Prof. Drs. Mursid Saleh, M.A., Ph.D.


Profesor pada Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Prof. Drs. Mursid Saleh M.A., Ph.D. lahir di Sleman 9 Juni 1944. Menyelesaikan studi doktoral bidang sastra dan master linguistik di Macquarie University, Sydney, Australia. Adapun studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris ia tempuh di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Prof.Drs. Mursid Saleh M.A., Ph.D. memiliki perhatian besar pada perilaku guru bahasa Inggris yang berperan sebagai konduktor pembelajaran. Menurut beliau, “Teacher beliefs” atau kepercayaan guru merupakan elemen penting dalam suksesnya proses belajar mengajar. Faktor pengalaman dan melalui percobaan-percobaan oleh guru berpengaruh langsung dalam pembentukan “belief” seorang guru.

Kepercayaan seorang guru pada metode yang ia pernah dapatkan secara konsisten berpengaruh pada metode yang ia terapkan pada anak didiknya. Pendidikan yang didapat seorang guru yang berbeda memberikan efek langsung pada penerapan pengajaran yang berbeda sesuai dengan pengalaman seorang guru. Hal ini mengindikasikan bahwa seorang guru harus mempunyai dasar kependidikan yang kuat serta pengalaman mendidik yang cukup agar hasil pendidikan mencapai tingkat maksimal.

Penelitian dalam bidang bahasa yang dilakukannya, antara lain The Evaluation Of The Present French Textbook Used In Senior High Schools In Semarang And Its Surroundings (2011), English Teachers Beliefs And Their Factors (2011). Business English For Sharia Banking Students At Politeknik Negeri Semarang (Polines) (2011) dan The Teachers’ Selection of Materials and Methods in EFL Teacher Education (1993).

Sebelumnya, ia juga melakukan penelitian Pengaruh B3B Terhadap Perilaku Berproduksi Masyarakat Pedesaan (1985), The Utilization of Non-Teacher Resources By Adult Learners of English (1988), dan The Teachers’ Difficulty In Constructing Distance Learning Modules For English D2 Program (1982).


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Senin, 5 November 2012 21:11 WIB Dibaca : 4.837 kali

X