Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam S1


Akreditas

Akreditas B (Baik) berdasarkan Nomor 032/BAN-PT/Ak-XV/S1/X/2012 berlaku sampai tahun 2017.

Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi
Program Studi (Prodi) Pendidikan S1 IPA FMIPA Unnes salah satu program studi di FMIPA Unnes Semarang yang menyiapkan guru IPA untuk pendidikan dasar dan menengah (SMP/SMK). Kehadiran program studi ini untuk membekali lulusan prodi S-1 IPA sebagai pendidik, peneliti dan manajer bidang pendidikan, serta dapat melanjutkan S2 dan S3 Pendidikan IPA dan prospektif menjadi dosen di Prodi Pendidikan IPA dan PGSD. Prodi Pendidikan S1 IPA diselenggarakan mulai tanggal 6 April 2009 dengan SK penyelenggaraan program dari Dikti Nomor 498/D/T/2009. Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Unnes mulai menerima mahasiswa baru berjumlah 78 mahasiswa. Pada tahun akademik yang sama, Pendidikan IPA juga mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan program khusus S1 Pendidikan IPA dari Depag Propinsi Jateng berjumlah 40 mahasiswa melalui MEDP (Madrasah Education Development Program). Pada perkembangannya Prodi pendidikan IPA memiliki 40 mahasiswa dari program S1 KKT (Kependidikan Kewenangan Tambahan) dan telah lulus tahun 2012. Pada saat ini belum menghasilkan alumni dari pendidikan IPA FMIPA Unnes, dan lulusan prodi pendidikan IPA ini akan dimulai bulan Oktober 2013.

Mengapa memilih Prodi Pendidikan S1 IPA FMIPA Unnes, maka beberapa alasan berikut:
1. Prodi S1 pendidikan IPA FMIPA telah terakreditasi B yangmana prodi ini diselengara-kan untuk menyiapkan kebutuhan guru IPA yang berkarakter untuk pembelajaran di SMP dan SMK, yaitu pembelajaran IPA tematik atau terpadu sesuai amanat kurikulum 2013.
2. Prodi pendidikan S1 IPA merupakan program studi yang relatif baru, tetapi kiprah mahasiswanya telah memiliki reputasi yang sangat membanggakan diantaranya memperoleh penghargaan sebagai penyaji poster terbaik kedua pada PIMNAS tahun 2011 di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, dan Saudara Mahmud Kuncahyo sebagai mahasiswa IPA sebagai Presiden BEM Unnes tahun 2013 .
3. Prodi pendidikan S1 IPA dalam menjalankan penelitian baik dosen maupun skripsi mahasiswa memiliki ciri unik yaitu penelitian untuk mengembangkan model perangkat pembelajaran IPA terpadu dan pembelajarannya. Penelitian yang dilaksanakan tersebut darahkan pada penelitian payung yang bersifat kolaboratif antara mahasiswa dan dosen.
4. Sarana dan prasarana pembelajaran di Prodi Pendidikan IPA FMIPA Unnes sudah sangat memadai baik sarana prasarana ruang kuliah, referensi, laboratorium IPA, serta ruang micro teaching, dan TIK .
5. Keunikan lain masuk pada prodi pendidikan IPA S1 FMIPA Unnes adalah fasilitas pembelajaran berbasis TIK, aksebilitasnya mudah dijangkau, murah, dosen professional; serta dikembangkan pembelajaran berbasis Etnosains dan Kearifan lokal sebagai perwujudan Unnes Sebagai Universitas Konservasi .
6. Mahasiswa yang masuk ke Prodi Pendidikanj IPA FMIPA Unnes mempunyai peluang besar untuk pengembangan diri dengan melanjutkan pendidikan lebih tinggi yaitu ke Program Pascasarjana Pendidikan IPA S2 (magister) maupun S3 (program doktor) yang berada di Unnes, Unesa, UPI, maupun Universitas Negeri Malang, bahkan ke Universitas di OHIO USA Amerika.

Kompetensi Lulusan
Profil lulusan dari prodi pendidikan IPA FMIPA Unnes adalah sebagai (a) Guru IPA, (b) Widyaiswara IPA, (c) Instruktur IPA, (d) peneliti pendidikan, dan (e) manajer pendidikan.

1. Kompetensi Lulusan
a. Kompetensi Utama
1) Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah,
2) Menguasai konsep teoritis yang mendalam pada bidang IPA dan pendidikan IPA, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural.
3) Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi,
4) Mampu memberikan pelatihan IPA menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan menjunjung tinggi nilai prinsip nasionalis,
5) Mampu dengan cerdas memberikan bimbingan dalam pembelajaran dan penggunaan IPA,
6) Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religious, toleran, dan bertanggung jawab,
7) Mampu menyelenggarakan pembelajaran IPA menggunakan strategi inovatif, teknologi mutakhir dan suasana yang demokratis,
8) Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

b. Kompetensi Pendukung
1) Mampu melakukan penelitian Pendidikan IPA untuk mengatasi permasalahan pembelajaran dan mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif,
2) Mampu mengelola laboratorium IPA untuk mendukung pencapaian kompetensi siswa melalui penerapan kerja ilmiah siswa,
3) Mampu mengelola pendidikan di sekolah dengan profesional dan demokratis untuk mengembangkan lembaga pendidikan yang kompetitif,
4) Mampu menyusun karya tulis pembelajaran IPA yang dipublikasikan melalui berbagai kegiatan ilmiah berdasarkan prinsip kepedulian kepada sesama,
5) Mampu menjadi fasilitator dalam berbagai kegiatan pelatihan pendidikan IPA secara profesional, jujur dan bertanggung jawab.

c. Kompetensi Lain
1) Mampu mengaplikasikan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung pelaksanaan tugas/peranannya,
2) Mampu mengembangkan entrepreunership di masyarakat yang berorientasi pada penerapan keilmuan IPA,
3) Mampu menerapkan nilai-nilai konservasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Perkuliahan
Perkuliahan dari prodi pendidikan S1 IPA FMIPA Unnes adalah perkuliahn teori di kelas, laboratorium, PPL, KKN, dan Skripsi dengan jumlah sks 136-44 Sks. Pada penyelenggaraan perkuliahan maka dosen dari program studi pendidikan IPA FMIPA Unnes berasal dari dosen Kimia, Fisika, dan Biologi. Jumlah dosen pendidikan IPA yang tetap adalah 6 orang dosen dengan bergelar doktor pendidikan IPA ( 1 orang) dan pendidikan magister pendidikan (5 orang).

Alamat
Kampus FMIPA Unnes

Gedung D-7 lantai 3 telp (024) 70805795 Jln Sekaran Gunungpati Semarang

Website : http://ipa.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Admin BAAKK Dibaca : 12.412 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *