Prof. Dr. Sugiyo, M.Si.


Profesor Fakultas Imu Pendidikan (FIP) Unnes Prof. Dr. Sugiyo M.Si menempuh studi doktoral Manajemen Pendidikan di Universita Negeri Semarang. Adapun pendidikan S2 dan S1-nya masing-masing ditempuh di Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Negeri Yogyakarta. Sejak 1978 pria kelahiran Yogyakarta 11 April 1952 ini mengajar Bimbingan dan Konseling (BK) sekalgus bertanggung jawab sebagai Ketua Progam Studi Manajemen Pendidikan S3 dan S2 Pascasarjana Unnes.

Program profesi guru yang diprogramkan pemerintah sejak 2008 silam mendapat perhatian serius Prof. Dr. Sugiyo M.Si. melalui sejumlah penelitiannya. Ia antara lain membandingkan kinerja guru yang lulus protofolio dengan guru yang lulu sertifikasi melalui PLPG.

Dalam orasi ilmiahnya “Faktor-faktor yang Berkontribusi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Konselor (Guru Pembimbing) di Sekolah” Prof. Dr. Sugiyo M.Si. mengatakan, guru Bimbingan Konseling (BK) belum tentu lulusan dari sarjana BK, sehingga kinerja mereka tidak sesuai dengan yang mereka peroleh. Akibatnya, para BK guru hanya memaknai konseling sebagai kegiatan memberi nasehat.

Padahal, menurutnya, guru BK harus bisa mendiagnosis setiap masalah siswa, seperti memahami mengapa siswa tidak masuk sekolah, siswa telat membayar uang sekolah, atau siswa yang memakai narkoba.

Penelitian yang 5 tahun terakhir Prof. Dr. Sugiyo M.Si. lakukan antara lain: Studi komparasi kinerja profesional guru pembimbing antara yang lulus melalui portofolio dengan PLPG di jawa tengah tahun 2008 (2008), Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasidan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru Pembimbing SMPdi Kota Semarang tahun 2005 (2008), dan Aplikasi Teori WholeLanguage Kindergarten Dalam Pengembangan Kemampuan Membaca Dinimelalui Media BigBook pada TK di Kota Semarang (2008).

Selain itu, Aplikasi Metode Proyek dalam Pengambangan Pembelajaran Sains di TK ABA 38 Semarang (2008), Kinerja guru pembimbing dikaji dari budaya organisasi pada guru bimbingan konseling di SMP Negeri dan Swasta di Kota Semarang ( 2006), dan Kinerja Konselor Dikaji Dari Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Pada SMA Negeri dan Swasta di Eks Karesidenan Semarang Tahun 2006 (2006).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Selasa, 20 November 2012 8:50 WIB Dibaca : 3.619 kali