Pendidikan Seni Musik S1


Pendidikan Seni Musik S1

Akreditasi

B (baik) berdasarkan S.K. BANPT  022/2010

Gelar

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 124 Tahun 1999 IKIP Semarang diubah menjadi Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang peresmiannya dilakukan oleh Menteri Pendidikan Nasional pada tanggal 27 Januari 2000. Dengan perubahan ini, FPBS berubah nama menjadi Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Salah satu jurusannya ialah: Jurusan Seni Drama, Tari, Musik (Sendratasik) : Pendidikan Seni Tari (S1) dan Pendidikan Seni Musik (S1).

Dosen

Jurusan Sendratasik memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Seni Tari dan Program Studi Seni Musik.  Jurusan Sendratasik memiliki 30 dosen yang terdiri atas 2 guru besar, 5 doktor, 23 magister, dan 7 sarjana.  Saat ini 3 dosen sedang studi lanjut S3 dan master 6 orang.  Prestasi dosen bidang penelitian tiga tahun terakhir yaitu penelitian hibah strategis 3 orang, penelitian hibah bersaing 4 orang, dan penelitian dasar 1 orang. Bidang kerja sama tingkat internasional antara Universitas Negeri Semarang yang diwakili Jurusan Sendratasik dengan Bangkok Faculty Exchange Academi.  Pemerintah Kota Semarang diwakili Jurusan Sendratasik dengan Australia. Kerja sama dengan Taipei National of Art (TNUA).

Kata Alumni

Sendratasik memang tak terlupakan selain pengalaman praktek ternyata pengalaman softskil juga didapatkan. Luar biasa! –ZULKIFLI NASUTION, S.Pd.

Pengalaman dari sendratasik menjadi dasar pijakan saya untuk mengembangkan ilmu walaupun di tempat yang jauh. Thanks, Sendratasik. SEPTINA WIDJAYANTI, S.Pd.

Alamat

Jurusan Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik
Gedung B2 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229 Telepon/Faksimili 024-8508074

Website http://sendratasik.unnes.ac.id/

 

Kurikulum


Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Keterangan Semester Wajib
15P01431Akustik dan Organologi2T1Y
15U00010Bahasa Inggris2T1Y
15P01446Karawitan 12T/P1Y
15P01444Kelas Perkusi2T/P1Y
15P01451Marching Band2T/P1Y
15U00012Pendidikan Konservasi2T1Y
15P01463Pendidikan Seni2T1Y
15P01429Solfegio 12P1Y
15P01448Tembang2T/P1Y
15P01427Teori Musik 12T1Y
15P01473Drama2T/P2Y
15P01452Harmoni 12T/P2Y
15P01467Kajian Seni Pertunjukan2T2Y
15P01447Karawitan 22P2Y
15U00005Pendidikan Agama Budha2T2Y
15U00004Pendidikan Agama Hindu2T2Y
15U00001Pendidikan Agama Islam2T2Y
15U00002Pendidikan Agama Katholik2T2Y
15U00006Pendidikan Agama Konghuchu2T2Y
15U00003Pendidikan Agama Kristen2T2Y
15U00007Pendidikan Pancasila2T2Y
15F00029Pengantar Ilmu Budaya2T2Y
15U00013Pengantar Ilmu Pendidikan2T2Y
15P01464Penulisan Karya Ilmiah2T/P2Y
15P01469Sejarah Seni2T2Y
15P01430Solfegio 22P2Y
15P01428Teori Musik 22T2Y
15P01468Estetika Seni2T3Y
15P01436Gitar 12P3Y
15P01453Harmoni 22T/P3Y
15P01445Kelas Tiup dan Gesek2T/P3Y
15U00016Manajemen Sekolah2T3Y
15P01462Musik Pendidikan2T/P3Y
15U00008Pendidikan Kewarganegaraan2T3Y
15P01434Piano 12P3Y
15U00014Psikologi Pendidikan2T3Y
15P01457Telaah Kurikulum dan Pengembangan Materi2T/P3Y
15P01432Vokal 12P3Y
15P01454Arransemen2T/P4Y
15U00009Bahasa Indonesia2T4Y
15U00015Bimbingan Konseling2T4Y
15P01437Gitar 22P4Y
15P01456Kreatifitas Musik2T/P4Y
15P01472Media Rekam2T/P4Y
15P01458Perencanaan Pengajaran2T/P4Y
15P01435Piano 22P4Y
15P01483PIIP 1 Gesek3T/P4Y
15P01484PIIP 1 Gitar3T/P4Y
15P01485PIIP 1 Perkusi3T/P4Y
15P01442PIIP 1 Piano3T/P4Y
15P01486PIIP 1 Tiup Kayu3T/P4Y
15P01487PIIP 1 Tiup Logam3T/P4Y
15P01488PIIP 1 Vokal3T/P4Y
15P01482Teknologi Musik2T/P4N
15P01433Vokal 22P4Y
15P01466Analisis dan Kritik Musik2T/P5Y
15P01438Ansambel 12P5Y
15P01459Evaluasi Pengajaran2T/P5Y
15P01476Gitar Pengiring2T/P5N
15P01441Kondakting2T/P5Y
15P01465Metodologi Penelitian2T/P5Y
15P01481Musik Nusantara2P5N
15P01440Paduan Suara3T/P5Y
15P01477Piano Pengiring2T/P5N
15P01489PIIP 2 Gesek3T/P5Y
15P01490PIIP 2 Gitar3T/P5Y
15P01491PIIP 2 Perkusi3T/P5Y
15P01443PIIP 2 Piano3T/P5Y
15P01492PIIP 2 Tiup Kayu3T/P5Y
15P01493PIIP 2 Tiup Logam3T/P5Y
15P01494PIIP 2 Vokal3T/P5Y
15P01439Ansambel 22P6Y
15P01474Antropologi dan Sosiologi Musik2T6Y
15P01460Interaksi Belajar Mengajar2T/P6Y
15P01455Komposisi2T/P6Y
15P01479Kontrapung2T6N
15P01470Managemen Seni Pertunjukan2T/P6Y
15P01461Micro Teaching2P6Y
15P01480Orkestrasi2P6N
15P01478Psikologi Musik2T6N
15P01475Seminar Proposal Skripsi2T6Y
15U00019Kuliah Kerja Nyata4L7Y
15U00017Praktik Pengalaman Lapangan 12P7Y
15U00018Praktik Pengalaman Lapangan 24P7Y
15P01450Band2T/P8Y
15P01449Keroncong2T/P8Y
15U00011Kewirausahaan2T8Y
15P01471Pergelaran2T/P8Y
15U00021Skripsi6T8Y

DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 26.386 kali
EDITOR : Lintang Hakim

46 komentar pada “Pendidikan Seni Musik S1

  1. syarat masuk prodi musik punya kemampuan/rasa Irama, nada dg video sbg ganti uji keterampilan SMPTN, beasiswa tuk yg berprestasi ada

  2. Kakak2. . . Saya baru saja menjalani UM UNNES. Saya ambil Musik. . . . Doakan ya biar keterima, soalnya tadi tesnya gampang. Insyaallah. . .

  3. Assalamualaikum kaka”…
    boleh minta pendapat tidak??
    saya baru berumur 15thn. sekolah menengah kejuruan duduk dibangku kls 2.
    saya dri SMP sudah aktif di dunia musik.. saya beranikan diri untuk maju didepan kelas , pentas seni diskolah berkali”., dengan hal ini saya merasakan nyaman di zona ini. entah ibu saya tdk stuju jika saya memasuki didunia musik. tetapi ayah saya menyetujui penuh …
    saya ingin sekali sehabis lulus mencari beasiswa” kuliah tetapi berbaur musik…
    gimana ya.. tlong kaka” kasih saran dan pendapatnya..
    diharapkan bgt arahannya..
    terimakasih… :))

  4. Pendidikan seni musik sudah terkumpul berapa orang yaa sampai pendaftaran berakhir 31 maret 2014, apakah masih sepi atau sudah terkumpul banyak ? mohon informasinya

  5. Kakak”,, saya ingin sekali masuk ke jurusan sendratasik ini, tapi saat ini saya masih kelas 2 SMA, menurut guru saya yang juga alumni sendratasik di UNNES ini saya mampu untuk masuk ke jurusan ini setelah melihat pengalaman saya dalam berkarya di bidang musik.
    Tapi saya masih dalam tahap belajar membaca notasi balok.
    Minta sarannya donk kakak” agar saya lebih mudah untuk masuk ke fakultas ini.

  6. H2C ” Harap Harap Cemas” hehe, tinggal nunggu pengumuman SNMPTN tanggal 27 Mei mendatang, tetap optimis untuk pendidikan musik di UNNES, Ammiiieenn.

  7. Assalamualaikum,
    Kakak, saya ini salah satu siswi pendaftar di pend. Seni musik UNNES melalui SNMPTN. Mau tanya masalah tes keterampilan secara langsung itu ada apa nggak dan kalau ada jadwalnya itu kapan? Mohon informasinya :)

  8. Tesnya praktek langsung nyanyi bisa, sambil main alat musik bisa juga ! Terus katanya. Di tanya bisa main alat musik apa? Kalo misalnya bisa yah di persilahkan untuk menunjukannya ! Gitu sih katanya, thanks :) dan buat para calon mahasiswa yang mau coba daftar fakultas sendratasik mari berjuang bersama hihiw fighting o:):D

  9. Saya mahasiswa Seni Musik semester 2.
    saya masuk melalui jalur SBMPTN .
    yang di teskan
    1. Solfegio
    2. mengikuti ritmis
    3. memainkan alat musik / menyanyi

    dan saya tidak rugi kuliah di Seni Musik UNNES, disamping Dosen yang sangat baik, disini juga seperti mempunyai keluarga baru. saling sharing dengan kakak kelas dan dosen, saling berbagi ilmu tanpa pamrih…
    SENDRATASIK YES

  10. kemarin saya ingin sekali masuk sendratasik unnes ini, tpi ortu saya tidak mengijinkan, baru ini ortu saya mengijinkannya. mau nnya donk kak, apa msh bisa msuk lewat jalur mandiri dan apa saja persyaratannya

  11. Kk , sya lulusan SMA 2011,, dlu sya ingin mlanjutkan ke UNNES,,tp krn brbgai mcam hal ,, smua itu tertunda.. apakah saya masih pny ksempatan untuk masuk k sendratasik unnes K ??
    saya suka dgn seni ,, krn smua khidupan brdasarkn seni ..
    apakah sya msh pny harapan utk masuk k sana K ?? ;(

  12. asslmu’alaikum
    saya siswa kls XII 2014 sekarang,berhubungan musik adl inspirasi saya menggapai masa depan.saya yakin karna saya pernah menjuarai macam2x perlombaan berbagai seni musik di kabupaten saya,dengan ini saya ingin bertanya bagaimana masuk dalam bidang jurusan ini dan ada/tidak beasiswa bidikmisi/melalui jalur SNMPTN,?

  13. salam sejahtera
    saya berumur 43 tahun sekarang dan pengin masuk fakultas seni musik. selama ini saya sudah mengajar extra kurikuler di 2 SMU di purworejo. saya berkeinginan untuk ngajar secara intra. apa kira2 saya masih bisa untuk kuliah lagi dengan umur yang sudah 43 ini ? mohon jawabannya. terimakasih

  14. permisi kakak”
    saya boleh mintak saran dan infonya lebih lanjut mengenai tes nya nggak?
    saya mahasiswa semester3 di universitas sriwijaya. saya ingin pindah kampus karena saya meresa tidak cocok dengan kemampuan saya dan jurusan yang saya pelajari sekarang. saya dari kecil sangat tertarik dengan dunia musik dan saya pernah mengikuti khursus alat musik keybord selama 4 tahun. namun ketika saya mulai duduk dibangku SMP orang tua saya lebih mendukung saya di bidang akademik ketimbang dunia musik. jadi yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana caranya mendaftar untuk masuk di sendratasik unnes. terimaksih

  15. tes masuk untuk seni musik apa ya ? kalo g bisa main musik, bisa nyanyi bisa masuk gak ya ? mohon infonya kak. makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *