Prof. Dr. Fakhrudin, M.Pd.


Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd.

(Penelitian dan Evaluasi PLS)

Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah

 

Tempat dan Tanggal Lahir: Brebes, 27 April 1956

Dosen Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Semarang

NIDN: 0027045610

 

Pendidikan :

Sarjana    S1 Pendidikan Sosial IKIP Yogyakarta (Lulus 1982)

 

Magister S2 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan IKIP Jakarta (Lulus 1994)

 

Doktor    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNJ Jakarta (Lulus 2008)

 

Google scholar ID  :  dZKMLw0AAAAJ

Sinta ID                    :  460

Scopus ID                :  57192982259

 

 

 

Penelitian dan Pengabdian

 

1.   Strategi Pembelajaran Dialogis Dalam Membentuk Karakter di Sekolah Alternatif Qoryah Toyyibah Salatiga, tahun 2013, sebagai Ketua

2.   Model Penilaian Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Dialogis di Sekolah Alternatif Qoryah Toyyibah Salatiga Jawa Tengah, 2014, sebagai ketua

3.   Pemberdayaan Masyarakat Melalui Desa  Vokasi (Suatu Tinjauan Persepsional oleh Mahasiswa PLS FIP UNNES, 2015, sebagai ketua

4.   Implementasi Nilai Inspiratif Dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, tahun 2016, sebagai ketua

5.   Peranan Pendidikan Nonformal dalam Pembangunan Masyarakat di Kabupaten Pati, tahun 2017, sebagai ketua

6.   Model Penilaian Hasil Belajar Karya Seni  Mahasiswa Jurusan PGSD FIP Universitas Negeri Semarang, 2018, sebagai ketua

7.   Tracer study Program Studi Manajemen Kependidikan S3 Pascasarjana UNNES, 2019, sebagai ketua

Karya Ilmiah dan HKI

1.    Character Building Evaluation Model of Dialogical Learning at Qaryah Thayibah  Alternative School in Kalibening Salatiga Indonesia, jurnal The Social Science, ISSN 1818-5800

2.    IbM Guru SD dalam pengembangan media pembelajaran, ABDIMAS, ISSN 2503-1252, DOAJ 2017

3.    Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C (Co Author)Journal of Nonformal Education, ISSN 2528-4541, DOAJ 2017

4.    Implementating The Lecturer’S Inspirative Values In Faculty Of Education Semarang State University (Author)Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398, September 2017

5.    Effectiveness Analysis of Non-formal Education Learning in Central Java (Co-Author) Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398 May 2017

6.    E-Media Development as an Effort to Improve Primary School Student Learning Results in Semarang (co-author)Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398 September 2017

7.    The Implementation of Among-Asuh Method in Guidance and Mentoring Management to Shape the Cadets’ Noble Character (a Case Study in the Military Academy) (Co-Author) The Journal of Educational Development, JED 5 (3) (2017) 316- 330, p-ISSN 2085-4943 e-ISSN 2502-4469

8.    Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C (Co-Author)Journal of Nonformal Education, Volume 3, Nomor 1, Februari 2017

9.    Efek Mediasi Kecerdasan Emosi pada Pengaruh Supervisi Kolaboratif danKepemimpinan  Terhadap Perilaku Inovatif Guru (Co-Author) Educational Management, p-ISSN 2252-7001 e-ISSN 2502-454X EM 6 (1)  (2017) 71 – 79

10.             Learning Model of Performing Arts of Dance Based on Conservation (co-Author) Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398July 2018,

11.            Learning Model of Performing Arts of Dance Based on Conservation (Co-Author) Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398 July 2018

12.            Innovative Origami Handbook As Teaching Tool In Grade III (Co-Author)  Thompson Reuters, Atlantis Press, ISSN 2352-5398 July 2018

13.            Internal Auditor Dilemma: Attitude on Whistle Blowing Intension (Co-Author) The International Journal Of Business & Management, ISSN 2321-8916

14.            Buku Referensi : Model Penilaian Unjuk Kerja Gelar Karya Seni (Author) HAKI, 000145128, 10 Oktober 2018

15.            Peluang Dan Tantangan Guru Bimbingan Konseling Di Era Disrupsi (Author)

16.             The Impact of Non-Formal Education in Community Development: A Case Study in Pati, Indonesia International Journal of Innovation, Creativity and Change, 2201-1323 (author).

1818-5800 The Social Science
Pengalaman struktural dan Organisasi

1.       Sekretaris jurusan PLS  tahun 1996-1999

2.       Ketua Jurusan PLS  tahun 1999-2001 dan 2012-2015

3.       Sekretaris Pusat Penjaminan Mutu 2004-2008

4.       Dekan FIP tahun 2015-2019

5.       Ketua Korpri Unnes, 2013-2015

6.       Kord Prodi MP S2/S3 2019 (antar waktu)

7.       Ketua Forum Dekan FIPJIP 2017-2019

Penghargaan yang pernah diterima

 

1.       Satya Lencana Karya Satya 20 th

2.       Satya Lencana Karya Satya 30 th

 

 

 

Profesor Pendidikan Luar Sekolah Prof. Dr. Fakhrudin, M.Pd. lahir  27 April 1956. Mengajar di Jurusan Luar Sekolah (PLS) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sejak 1986. Pendidikan ia tempuh di Jurusan Pendidikan Sosial IKIP Yogyakarta (1982), magister Pendidikan bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan IKIP Jakarta KPK IKIP Yogyakarta (1994), dan doktoral PEP Universitas Negeri Jakarta.

Penelitiannya fokus pada bidang pendidikan luar sekolah dan pendidikan vokasi dan pendidikan nonformal. Ia, antara lain mengembangkan asesment pendidikan luar sekolah untuk mewujudkan masyarakat mandiri. Menurutnya, beberapa aspek dari program pemberdayaan masyarakat luar sekolah perlu dievaluasi. Aspek tersebut antara lain konteks, latar belakang masyarakat, dan dampak.

Menurutnya, jika hasil penilaian menunjukkan bahwa program PLS tidak bermakna bagi masyarakat perlu dikoreksi. Bahkan, jika hasil evaluasi menunjukkan bahwa program PLS tidak memberikan makna bagi masyarakat sebaiknya dihapus.

Selanjutnya, menurut Prof. Fakhrudin, program PLS dan pendidikan nonformal perlu diubah dengan menempatkan masyarakat sebagai subjek, bukan sekadar objek. Secara konseptual, PLS dari, oleh, dan untuk masyarakat. Bahkan, PLS tidak hanya diberikan kepada masyarakat tertinggal, tetapi juga untuk masyarakat perkotaan berpendidikan tinggi.

Penelitian tersebut, antara lain Revitalisasi Kelompok Kerja Guru Dalam Mengembangkan Kurikulum Satuan Pendidikan Sekolah dasar di Kota Semarang (2010), Tracee Study Alumni Program studi Pendidikan Luar Sekolah FIP Unnes (2010), Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Pendidikan Keaksaraan di Kecamatan Kedungjati Kabupaten Grobogan (2009), dan Kinerja Tutor Dalam Mengelola Pembelajaran pada Kelompok Belajar Paket B di Kota semarang (2008).

Selain itu, Kinerja Guru dalam Pembelajaran: Pengembangan Instrumen Evaluasi pada Guru SD di Kota Semarang Jawa Tengah (2007), Studi Penyelenggaraan Kursus Pendidikan Luar Sekolah Masyarakat (PLSM) dan Upaya Standardisasinya (2007), Penelitian Pendidikan Dasar dDi Daerah yang Memerlukan Pendidikan Layanan Khusus (2007), dan Profil Butir Soal Ujian Semester MKDK Universitas Negeri Semarang (2011).

Penelitian lainnya, antara lain, Peningkatan Warga belajar Bebas Buta Aksara Melalui Pola Kehidupan Warga di Beberapa Daerah Jawa Tengah (2001), Studi Pelacakan Perkembangan Karier dan Profesi Lulusan IKIP Semarang di Masyarakat (2000), dan Analisis Pelbagai Faktor Keberhasilan Ke-lompok Belajar Usaha Dalam Membelajar kan dan memberusahan Anggotanya (2000).


Diperbarui oleh: Muhamad Burhanudin pada Senin, 24 Februari 2020 8:43 WIB

X