Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1)


Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1)

Akreditasi

A (Amat Baik), berdasarkan SK No. B1167/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015

Gelar

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Deskripsi

Program Studi Pendidikan Ekonomi S1 berada di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Uiversitas Negeri Semarang dan merupakan prodi yang mendapatkan peringkat akreditasi A. Prodi Pendidikan Ekonomi S1 bertujuan mencetak tenaga pendidik profesional yang mempunyai 3 (tiga) konsentrasi, yaitu; Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Pendidikan Koperasi. Prodi Pendidikan Ekonomi S1 berawal dari keberadaan Jurusan Pendidikan Dunia Usaha, berdasarkan Keppres RI No. 52 Tahun 1982 dengan prodi; Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Tata Niaga, dan Keterampilan Jasa. Perkembangan berikutnya, berdasarkan SK Mendikbud RI No. 0643/O/1992 tentang Statuta IKIP Semarang dan No. 0185/O/1995 tentang Organisasi dan Tata Kerja IKIP Negeri Semarang, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha (PDU) mempunyai 5 (lima) prodi, yaitu; Pendidikan Koperasi S1, Pendidikan Akuntansi S1, Pendidikan Tata Niaga S1, Pendidikan Administrasi Perkantoran S1, dan Pendidikan Keterampilan Jasa D2.

Berdasarkan Keppres RI No. 124 Tahun 1999 tentang Perubahan IKIP Semarang, IKIP Bandung, IKIP Medan menjadi Universitas dan SK Mendiknas RI No. 278/O/1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unnes dan SK Mendiknas RI No. 225/O/2000 tentang Statuta Unnes, Jurusan Pendidikan Dunia Usaha berubah menjadi Jurusan Ekonomi dan prodinya berubah menjadi Pendidikan Ekonomi S1 dengan 3 (tiga) konsentrai, yaitu; Pendidikan Koperasi S1, Pendidikan Akuntansi S1, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran S1.
Berdirinya Jurusan Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi pada tahun 2006 berdasarkan Surat Ijjin Dirjen Dikti No. 1850/D/T/2006 tanggal 6 Juni 2006 dan berdasarkan SK Rektor Unnes No. 59/O/2006 tanggal 8 Juni 2006 tidak merubah komposisi prodi Pendidikan Ekonomi S1. Namun, sejak 1 November 2010, prodi Pendidikan Ekonomi S1 meningkat statusnya menjadi Jurusan Pendidikan Ekonomi berdasarkan SK Rektor Unnes No. 237/O/2010. Dan mulai tahun 2011, konsentrasi Pendidikan Koperasi dirubah menjadi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi. Sementara dua (2) konsentrasi lainnya yakni Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran tidak mengalami perubahan.

A. Kompetensi Utama Lulusan
1. Mampu memahami konsep dasar ilmu pendidikan.
2. Mampu memahami konsep dasar ilmu akuntansi, ekonomi, dan administrasi perakantoran serta mampu merencanakan, menganalisis, dan mengaplikasikan bidang tersebut dengan unjuk kerja yang diinginkan dengan memanfaatkan teknologi komputer dan informatika.
3. Mampu memahami isu-isu/permasalahan sentral di bidang pendidikan ekonomi, serta mampu mengkaji, menganalisis dan mengembangkan secara efektif dan efisien baik secara sektoral, nasional maupun internasional.
4. Mampu berfikir ilmiah dan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan ekonomi.
5. Mampu menerapkan ilmu pendidikan ekonomi dan mengidentifikasi kondisi ekonomi, bisnis, dan pendidikan untuk pengambilan keputusan dan tindakan profesional yang tepat .
6. Mampu secara produktif, kreatif, dan inovatif dalam menerapkan, mengkaji, dan mengembangkan ilmu pendidikan ekonomi sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat/dunia usaha.

B. Kompetensi Pendukung
1. Mampu berkomunikasi secara efektif dalam dunia bisnis.
2. Mampu berbahasa Inggris dalam bidang ekonomi dan bisnis.
3. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi.
4. Mampu mengembangkan diri untuk berpikir secara logis dan analitis untuk mnyelesaikan permasalahan secara profesional.

C. Kompetensi Lainnya
1. Mampu menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggung jawab profesional.
2. Mampu mengembangkan jiwa dan sikap kewirausahaan.
3. Mampu mengembangkan dan mengabdikan diri di masyarakat.
4. Mampu bekerjasama dan beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan kerja.Gedung C6 Lantai 1, Fakultas Ekonomi, Unnes

Alamat

Telp./Fax : (024) 8508015
website : http://pendidikanekonomi.unnes.ac.id
email : peunnes@gmail.com
twitter : @peunnes

Kurikulum


Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS Keterangan Semester Wajib

DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 20.623 kali
EDITOR : Rochsid Tri HP

3 komentar pada “Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1)

  1. apakah pendidikan ekonomi koperasi dengan pendidikan ekonomi akuntansi sama apa beda? terus prospek kedepannya lebih luas yg mana? trima kasih

  2. untuk mata kuliah semester 5 studi kelayakan bisnis tidak bisa di ambil oleh kami dari pend. koperasi 2012 mohon untuk bantuannya supaya kami bisa mengambil makul tersebut

    terimakasih

  3. Kalau pendidikan koperasi sama pemasaran itu beda atau tidak soalnya universtas lain pendidikan koperasi dan tata niaga itu berbeda. Terimakasih ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *