Prof. Dr. AT Soegito, S.H., M.M.


Profesor Pendidikan Pancasila Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unnes AT Soegito lahir di Grobogan 9 Maret 1943. Berkarir di bidang akademik sejak Januari 1969 hidupnya nyaris tidak pernah dipisahkan dari dunia pendidikan. Ia, antara lain, pernah mengemban amanat sebagai Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Semarang (Unnes), kemudian menjadi Pembantu Rektor Bidang Akademik lembaga tersebut. Sejak 2002 sampai 2006 ia menjadi Rektor Universitas Negeri Semarang.

Memasuki purnatugas, pengabdiannya pada dunia pendidikan tak surut. Ia mengabdikan diri sebagai Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah sekaligus Anggota Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).

Prof. AT, sapaan akrabnya, mengawali pendidikan di Sekolah Rakyat Ngaringan pada 1957. Ia kemudian meneruskan di Sekolah Guru A (SG-A) di Wirosari selama 3 tahun. Setelah lulus ia meneruskan SG-B di Kudus dan selesai pada 1962. Pendidikan S1 ia peroleh di IKIP Semarang, lembaga yang kemudian hari dipimpinnya, pada Jurusan Seni Rupa dan pindah pada Jurusan Sejarah.

Setelah lulus pada 1967 ia kembali mengambi kuliah Jurusan Hukum Untag, lulus tahun 1976. Adapun pendidikan S2 Manajemen Pendidikan ia peroleh dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan S3 Manajemen Pendidikan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung.

Berkiprah di dunia pendidikan selama puluhan tahun membuatnya memiliki rekaman cukup panjang tentang dinamika pendidikan tanah air, sejak Orde Baru hingga Era Reformasi kini. Salah satu yang mendapat perhatiannya adalah bahwa Bangsa Indonesia belum memiliki blue print pendidikan nasional. Kondisi inilah yang kerap membuat perubahan di bidang pendidikan terjadi hanya akibat orientasi sikap politik penguasa, bukan sikap dinamis yang berbasis pada visi.

Selama mengajar Prof. AT terlibat dalam pryek inventarisasi dan dokumentasi sejarah nasional Indonesia. Hasil karya tersebut antara lain Biografi Nasional Daerah Jawa Tengah (1993), Tartib Prawirodihardjo: Hasil Karya dan Pengabdiannya (1984), Dr. Rajiman Widyodiningrat: Hasil Karya dan Pengabdiannya (1998), dan Pahlawan Nasional Prof. Mr. Dr. R. Supomo (1977).

Karya lain yang pernah ia tulis adalah Pancasila Tinjauan dari Aspek Historis (1983), Sejarah Pergerakan Bangsa Sebagai Titik Tolak Memahami Asal Mula Pancasila (1999), dan Pendidikan Pancasila (2009), Total Quality Managemen PT (2012), Sejarah Ketatanegraan Republik Indonesia (2012), dan Kepemimpinan Manajemen Berbasis Sekolah (2012).

 

 

 

 

 

 

 


Diperbarui oleh: Dhoni Zustiyantoro pada Senin, 5 November 2012 21:50 WIB Dibaca : 4.658 kali