Prof. Dr. Sri Mulyani ES., M.Pd.


Prof. Sri Mulyani ES., lahir di Klaten, 13 Mei 1949. Pengajar mata kuliah Anatomi Tumbuhan pada Jurusan Biologi FMIPA Unnes ini menempuh pendidikan kesarjanaan di Universitas Negeri Semarang (1976). Studi S2-nya di bidang Pendidikan Biologi ditempuh di Universitas Negeri Malang (1986). Adapun studi doktoral di bidang Pendidikan Lingkungan ia selesaikan di Universitas Negeri Jakarta (1996) dengan disertasi berjudul Pengembangan Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan: Studi Kasus di Masyarakat Bantaran Kaligarang Semarang.

Berbagai hasil penelitian di bidang pendidikan lingkungan terpublikasi di jurnal nasional terakreditasi, antara lain “Pendekatan Partisipatif untuk Meningkatkan Pengetahuan Lingkungan Siswa SD” (Peadagogia, 2000), “Hubungan Antara Latar Belakang Pendidikan Formal, Tingkat Pengetahuan Lingkungan, Dan Peranserta Wanita Dalam Usaha Pelestarian Lingkungan” (Jurnal Ilmu Pendidikan, 2000), dan “Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan di Sekolah Dasar Kotamadya Semarang” (Jurnal Penelitian Pendidikan, 1999).

Prof. Sri Mulyani ES merekomendasikan model pembelajaran lingkungan dengan pendekatan partisipatif efektif untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan pada siswa. Pembelajaran yang dimulai dari permasalahan yang dihadapi siswa, menurutnya, akan lebih menarik bagi siswa. Apalagi siswa terlibat memecahkan masalah sendiri. Agar berkesan, masalah yang dibahas dalam pembelajaran sesuai dengan kejadian sehari-hari yang dihadapi siswa sehingga tidak bersifat verbalistis tetapi problematik.

Menurutnya, guru sebagai model pendidikan lingkungan bagi siswa harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang lingkungan. Contoh perilaku yang diberikan tidak perlu sulit, tapi sederhana dengan disertai pemahaman yang baik.

Sejak 1991 ibu dua putra ini masih aktif menjadi pmbicara dalam berbagai seminar dan diskusi tentang pendidikan lingkungan. Sejumlah penelitian di bidang lingkungan juga telah ia hasilkan, antara lain: Pemanfaatan limbah gergajian untuk budidaya Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) (2000), Pengaruh Penggalian Pasir Terhadap Keanekaragaman Biota Sebagai Data Dasar Upaya Konservasi di Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali (2008), dan Kontribusi Perempuan dalam Pengelolaan Lingkungan Berkelanjutan (2007), Tanggapan para pekerja bengkel AC terhadap penggunaan CFC di kota Semarang (2001), dan Mobilitas Penduduk Non Permanen di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang (2005).

Adapun di bidang pendidikan lingkungan, riset yang telah dilakukan Prof. Sri Mulyani ES antara lain Pendidikan Lingkungan Dengan Pendekatan Partisipatif Untuk Menanamkan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa SD Kecamatan Gunungpati Semarang (2003), Peningkatan Prestasi Belajar Mahasiswa Biologi Pada Mata Kuliah Micro Teaching Dengan Menggunakan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) (2006), Pengembangan program pendidikan luar sekolah untuk meningkatkan pengetahuan lingkungan. Studi kasus di Masyarakat Bantaran Kaligarang Semarang (1994), dan Pelaksanaan pendidikan lingkungan di Sekolah Dasar daerah pantai Kodya Semarang sebagai upaya sosialisasi perilaku yang berwawasan lingkungan (1997).

Selain itu, ia juga melakukan penelitian Daya serap lulusan sarjana IKIP Semarang: Studi kasus pelacakan terhadap lulusan IKIP Semarang tahun 1988 – 1998 (1998), Hubungan antara latar belakang pendidikan formal, tingkat pengetahuan lingkungan, dan peranserta wanita dalam usaha pelestarian lingkungan (1999), Penugasan praktikum dan presentasi hasil praktikum untuk meningkatkan pengembangan keterampilan proses pada pembelajaran Biologi SMU kelas II (2000), dan Dampak Pelaksanaan Program Studi Biologi terhadap Kualitas Pembelajaran Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Unnes (2006), Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Model Lesson Study Untuk Meningkatkan Kualitas Perkuliahan Anatomi Tumbuhan (2008).

Berikutnya adalah penelitian Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terpadu dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA SMP (2009), Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terpadu dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru IPA SMP (2009), Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Masyarakat Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati Semarang (2009), Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Kebencanaan Alam Bervisi Science Environment Technology And Society Terintegrasi dalam Beberapa Mata Pelajaran (2009), Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dan Peningkatan Profesionalisme Guru IPA SMP Melalui Lesson Study (2011).


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Senin, 5 November 2012 21:34 WIB Dibaca : 4.606 kali