Pendidikan Bahasa Jawa (S1)


Pendidikan Bahasa Jawa (S1)

Akreditasi

B berdasarkan SK BAN-PT 151/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VI/2013

Gelar

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Visi

 Menjadi pusat pengembangan dan penerapan ilmu Pendidikan Bahasa Jawa serta sebagai pilar konservasi budaya Jawa untuk turut memayu hayuning bawana.

Misi

  1. Mengajarkan, mengembangkan, dan mengamalkan ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan di bidang Pendidikan Bahasa Jawa
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas dan bereputasi internasional untuk menghasilkan pembaruan ilmu dan teknologi yang berwawasan konservasi budaya di bidang bahasa, sastra, dan budaya serta menyemai sumber daya manusia yang andal dan terpercaya dalam penelitian bidang pendidikan bahasa Jawa.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran untuk membantu memecahkan masalah yang terjadi dalam masyarakat di bidang pendidikan bahasa dan sastra Jawa.
  4. Menyelenggarakan kerja sama antarlembaga baik lokal, nasional, maupun global untuk mendukung tercapainya Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa yang unggul dan berwawasan konservasi budaya dengan semangat kewirausahaan.

Deskripsi

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Jawa menjawab kebutuhan riil guru bahasa Jawa. Bahkan sebelum Peraturan Daerah yang mewajibkan bahasa Jawa wajib diajarkan mulai SD hingga SMA atau sederajat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY, jurusan ini telah melahirkan ribuan tenaga pendidik yang kompeten di bidangnya.

Tiap tahunnya, prodi ini menampung 125 mahasiswa baru. Pada tahun 2012, prodi ini menarik minat 1.119 pendaftar. Dalam pembelajaran, mahasiswa dididik untuk menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berjati diri, mampu berpikir ilmiah, menguasai ilmunya, serta memiliki kecakapan hidup (life skill) dalam rangka memenangi persaingan global dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Jawa. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa memiliki banyak keunggulan. Selain pengajar yang berkualifikasi S2 dan S3, prodi yang terakreditasi A ini menuai banyak prestasi. Prestasi itu dihasilkan baik oleh dosen maupun mahasiswa.

Pada prodi ini, mahasiswa juga dibekali dengan soft skill, baik yang terintegrasi dalam mata kuliah maupun bisa dipilih melalui Unit kegiatan Mahasiswa (UKM). Melalui mata kuliah, mahasiswa akan mempelajari kepewaraan, panatacara, karawitan, tembang, hingga produksi tulis. UKM yang sejalan dengan program studi ialah UKM Karawitan, Ketoprak, Panembrama, maupun Tari Klasik dan Kreasi.

Prodi juga dilengkapi dengan laboratorium gamelan, perpustakaan, dan ruang radio yang kesemuanya memudahkan dalam belajar dan berkreativitas. Jaringan internet melalui komputer yag terhubung dengan local area network (LAN) menyediakan akses ke dunia maya tanpa batas. Mahasiswa juga dapat menggunakan laptop yang dapat dikoneksikan dengan wi-fi untuk mengakses berbagai informasi maupun interaksi sosial. Lulusan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa diserap dengan cepat oleh sekolah negeri maupun swasta maupun lembaga pendidikan lain. Melalui berbagai kompetensi yang diperdalam semasa perkuliahan, mahasiswa juga diharapkan mampu menekuni bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa, seperti menjadi panatacara, wartawan, redaktur, penulis naskah, dan pengajar drama.

Mata Kuliah

Mata kuliah yang ditawarkan pada semester I: Lingusitik Umum, Fonologi Bahasa Jawa, Teori Sastra, Tembang, Budaya Jawa, Pembelajaran Menyimak, Membaca, Bahasa Jawa Kuna, pengantar Ilmu Pendidikan, dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
Semester II: Morofologi Dasar, Sastra Pewayangan, Menulis Huruf Jawa, Bahasa Sansekerta, Berbicara, Sejarah Sastra Jawa, Pembelajaran Membaca, Menulis, Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Bahasa Inggris. Semester III: Morofologi Lanjut, Membaca Huruf Jawa, Karawitan, Folkolre, Telaah Pranata Masyarakat Jawa, meluis Kreatif, Pengkajian Puisi Jawa Tradisional, bimbingan Konseling, Statistika, Pendidikan Kewarganegaraan, Pembelajaran Berbicara. Semester IV: Fraseologi, Pragmatik, Strategi Pembelajaran, Telaah Kurikulum, Pengkajian Puisi Jawa Modern, Panatacara, Pembelajaran Menulis, Manajemen Sekolah, Bahasa Indonesia, Psikologi Pendidikan. Semester V: Ilmu Budaya, Sintaksis, Semantik, Sosiolingusitik, Psikolingusitik, Pengkajian Drama Jawa Tradisional, Pengkajian Prosa Jawa Modern, Perencanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Telaah Buku Teks, Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Semester VI: Wacana Bahasa Jawa, Pengkajian Drama Jawa Modern, Sastra Bandingan, Menulis Karya Ilmiah, Jurnalistik, Mikroteaching, Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Tes Bahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa, Metodologi Penelitian Pendidikan, Seminar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa. Semester VII: PPL 1, PPL 2, KKN, Skripsi.
Semester VIII: Penulisan Buku Ajar, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Penyuntingan Keredaksian, Kepewaraan dan Kepenyiaran, Teknologi Informasi.

Kata Alumni

“Tak perlu menunggu lama. Setelah diwisuda dan mendapat gelar Sarjana Pendidikan, saya kemudian melamar menjadi guru tidak tetap di sebuah sekolah negeri di Semarang. Alhamdulillah, setahun kemudian saat pendaftaran CPNS, saya ikut mendaftar dan diterima. Sekarang saya mengajar di SMPN 1 Wedung Demak.” WINARKO SUSILO ATMODJO, guru SMP di Kabupaten Demak

“Selama kuliah, saya mendalami ilmu sinden. Ditempa oleh dosen yang kompeten di bidang ini, saya pun memberanikan diri untuk mengikuti Sinden Idol 2012, akhir tahun lalu. Meski tidak menjadi juara, saya berhasil masuk nominasi 10 besar. Hal yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Kini, saya mengajar di sebuah sekolah swasta di Semarang, tentu sambil nyinden dan mengajarkan tembang Jawa di berbagai komunitas kesenian.” DHESI PURNAWATI, guru dan pesinden

Alamat

Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa
Gedung B8 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang
Kampus Sekaran Gunungpati Semarang 50229
Telepon: (024) 86458383; e-mail: bahasajawa@unnes.ac.id
Website: jawa.unnes.ac.id


DIUNGGAH : Rochsid Tri HP Dibaca : 44.163 kali
EDITOR : Dhoni Zustiyantoro

20 komentar pada “Pendidikan Bahasa Jawa (S1)

  1. apakah ada rencana UNNES membuka lagi program SKT ( sarjana kewenangan tambahan ) prodi bahasa jawa ? atau program khusus lain untuk melayani guru bahasa jawa sertfikikasi yang berpendidikan di luar prodi Bahasa Jawa bisa menambah ilmunya dan menyesuaiakan pendidikannya supaya tidak mismatch ?

  2. Guru Bahasa Jawa yang belum S1,bisa tidak bila ingin transfer ke jurusan S1 Bahasa Jawa di UNNES ? Kalau bisa,bagaimana caranya?

  3. bisakah kami untuk mendapatkan buku-buku bahasa daerah yang telah diterbitkan UNNES terkait dengan pembelajaran ditingkat sma/smk
    ( kalau ada bagaimana carannya) terimaksih atas perhatian dan kerjasama yang baik.
    salam dari kediri

  4. Kalau mau transfer ke jurusan pendidikan bahasa jawa unnes dari unesa dengan jurusan yang sama bagaimana caranya?
    persyaratannya apa saja?

  5. untuk mahasiswa transfer bagaimana prosedurnya..?
    misal dari kampus lain ke transver ke UNNES
    dr S1 Seni Musik karawitan ke S1 pendidikan bahasa dan sastra jawa..?

    matursuwun

  6. DIBUTUHKAN SEGERA
    PENGAJAR / GURU PENDIDIKAN BAHASA JAWA
    LAKI-LAKI/PEREMPUAN, USIA MIN 22 TH
    BERPENAMPILAN MENARIK, DISIPLIN DAN ULET
    KIRIM LAMARAN KE:
    SMA NEGERI 1 KESAMBEN. JL. BROMO KESAMBEN. KABUPATEN BLITAR

  7. Apakah saya yang sekolah smk 4 tahun dapat mengikuti program studi sastra jawa ini? Dan apakah hanya lulusan jurusan sastra saja yang dapat mendaftar di fbs jawa..

  8. kalau pindahan dari universitas lain dari S1 Bahasa dan Sastra Daerah pindah ke S1 Bahasa dan Sastra Jawa di UNNES ,,bisa apa tidak. apa harus mengulang dari lagi??

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X