Pendidikan Kepelatihan Olah Raga (S1)


Pendidikan Kepelatihan Olah Raga (S1)

Akreditasi

A (Amat Baik / Poin 347) SK BAN 020/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga adalah Program Studi di Jurusan Pendidikan Kepelatihan yang menyelenggarakan pendidikan kepelatihan dengan tujuan menghasilkan lulusan yang unggul, profesional, dan trampil dalam bidang kepelatihan olahraga dengan kualifikasi sarjana (S1) Pendidikan dengan gelar akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd). Lulusan program studi ini juga dibekali ketrampilan perwasitan olahraga. Program studi ini memiliki suatu lembaga sertifikasi kepelatihan yang terakreditasi Lembaga Akreditasi Keolahragaan Nasional di cabang olahraga renang, tenis lapangan, bola voli, dan atletik

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKLO) jenjang S1 adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang Sehat, Unggul, dan sejahtera (Sutera) dalam menghasilkan tenaga kepelatihan yang profesional, menjadi lembaga rujukan dalam menyelenggarakan pendidikan, pengembangan ilmu, dan penelitian serta penerapan Iptek dalam bidang kepelatihan olahraga untuk mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pembangunan dan kemanusiaan dalam rangka mencapai tujuan nasional, yaitu pembinaan olahraga jangka panjang bertaraf  internasional

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia dibidang kepelatihan olahraga yang sehat unggul dan sejahtera , sehingga mampu bekerja secara profesional sesuai kebutuhan pembangunan dan mampu melakukan pembaharuan dibidang kepelatihan olahraga.
  2. Mengembangkan keilmuan dibidang kepelatihan olahraga untuk menghasilkan karya ilmiah dan temuan-temuan bermutu, bermakna dan menjadi acuan masyarakat.
  3. Memasyarakatkan dan mempelopori penerapan IPTEK dalam bidang kepelatihan olahraga demi kesejahteraan masyarakat, kemajuan bangsa dan kemanuasiaan, sehingga memiliki daya saing di tingkat lokal, nasional, dan internasional

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas Sehat, Unggul, dan sejahtera yang berkopetensi tingggi dibidang kepelatihan olahraga.
  2. Memberikan pelayanan yang berkualitas dan profesional melalui sumber daya manusia yang berkopetensi dalam bidang ilmu dan keahlian.
  3. Memberikan fasilitas pembelajaran melalui penyediaan sarana dan prasarana belajar yang berkualitas dan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan jaman.
  4. Mengembangkan dan menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan pengguna lulusan atau  stakeholder dan Iptek di bidang kepelatihan olahraga.
  5. Meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan kepada mahasiswa dan masyarakat.
  6. Memfasilitasi kegiatan ilmiah akademik dan mengembangkan suasana akademik yang kodusif di lingkungan kampus

Profil Lulusan

  1. Pelatih olahraga yang profesional pada satu cabang.
  2. Pelatih  fisik pada klub profesional.
  3. Instruktur kebugaran.
  4. Massuer kebugaran.
  5. Tenaga kependidikan di sekolah.
  6. Wasit dan yuri olahraga.
  7. Manager klub olahraga profesional.
  8. Pengelola pusat kebugaran.
  9. Pengelola industri olahraga

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

  1. Mampu menjadi pelatih yang nasionalis, religius, dan jujur dengan menguasai ketrampilan dan teknik terbaru.
  2. Mampu melatih secara bertanggung jawab, profesional, dan santun berdasar iptek.
  3. Mampu menyelenggarakan kegiatan kepelatihan berdasar nilai-nilai demokratis dan toleran terhadap perbedaan dan talenta anak latih.
  4. Mampu mengelola pembinaan olahraga prestasi di Indonesia secara cerdas dan integral.
  5. Mampu dan peduli terhadap perkembangan prestasi olahraga di tanah air.

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu mengelola pusat kebugaran, instruktur kebugaran, dan pelatih fisik  secara profesional dan tangguh mengadapi persaingan.
  2. Mampu menjadi wasit yang bertanggung jawab dan jujur.
  3. Mampu mengajar di sekolah dengan berperilaku yang religius dan menjunjung tinggi rasa nasionalis serta peduli terhadap anak didik dan lingkungan.

Kompetensi Lain

  1. Mampu secara cerdas melihat peluang usaha di bidang olahraga
  2. Mampu mengelola Industri olahraga dengan tangguh dan bertanggung jawab

Alamat

Gedung F1 Lantai 3, FIK Unnes, Kampus Sekaran Gunungpati 50229, Telp/Fax. 024-8508007 E-mail : pklo@unnes.ac.id, Laman : http://pklo.unnes.ac.id

 


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 51.410 kali
EDITOR : Lintang Hakim

24 komentar pada “Pendidikan Kepelatihan Olah Raga (S1)

  1. Assalamualaikum bapak Sri haryono dan bapak Tri tunggal, mohon dibantu untuk bisa mengambil mk antar masasse, bhs, inggris, pancasila, ilmu kepelatihan 1 dan mengulang bimbingan konseling, karena keterlambatan info saya tentang pengisian krs mk antar bapak, dan pemesanan, saya mohon bapak.terimakasih

  2. dan bisa gax jika siswa nya pya penghargaan kayak,piagam senam lantai….mempermudah dan bisa mendapatkan keringanan dari sana….

  3. Mohon info apakah ada jalur program penerimaan mahasiswa tanpa batasan usia untuk Fakultas Ilmu Keolahragaan Prodi Pendidikan Kepelatihan Olah Raga?

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *