informasi Beasiswa
Seluruh informasi beasiswa yang tersedia di Unnes di kelola dalam sistem ini. Selain menyediakan fasilitas pendaftaran, juga digunakan sebagai alat bantu dalam penentuan kelayakan calon penerima beasiswa.
Sistem Informasi Beasiswa Bidikmisi
Saat ini Unnes merupakan Universitas penerima mahasiswa Bidikmisi terbesar se Indonesia dengan total lebih dari 7.000 mahasiswa. Untuk mempermudah manajemen beasiswa Bidikmisi, Unnes menyediakan SIM Beasiswa Bidikmisi yang merupakan Sistem Informasi untuk menampung informasi terkait agenda dan kegiatan mahasiswa.
Profil Lulusan
Merupakan laman yang menampilkan profil lulusan Unnes baik jenjang Diploma, Sarjana, Magister maupun Doktor berikut dengan judul karya ilmiahnya.
Portal Alumni
Sistem Manajemen Alumni adalah sistem yang digunakan untuk memanajemen biodata serta riwayat kerja alumni, sehingga data yang dimasukkan dapat diambil dan digunakan untuk keperluan akreditasi. Sistem ini dikelola oleh DPP Ikatan Alumni Unnes.
Tracer Study
Tracer Study Unnes merupakan sistem yang berisi informasi tentang lulusan dan dunia kerja. Web ini diperuntukkan untuk mahasiswa yang akan wisuda dan juga alumni dari Unnes. Sistem ini dikelola oleh pusat layanan karir dan BK.
Jurnal Online
Laman jurnal menampilkan seluruh jurnal hasil terbitan Unnes yang dapat diakses secara online. Selain menampilkan jurnal yang telah terakreditasi nasional, juga menampilkan setidaknya 75 jurnal elektronik yang berisi hasil karya tulis mahasiswa Unnes.
Otomasi Perpustakaan
Dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menelusur koleksi perpustakaan Unnes yang telah terintegrasi, sehingga dapat diperoleh informasi buku yang tersedia di perpustakaan pusat maupun perpustakaan jurusan/prodi. Selain itu juga dapat digunakan mahasiswa untuk melihat riwayat peminjaman buku.
Digital Library
Merupakan halaman repository hasil karya tulis mahasiswa dalam bentuk skripsi, thesis dan disertasi yang dapat diakses secara online.
Sistem Informasi Rumah Tangga (Simarta)
Simarta merupakan sistem informasi yang membantu memanajemen kerumahtanggaan Unnes secara online antara lain terkait penggunaan ruang rapat, jadwal satuan pengamanan, jadwal petugas kebersihan dan peminjaman kendaraan dinas.
Sistem Informasi Manajemen Persuratan (SIMS)
SIMS berfungsi untuk membantu dalam administrasi tata persuratan, manajemen disposisi dan pengarsipan surat secara elektronik.


Diperbarui oleh: Akhmad Munawar pada Kamis, 27 Oktober 2016 8:43 WIB Dibaca : 1.369 kali

X