Sastra Prancis (S1)


 

Gelar

Sarjana Sastra (S.S)

Akreditasi

018/BAN-PT/Ak-X/S1/VIII/2007, 18-8-2007

Deskripsi

Izin :  2594/D/T/2001 552/D/T/2007. Program Studi Sastra Prancis adalah salah satu program studi yang ada di Jurusan Bahasa dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Program studi yang berdiri sejak tahun 2001 ini dipimpin oleh seorang ketua program studi.

Program Studi Sastra Prancis adalah program studi yang dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan berbahasa Prancis dan terkonsentrasi pada dua kompetensi yakni kompetensi sastra dan linguistik. Prodi ini menawarkan sejumlah mata kuliah pokok dan mata kuliah minimal 144 SKS dan maksimal 160 SKS.

Jumlah mahasiswa di Program Studi Sastra Prancis sampai dengan bulan Februari 2012 ada 94 orang, terhitung mulai angkatan 2006. Seluruh mahasiswa dari angkatan pertama (Angkatan 2001) sampai dengan angkatan kelima (Angkatan 2005) telah lulus semuanya.

Program Studi Sastra Prancis mempunyai delapan (8) orang dosen yang aktif mengajar dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3. Berikut adalah daftar nama dosen di Prodi Sastra Prancis:

No Nama Lulusan
1. Dr. B. Wahyudi Joko Santoso, M. Hum –      S1 Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.-      S2 Ilmu Linguistik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.-      S3 Ilmu Linguistik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
2. Dra. Sri Rejeki Urip, M. Hum –     S1 Pendidikan Bahasa Prancis IKIP Negeri Semarang.-     S2 Ilmu Linguistik Universitas Indonesia, Jakarta.-     Sedang menempuh S3 di Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Semarang.
3. Dra. Diah Vitri Widayanti, DEA –     S1 Pendidikan Bahasa Prancis IKIP Negeri Semarang.-     S2 Ilmu Linguistik Université de Genève, Swiss.
4. Dra. Anastasia Pudji Triherwanti, M. Hum –     S1 Pendidikan Bahasa Prancis IKIP Negeri Semarang-     S2 Ilmu Linguistik Universitas Indonesia, Jakarta.
5. Drs. Isfajar Ardinugroho, M. Hum –     S1 Pendidikan Bahasa Prancis IKIP Negeri Semarang.-     S2 Ilmu Linguistik Universitas Padjajaran, Bandung.-     Sedang menempuh S3 Ilmu Linguistik di Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Mar et, Surakarta.
6. Suluh Edhi Wibowo, SS, M. Hum –      S1 Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.-     S2 Ilmu Susastra konsentrasi Kesusastraan Prancis Universitas Diponegoro, Semarang.
7. Ahmad Yulianto, SS, M. Pd. –      S1 Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.-      S2 Ilmu Kependidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
8. Sunahrowi, SS, M.A. –      S1 Sastra Prancis Universitas Negeri Semarang.-      S2 Ilmu Kesusastraan minat Sastra Prancis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Program studi yang saat ini diketuai oleh Suluh Edhi Wibowo, SS, M. Hum (terhitung mulai bulan Januari 2012) ini sejak meluluskan angkatan pertama (angkatan 2001) pada tahun 2006, telah memiliki 101 alumnus. Rata-rata alumnus bekerja di agen-agen perjalanan wisata, baik domestik maupun asing. Ada juga beberapa alumnus yang bekerja di sektor perbankan, yakni di BNI 46 Jakarta. Wilayah sebaran mereka adalah di Pulau Bali, Yogyakarta, Semarang, dan Jakarta.

Mahasiswa Program Studi Sastra Prancis juga memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang secara aktif dilaksanakan oleh para mahasiswa program studi ini adalah Club de Français (Klub Konversasi Bahasa Prancis) dan Grup Teater “L’Aurore”.

Kata Alumni

Program Studi Sastra Prancis telah mengispirasi perjalanan hidup saya. Perjalanan ke Prancis dan ke beberapa negara di Eropa, bekerja dengan orang-orang Prancis, dan akhirnya bias menempuh studi lanjut S-2 di Jurusan Sastra minat Sastra Prancis di Universitas Gadjah Mada, merupakan sebuah pencapaian yang saya dapatkan berkat kuliah Sastra Prancis di Universitas Negeri Semarang.  Sungguh pengalaman yang berharga bisa mempelajari Bahasa Prancis di Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang …” —IMAM SUBADRIO, SS, M.A., Pemandu wisata senior di AZIMUTH ADVENTURE TRAVEL Ltd.

“Berkomunikasi menggunakan bahasa asing merupakan kepuasan tersendiri, terlebih Bahasa Prancis. Bahasa yang memiliki banyak julukan ini  membuat insan yang yang menggunakannya merasakan sensasi yang “Wow !” … Kekhasan prononciation-nya, keelokan conjugation-nya, dibalut hangat dan rapi dalam rangkaian struktur bahasa yang menawan. Apalagi karya agung para pujangganya menambah tabungan bekal dalam menilai kehidupan. Kasak-kusuk sukarnya Bahasa Prancis sekedar menjadi isapan jempol belaka jika kita berusaha untuk bersahabat dan terus merasa penasaran untuk mendalaminya. So, if you wanna be a francophile, let’s join us in French Literature Program of Semarang State University …” —ERVA YOLANDA KABAN, SS., Staf khusus customer berkebangsaan Prancis di NOUVELLE FRONTIÈRE.

Alamat

Gedung B4 Fakultas Bahasa dan Seni Kampus Unnes Sekaran Gunungpati Semarang 50229

E-mail: haddock19742000@yahoo.fr

Telepon :  (024) 8508072

Facebook :  Sastra Prancis Unnes

Website :  http://sastraprancisunnes.com/

 


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 22.328 kali
EDITOR : Lintang Hakim

26 komentar pada “Sastra Prancis (S1)

  1. assalamualaikun…
    saya Riyandini dari Jakarta ingin bertanya. Apa saja persyaratan masuk UNNES jurusan Bahasa Perancis dan harus bisakah berbahasa perancis bila ingin daftar ?
    Terima Kasih :)

  2. Walaikumsalam ..

    Calon mahasiswa yang berminat masuk ke Program Studi Sastra Prancis Unnes tidak harus bisa berbahasa Prancis terlebih dahulu. Pengajaran bahasa Prancis di Sastra Prancis akan dimulai dari nol, dengan kata lain semua mahasiswa akan belajar bahasa Prancis dari awal.

    Begitu yang bisa saya sampaikan. Apabila saudari Riyandini masih mempunyai pertanyaan, silakan diajukan saja.

    Terimakasih.

  3. selamat siang,..
    saya Carolina Bayu lulusan S1 Universitas Gadjah Mada Jurusan Sastra Prancis ingin bertanya. Apakah jurusan sastra prancis UNNES membuka lowongan untuk pengajar/ dosen Bahasa Prancis?
    Terima kasih..

  4. assalamualaikum, saya didi wahyudi dari tanjung, kalimantan selatan, saya mau bertanya tentang syarat-syarat supaya bisa kuliah di jurusan ini, apakah jurusan ipa sewaktu di SMA boleh masuk di jurusan ini..
    sekian terima kasih, wassalamualaikum wr wb..

  5. To Carolina Bayu Listyasanti

    Bonjour Mbak Carolina .. Saya mohon maaf untuk jawaban yg terlambat ini. Untuk sementara ini, program studi Sastra Prancis Unnes BELUM membuka lowongan untuk tenaga dosen dikarenakan rasio dosen : mahasiswa yg sudah mencukupi. Namun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa di waktu-waktu mendatang. program studi akan membutuhkan tenaga dosen baru. Jadi tetap saja memantau perkembangan yang ada. Begitu yang bisa saya sampaikan. Terimakasih.

  6. To Didi Wahyudi
    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Prodi Sastra Prancis menerima calon mahasiswa dari disiplin mana pun, karena pengajaran Bahasa Prancis akan dimulai dari 0. Jadi tidak ada masalah apabila Anda berasal dari jurusan IPA. Demikian keterangan kami. semoga bermanfaat.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

  7. Assalamualaikum wr wb..
    apa pendaftarannya sdah di buka, kalau sdah bisa kasih info bagaimana cara daftar.nya dan bisa kah mendaftar secara online?
    sekian terimakasih, assalamualaikum wr wb..

  8. bonjour
    saya lulusan tahun 2010/2011 apa saya masih bisa mendaftar untuk masuk fakultas sastra perancis
    terimakasih

  9. assalumu’alaikum wr wb
    saya adalah siswa jurusan ipa, apakah saya bisa ikut mendaftar di bsastra perancis

  10. Asslmalykm..
    Bonjour et salut ca va..
    Je peux parle francais,tp sdkit sih..
    Moi pngen nanya ke toi nih,klw tmat dr fak.sastra francais,kerja ap y selain jd guru??
    Merci

  11. assalamu’alaikum.
    i’m a studenmt from ampek ankek, and want to ask you about what i can do, if i got coum laud franch literatur.
    thanks.

  12. tentang prospek lulusan dan profil sastra perancis bisa dilihat di profil sastra perancis unnes. dan kalau mau daftar di jurusan ini bisa dilihat di website universitas negeri semarang

  13. belajar di sastra perancis tidak hanya belajar kesusastraan saja, namun juga belajar bahasa, sebagaimana jurusan bahasa asing, guiding, korespodensi, dan banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X