Prof. Dr. Dwi Rukmini. M.Pd.


Prof. Dr. Dwi Rukmini M.Pd. lahir di Semarang 15 April 1951. Pendidikan kesarjaanannya diperoleh di Universitas Terbuka. Adapun studi magister dan dokoralnya ditempuh di Universitas Negeri Semarang dengan disertasi berjudul ‘The Rhetorical Development Realizations of Reading Texts in the Senior High School English Textbooks.

Pengajar mata kuliah Speaking for Instructional Purposes pada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris ini juga Sekretrais Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana (PPs) Unnes. Ia turut membidani dual program antara sejumlah perguruan tinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi di Amerika.

Sejumlah penelitiannya di bidang pendidikan bahasa terpublikasi di jurnal nasional. “The Quality of Model Written Texts In The Recommended Senior High School English Textbook” (2009), salah satunya, dipublikasikan Jurnal Nasional Terakreditasi Linguistika. The Ideas Development of Argumentative Discourses Of Indonesian Writers Found In The Opinion Forum Of The Jakarta Post (2003) terpublikasi pada Jurnal Humanika. Artikel penelitiannya “Model Written Texts in The Recommended Senior High School English Textbooks” (2009) juga dipublikasikan Journal Teflin.

Salah satu temuan penting Dwi Rukmini adalah riset terhadap buku-buku teks 6 dari 12 penerbit yang direkomendasi Depdiknas. Ia menemukan berbagai kesalahan mulai dari tingkat penggunaan kata yang tidak tepat, kesalahan grammar, hingga salah fatal dalam mengidentifikasi jenis teks.

Penelitian lain yang telah dilakukan Prof Dwi Rukmini, antara lain Analisa Kebutuhan Bahasa Inggris Lulusan Politeknik Universitas Diponegoro Jurusan Teknik Mesin (1994), Analisa Genre Teks Bacaan dalam Buku Ajar Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas Terbitan Balai Pustaka (2003), Realisasi Struktur Retorik Teks Bacaan dalam Buku Teks Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (2004).

Model Teks Lisan Dalam Buku Teks Bahasa Inggris Untuk Sekolah Menengah Atas (2008), Aplikasi “Appraisals dalam Pidato Pertama Barack Obama sebagai Presiden Amerika Serikat” (2009), dan Pemanfaatan Ikatan Logico-Sematic Pada Klausa Kompleks Dalam Abstrak Laporan Proyek Akhir Mahasiswa (2010).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Senin, 5 November 2012 21:43 WIB Dibaca : 4.354 kali