Pendidikan Bahasa Inggris (S1)


Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

Deskripsi Awal

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdiri sejak tahun 1965. Pada saat ini masih bernama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP Semarang). Seiring dengan perkembangan IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) mulai tahun 1999 sampai sekarang, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu Program Studi pada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berada di bawah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Mengapa Memilih

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dan Doktor lulusan dalam dan luar negeri. Prodi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi. Prodi ini pun selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran bahasa Inggris terkini. Dalam hal pengembangan potensi mahasiswa, Prodi ini juga memiliki beragam kegiatan ekstra kurikuler yang memberi peluang pengembangan diri bagi mahasiswanya untuk menjadi guru bahasa Inggris yang profesional dan menjadi praktisi bahasa Inggris di berbagai institusi.

Kompetensi Lulusan

Lulusan Program Studi Bahasa Inggris FBS Unnes banyak diserap dengan cepat oleh para stakeholder dan bekerja sesuai dengan bidangnya baik di instansi negeri maupun swasta di dalam maupun luar negeri.

Deskripsi Perkuliahan

Perkuliahan mencakup semua skills dan komponen bahasa Inggris serta materi pedagogis dan mata kuliah umum secara proporsional dan komprehensif. Diantara mata kuliahnya adalah Listening, Speaking, Reading, Writing, Lexical Studies, Grammar, Pronunciation, Language Teaching Theories, Language Teaching Methods, Language Teaching and Technology, Language Testing/Assessment, Cross-Cultural Understanding, Praktek Pengalaman Lapangan, dan lain-lain.

Cerita Alumni

1. “Ketika lulus SMA saya merasa tidak bisa berbahasa Inggris. Setelah lulus S1, bahasa Inggris bukan lagi hambatan bagi saya, dan dengan kemampuan bahasa Inggris saya, saya bisa memperoleh banyak kesempatan emas seperti mendapat Grant untuk presentasi di luar negeri, serta kesempatan-kesempatan program luar negeri lainnya.” (Dr. Issy Yuliasri, M.Pd. – Alumni Angkatan 1984)
2. “Yang spesial tentang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes ini adalah bagaimana Program Studi mendukung kegiatan yang mampu memperkaya life skill saya. Saya didukung untuk menghidupkan kembali Teater “Mirror” yang kemudian sangat berperan dalam rangkaian hidup saya baik sebagai guru maupun sekarang sebagai diplomat. Secara akademis, Mata Kuliah seperti ESP, CCU, Listening, Speaking, Reading, dan Writing juga memberi bekal sangat penting bagi seorang diplomat.” (Hanung Nugraha, S.Pd. – Alumni Angkatan 1994)
3. “Ilmu dan pengalaman yang saya peroleh dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes telah mampu membantu mengembangkan potensi dan bakat saya secara optimal. Studying in the English Department of Unnes was one of my best decisions.” (Rohani, S.Pd., M.A. – Alumni Angkatan 1996)

Kontak Kami

Gedung B3 dan B8 Kampus Sekaran,
Jalan Raya Sekaran Gunungpati
Telp/Fax: 024-8508071 Semarang 50229
Email: uness_english@yahoo.com


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 70.760 kali
EDITOR : Lintang Hakim

77 komentar pada “Pendidikan Bahasa Inggris (S1)

  1. saya mau masuk pendidikan inggris ini ,tapi saya belum begitu menguasai bahsa inggris ,,,
    trus gimana dong ,tlong jawab lewat email saya ya …
    makasih

  2. Saya mau ndaftar ke pendidikan bahasa inggris karena d smk saya suka bahasa inggris . .tpi saya kurang memahaminya tpi semua itu yang membuat saya ingin memperdalam ilmu bebahasa inggris saya .

  3. Rama: Kalau pingin ya harus diperjuangkan
    Mega & Ria: Pada saat kuliah anda akan diberi dasar2 Bahasa Inggris di semester 1 dan 2. Jadi jangan khawatir
    Erwid: pendidikan bahasa Inggris lebih mengarah menjadi pengajar bahasa Inggris. Kalau sastra lebih ke arah studi teks bahasa untuk potensi pekerjaan seperti penerjemah, jurnalis, diplomat, peneliti dsb. Walaupun begitu, keduanya sering saling bersinggungan.

  4. kak, aku udah dftar pendidikan bahasa inggris di unnes, peminat jalur SNMPTN itu udh berapa kak jumlh’y untuk prodi pendidikan bahasa inggris?
    mkasih :)

  5. kak, sya udsh dftar pendidikan bhasa inggris di unnes jalur SNMPTN, berapa jumlah peminta prodi pendidikan bahsa inggris jalur SNMPTN tahun ini kak..

  6. Saya ingin mengambil pendidikan bahasa inggris, SMA saya di Jakarta. tapi tahun depan insyaallah saya ingin kuliah di semarang.
    sebelumnya saya ingin mencoba mendaftar di Jakarta terlebih dahulu.
    Terimakasih.

  7. Alhamdulillah saya lolos SNMPTN UNNES dalam prodi Pendidikan Bahasa Inggris
    Tinggal nunggu tanggal 13 juni dan 18 juni untuk pembekalan :)

  8. aslmualkum maaf saya ingin bertanya untuk pendidikan S1 bahasa inggris ini untuk tahun 2014 pembukaan SMPTN bulan berapa ya??? trimakasih
    mohon informasi pendaftaranya

  9. Yahyi pengen masuk SNMPTN di UNNES :) بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ o:) dukung yahyi ya

  10. Mau nanya ..
    Bisaa diperincikaan ga biaya dari masuk sampe tamat S1…
    Sy tggu di email yah ;)
    Soalnya insya allah 2014 ini sy mau daftar d’sini

  11. Kak saya mauu tanya,,saya tahun depan ingin mendaftar jurusan pendidikan bhasa inggris,,tapi saya belum sepenuhnya menguasai dalam mengerti arti berbahasa inggris,,solusi

  12. Maaf, Ka.. klo alumnus SMK kira2 ksempatan ditrima d’pend. bhs inggris gmna? klo lewat jalur SBMPTN.. ap yg penting passing gradeny tinggi?

  13. Kalau dari jurusan IPA bisa tidak milih prodi Pend. Bahasa Inggris lewat jalur SNMPTN? Mohon jawabannya, terimakasih.

  14. assalamualaikum, mau tanya, kalau anak ipa boleh nggak masuk ke prodi ini atau sastra inggris gitu? masih bingung soal lintas jurusan nih
    trus tolong kasih rincian biaya kuliah nya juga dong, dr awal masuk sampai lulus s1
    ditunggu jawaban nya yaa, trimakasih

  15. biasanya daya tampung dan daya minat berapa? dan berapa percent yang bsa msuk dari daya tampung yang tersedia???? terimakasih

  16. kak, mau tanya, kalau mau masuk ke prodi ini tapi belum terlalu bisa bahasa inggris bisa kan ya? maksudnya nanti di semester awal diajar tentang dasar-dasarnya kan? terimakasih.

  17. saya ingin mengikuti snmptn pendidikan bahasa inggris,, tapi konon snmptn itu bersifat untung untungan?? yang pula kemampuan saya juga tidah lebih dari lumayan,,,,
    sebenarnya tahap yang bagaimana peserta snmptn dapat diterima,, terima kasih ,,,,,

  18. assalamualikum …saya sudah daftar bidik misi dan snmptn di unnes dg fakultas pendidikan b.ing,,tapi apa say bisa masuk ini padahal saya tidak terlalu bisa bahasa inggris saat ini,,,,dan nilai saya juga kurang,,tapi saya minat disini,,,apa saya bisa yahh? terima kasih :) wasalamualaikum

  19. saya mau daftar pend. inggris, saya mau tanya rincian biaya keseluruhan fakultas pend inggris setahunnya. tolong djawab. terimakasih

  20. Maaf kak q cuma tanx apa saja persayata” pendaftaran b inggris q pingin tw dan juga apa saja pendidikan terlebih dahulu di beri kepada kita.maaf kak sy juga kurang dalam menguasai b inggris nilai sy juga kurang bagus tapi sy pingin banget dalam bidang bahasa inggris plis kak..tolong kirim ke email google sy..

  21. Dear All,
    Mau tanya dong,
    Saya benar-benar mau kuliah ambil jurusan Sastra inggris , tetapi saya bingung krn saya belum cukup memahami yang nama.a B.inggris.. klw mau ambil jurusan Sastra inggris , kira-kira ada syarat” tertentu nggak sih?

    Kindly advise.
    Thanks,
    Regards
    Meyca

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X