Teknik Mesin (S1)


GELAR LULUSAN
Sarjana Teknik (S.T)

DESKRIPSI SINGKAT
Teknik Mesin S1 merupakan salah satu Program Studi non kependidikan yang terbaru yang ada di Jurusan Teknik Mesin. Program studi yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang industri maupun di bidang IPTEKS. Prodi Teknik Mesin S1 lahir pada bulan April 2012 dengan adanya surat mandat Dirjen Dikti Republik Indonesia tentang Pembukaan Program Studi Baru Nomor 569/E/T/2012 tanggal 4 April 2012.
Program studi ini lebih memfokuskan pada bidang: (1) otomotif yang mencakup kelistrikan, engine, sistem mekanik dan karoseri; (2) energi yang mencakup energi terbarukan, system pembangkit energi dan mesin konversi energi; dan (3) bahan yang mencakup perlakuan bahan, bahan ferro dan non ferro, proses produksi dan perancangan Ketiga keahlian tersebut mempunyai kaitan dengan dunia industri yang masih menjadi tolok ukur kualitas dari sebuah negara berkembang. Hal ini dilakukan untuk mensikapi trend perkembangan teknologi yang saat ini diarahkan pada penguatan dan pendalaman struktur industri yang membutuhkan kemampuan teknologi yang semakin mantap dan sumber daya manusia yang handal.

MENGAPA MEMILIH ?
Program Teknik Mesin S1 mempunyai fasilitas penunjang penelitian yang berbeda dengan program studi pendidikan. Program studi non-kependidikan Teknik Mesin mempunyai porsi yang lebih besar dalam bidang penelitian IPTEKS, sehingga diharapkan menghasilkan peneliti-peneliti muda yang berkualitas. Pembelajaran yang berbasis Ilmu Sains Terapan yang dipadukan dengan kempetensi di bidang Otomotif, Energi dan Bahan, yang sertai dengan nilai-nilai konservasi, menjadi ciri pembelajaran yang di Prodi Teknik Mesin S1. Adanya kecenderungan kebutuhan tenaga kerja semakin meningkat di bidang teknik khususnya ahli-ahli rekayasa mesin di mana kecenderungkan tersebut sangat signifikan dengan pertumbuhan dan perkembangan bidang otomotif dan energi alternatif serta industri yang berkaitan dengan itu. Perkembangan teknologi permesinan terutama teknologi otomotif, teknologi energi alternatif, teknologi produksi, teknologi konversi energi, rancang bangun dan teknologi industri pada umumnya, memerlukan sarjana teknik mesin yang handal..
Prodi Teknik Mesin S1 mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu mengembangkan bidang otomotif, Bahan, dan Energi yang didasari oleh nilai konservasi. Para pengajar yang kompeten, menjadikan prodi Teknik Mesin S1 mempunyai nilai lebih. Dengan rata-rata pengajar mempunyai jenjang pendidikan S2 dan sebagian telah bergelar Doktor baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

KOMPETENSI LULUSAN
Kompetensi lulusan prodi Teknik Mesin (S1) yang diharapkan adalah
(1) Kompetensi Utama yang mencakup kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu sains dasar serta dasar-dasar ilmu teknik; merancang, membuat, mengoperasikan, mengelola, dan memelihara mesin dan sistem yang berhubungan dengan permesinan; merancang, melaksanakan eksperimen, menganalisis serta menafsirkan data yang diperoleh; mengidentifikasikan, merumuskan dan memecahkan problem-problem terkait dengan bidang permesinan; menggunakan teknik-teknik, ketrampilan serta peralatan teknik modern yang diperlukan untuk praktik; mempunyai kompetensi teknis yang mendalam paling tidak pada satu disiplin ilmu teknik yang spesifik; berkomunikasi secara efektif, tidak hanya dengan sesama sarjana teknik tetapi juga dengan masyarakat luas, termasuk kemahiran dalam berbahasa inggris; menggunakan komputer dan berbagai macam perangkat lunak untuk menganalisis dan menyelesaikan permasalahan di bidang permesinan;
(2) Kompetensi Pendukung yang mencakup kemampuan bekerja secara efektif baik secara individual maupun dalam tim multi-disiplin atau multi-budaya, serta memiliki kemampuan sebagai pemimpin ataupun sebagai anggota tim; memahami dan mempunyai komitmen terhadap tanggung jawab profesi dan etika; memahami tanggung jawab sosial budaya, global, lingkungan dan bisnis dari seorang insinyur profesional, serta pemahaman terhadap kebutuhan dan prinsip-prinsip pembangunan berkesinambungan; memahami tentang kewirausahaan dan proses inovasi; dan
(3) Kompetensi Lainnya yang mencakup memiliki pengetahuan terhadap berita-berita kontemporer; Menyadari dan melaksanakan proses belajar seumur hidup.

KONTAK
Alamat Kantor : Jurusan Teknik Mesin Gedung E5, Fakultas Teknik Unnes
Jalan Taman Siswa Sekaran, Gunungpati
Semarang 50229
Telepon : (024) 8508103
Faksimil : (024) 8508103
Email : mesin_ftunnes@yahoo.com
Website : mesin.ft.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Admin BAAKK Dibaca : 30.986 kali
EDITOR : Lintang Hakim

22 komentar pada “Teknik Mesin (S1)

  1. Selamat sore,
    Maaf Pak / Ibu numpang tanya, apakah di universitas negeri semarang membuka kelas karyawan untuk jurusan teknik mesin program lanjutan D3 ke S1?

    Terima kasih,…

  2. saya mau tanya, saya mendaftar lewat jalur bidikmisi SNMPTN jalur undangan,. dan saya menempatkan prioritas 1. Pendidikan Teknik Mesin dan 2. Teknik Mesin,.. Tapi saya lebih berniat di Teknik Mesin,.. bagaimana ya agar saya bisa di Prodi yang ke-2,..????

  3. Assalammualaikum wr wb

    mau tanya pendaftaran untuk teknik mesin selain lewat smptn sama sbmptn bagaimana ya ? terus persyaratanya apa ? mohon informasinya! kalau D3 gak ada ?

  4. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    permisi, saya mau tanya untuk peminat dan daya tampung di prodi Teknik Mesin untuk yang ikut jalur SBMPTN ada berapa yah? mohon jawaban dan kerja samanya…. Terimakash
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  5. Pak/bu, saya mau tanya, kalo di SBMPTN saya memilih T. mesin UNNES, masuk nya ke Pendidikan T. Mesin atau T.Mesin s1?
    atau keduanya sama??
    Trima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X