Teknik Arsitektur S1


Teknik Arsitektur S1

Legalitas

Izin penyelenggaraan SK Mendiknas No. 89/D/O/2010 bertanggal 9 Juli 2010

Gelar Lulusan

Sarjana Teknik (S.T.)

Deskripsi

Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang berdiri pada 1982 dan dikukuhkan sebagai program studi berdasarkan SK Dirjen Depdikbud RI No. 244/DIKTI/Kep/1996. Pada saat dikukuhkan, Jurusan Teknik Sipil hanya membawahkan satu program studi, yaitu Program Studi S1 – Pendidikan Teknik Bangunan. Selanjutnya, pada 1998 Jurusan Teknik Sipil membuka program studi baru yaitu Program Studi D3 – Teknik Sipil. Kemudian pada 2010 Jurusan Teknik Sipil membuka program studi ilmu murni, yaitu Program Studi S1 – Teknik Arsitektur. Prodi ini memiliki 96 mahasiswa dengan 12 dosen tetap berkualifikasi pendidikan doktor (S3) sebanyak 1 orang, magister (S2) 10 orang, dan sarjana (S1) 1 orang.

Kegiatan Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti mahasiswa prodi ini sama dengan mahasiswa prodi lain di Unnes, seperti pramuka, penelitian, pPengabdian, kewirausahaan, dan kegiatan keagamaan.

Mata Kuliah

Mata kuliah yang ditawarkan antara lain Studio Perancangan Arsitektur, Struktur dan Konstruksi, Estetika Bentuk, Mekanika Teknik, Teknik Komunikasi Arsitektur, Menggambar Arsitektur, Matematika Teknik, Filsafat Ilmu, Studio Perancangan Arsitektur, Struktur dan Konstruksi, Bahan Bangunan, Pengukuran dan Pemetaan, Arsitektur Vernakular Indonesia.

Selain itu, Fisika Bangunan, Seni Tata Hijau, Teori dan Perkembangan Arsitektur, Perancangan Tapak, Komputer Grafis, Teknologi Bahan, Arsitektur dan Lingkungan, Studio Perancangan Arsitektur,  Fisika Bangunan, Tata Ruang Dalam, Utilitas, dan Metode Perancangan. Ditawarkan pula mata kuliah Arsitektur dan Kota, Perumahan dan Permukiman, Manajemen Pembangunan, Tata Ruang Dalam, Kewirausahaan, Hukum Pranata Pembangunan, Rencana Anggaran Biaya, Etika Profesi, Metodologi Penelitian dan Statistik, Eko Arsitektur, Konservasi Bangunan, Community Development, Arsitektur Perilaku, dan Keselamatan Bangunan. Mata kuliah lainnya, Praktik Kerja Lapangan, Seminar, Kuliah Kerja Lapangan, Arsitektur Tropis, Real Estate, Urban Management, Arsitektur Pariwisata, Kuliah Kerja Nyata, dan Tugas Akhir.

Alamat

Gedung E3 – E4 Kampus Unnes Sekaran Gunungpati Semarang 50229

Telp. 024-8508102 email : civil_unnes@yahoo.com

Website: http:// tekniksipil.unnes.ac.id

 


DIUNGGAH : Admin BAAKK Dibaca : 49.570 kali
EDITOR : Lintang Hakim

54 komentar pada “Teknik Arsitektur S1

  1. Salam,

    nama sy Ratih, sy sedang belajar program Arsitektur S2 di perguruan swasta di Seoul, Korea Selatan. Bulan Agustus nanti sy akan selesai menempuh studi sy. Apakah ada penerimaan dosen Teknik Arsitektur tahun ini? Terima kasih

  2. buat mbak RATIH: langsung ke unnes aja kakak, kayakny butuh banget.. soalnya masih prodi baru dan belum banak dosennya :D semoga mengajar kami kakak :D dosennya lulusan dalam negeri semua

  3. aku sangat berminat prodi arsitektur di unnes. Yang membuat aku gundah prodi arsitektur ini belum terakreditasi. Apakah kira-kira tahun 2017 disaat aku lulus dari prodi ini, sudah tercantum nilai akreditasi? Mohon balasannya.

  4. bulan juni depan mau diadakan akreditasi dari pusat, jadi insyaalloh bakal terakreditasi dalam waktu dekat ini.

  5. kakak , mau nanya dong .. apa susah masuk jurusan ini ? sungguh aku sangat ingin masuk prodi Arsitektur , adakah tips untuk bisa lolos prodi ini ?
    mungkin , pada mapel apa saja yang harus saya unggulkan ? mohon di jawab *terima kasih sebelumnya :)

  6. Kak, mau nanya dong. Saya berminat banget nih buat daftar di unnes jurusan arsitetur ini, tahun ini saya baru mau ikut ujian. Bisa bantu saya kasih info gman syarat buat masuk sini, dan pelajaran apa yg harus diunggulkan, trus kalo lewat sbmptn gmana ? Tolong infonya ya, kak

  7. kakak , kalo anak bahasa bisa masuk jurusan arsitek gak ? tlong bantuannya ya mba , saya berminta banget buat daftar di unnes mengambil jurusan arsitek mba .

  8. abang & kk di UNNES mohon jawab pertanyan saya ini :
    1. saya ini lulusan tahun 2012 apakah tahun 2014 nnti msh boleh masuk ?
    2. cara pendaftaran mandiri ky gimana sh, sya msh bingung ?
    3. bisa kasih tips atau kisi-kisi buat lolos ujian mandiri ga ?

    JRA
    (mohon commentarnya)

  9. background apapun bisa kok..:)
    mau otomotif,mesin,tata boga,bahasa atau apapun..:)
    yg penting ntar kitanya niat aja..:)|
    semangaaaat..^_^

  10. maaf mau tanya min,saya sekolah smk jurusan gambar bangunan,saya ingin meneruskan ke unnes bagaimana persyaratannya untuk bisa masuk dengan cara snmptn maupun mandiri?biayanya masuk dan per smester berapa?,mungkin bisa dirincikan
    Terima kasih.

  11. Kenapa daya tampung T.Arsitektur cuma sedikit? Kemarin tahun 2013 cuma 14 orang. Apa karena ini prodi baru? :( Semoga tahun 2014 daya tampungnya ditambah. Amin.

  12. assalamu’alaikum,
    aku mau tanya , aku pengen banget ngambil jurusan arsitektur ini, apa ini susah? apa mesti matematika nya bisa?
    terimakasih

  13. ayu : tidak harus bisa matematika kok, tidak harus bisa gambar juga.. kan nanti juga semua di ajari dari 0 ama dosen.. yang SMA kan belum bisa gambar semua gak seperti SMK. ya, makin kesini makin susah.. coba kamu buka di web snmtpn, ada kuota tahun lalu dan peminat tahun lalu.. untuk profilnya bisa temen2 lihat di arsitektur-unnes.net

  14. Saya rini siswi smkn 9 jakarta, saat ini saya masih kelas 2 naik kelas 3 dan tahun 2015 lulusnya, bagaimana cara pendaftaran online untuk masuk ke unnes ? Apa saja persyaratannya ? Sekedar ingin tahu biar ga mendadak,tolong dibales yah,makasih :)

  15. apakah teknik arsitektur harus lulusan ipa? bagaiman klo lulusan ips? saya sudah sangat pesimis karena saya lulusan ips. tolong dijawab

  16. ipa, ips, bahasa atau smk sama sajalah, yang penting untuk adik2 yang akan menempuh ujian masuk agar selalu belajar dan diimbangi berdoa. Semua memiliki kesempatan yang sama, namun akan berpeluang lebih besar jika adik2 memantapkan materi sebagai bekal ujian.
    semoga berhasil

  17. Alhamdullilah aq lolos prodi ini ,
    Buat kk”, mslah akreditasi jrusan ini tlong segera d publikasikan , spy kami (cslon mabar) gx was” lg, mksh

  18. Assalamualaikum, saya sartika dari unj kira” biaya per semester untuk prodi arsitektur ini berapa yaah?? Saya kan mahasiswa thn 2013 naah saya mau pindah dari pend.fisika ke arsitektur masih blh gak?? Mohon bgt di jawab.

  19. assalamu’alaikum, kak aku kan lulusan madrasah aliyah jurusan ke-agamaan,kira-kira bisa ambil jurusan arsitektur gg??
    tolong kasih website untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang jurusan ini,,maksih..
    mohon balasannya,,,please

  20. Saya ingin mendaftarkan kuliah, lulusan sma 1998 msh bisa kah?biaya pendaftara brp? Per semester brp? Hrs tes dl tidak kalo ♍a̶̲̥̅̊υ̲̣̥ masuk? Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X