Prof. Dr. Rasdi Ekosiswoyo, M.Sc.


Prof. Dr. Rasdi Ekosiswoyo M.Sc. lahir di Pati 21 Juni 1946. Pendidikan sarjana ia tempuh di Universitas Negeri Semarang, dilanjutkan studi master di Syracuse University, New York, dan studi doktoral di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pada bidang evaluasi Pendidikan. Raktor Universitas Negeri Semarang 1994-2002 ini juga berkativitas sebagai Ketua Dewan Pendidikan Kota Semarang sekaligus menjadi Ketua Umum Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (Gabsi) Jawa Tengah.

Dalam “Potensi Keluarga Dalam Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Pada Anak Usia Dini” (Edukasi, 2010) ia menyebut dalam pengasuhan anak usia dini bervariasi atau berbeda-beda berdasarkan kategori setting wilayah, status sosial, etnis dan agama. Keluarga di pusat perkotaan berpotensi menerapkan pengasuhan autoritatif-permisif, sedangkan keluarga di perkotaan pinggiran, etnis Jawa dan menanamkan nilai keagaamaan berpotensi menerapkan autoritarian. Keluarga berstatus sosial tinggi dan etnis China berpotensi dengan pola autoritatif, sedangkan pada keluarga berstatus ekonomi rendah berpotensi menerapkan permisif.

Menurutnya, pola pengasuhan orangtua menggunakan pendekatan autoritatif dan autoritarian dari sudut nilai keagamaan sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan holistik anak yang berbasis kharakter.


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Senin, 5 November 2012 21:08 WIB Dibaca : 4.075 kali

X