Akuntansi (D3)


Akuntansi (D3)

Akreditasi 
B (Baik)

Gelar Lulusan
Ahli Madya (A.Md.)

Alamat Lengkap
Gedung C-6 Kampus Sekaran Gunungpati,Semarang
Telp. Fax. 8508015, Email : fe@unnes.ac.id
Website: akuntansi.unnes.ac.id

Sejarah Singkat

Program Studi Akuntansi D3  Fakultas Ekonomi Unnes merupakan program studi yang berdiri berdasarkan izin penyelenggaraan program studi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi depdiknas Nomor: 2108/D/T/2007 tanggal 2 Agustus 2007. Program Studi Akuntansi Unnes sebagai program studi yang masih muda, keberadaannya sangat memberi arti bagi perkembangan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Program Studi Akuntansi sebagai embrio terciptanya lembaga yang secara definitif mampu mandiri dan menghasilkan lulusan yang berkualitas serta diterima oleh masyarakat pada umumnya.

 

Visi Program Studi

Menjadi program studi akuntansi bertaraf internasional, sebagai pusat keunggulan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu akuntansi dengan menjunjung tinggi etika, kejujuran, dan tanggung jawab sosial.

Misi Program Studi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu di bidang ilmu akuntansi yang bertaraf nasional dan internasional.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu di bidang ilmu akuntansi.
  3. Mengembangkan kerja sama di bidang ilmu akuntansi dengan lembaga pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang berkompeten, memiliki kemampuan akademik dan professional, beretika, jujur, bertanggung jawab social, di bidang ilmu akuntansi sesuai dengan perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi serta dunia kerja.
  2. Menghasilkan penelitian yang bermutu di bidang ilmu akuntansi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta masyarakat.
  3. Mengabdikan kepada masyarakat di bidang ilmu akuntansi sebagai wujud tanggung jawab social.Mahasiswa
    Mahasiswa di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universits Negeri Semarang cukup beragam, mewakili dari Sabang sampai Merauke wilayah Republik Indonesia. Diantaranya adalah para mahasiswa yang berasal dari Ambon, Aceh, Medan, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Kepulauan belitong, NTB, hingga Irian Jaya. Keberagaman karakter mahasiswa dari tiap daerah inilah yang mampu membawa Jurusan Akuntansi semakin maju dalam segala aspek. Keanekaragaman dan perbedaan bukanlah menjadi ancaman tetapi justru memberikan asupan semangat pembaharuan dalam aspek kehidupan kampus.

    ALUMNI
    Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi  Unnes telah mencetak lulusan ahli madya (D3) yang handal dan  mampu  bekerja sebagai tenaga yang kompetitif. Meraka telah mampu  menunjukkan keahliannya dalam bidang akuntansi, sehingga banyak alumni lulusan Akuntansi diterima diberbagai sektor usaha baik pemerintah maupun swasta diantaranya yaitu di Bank Nasional Indonesia, Bank Mandiri, Bandak Indonesia, PT. Perkebunan Nusanatara X, Arsip Nasional Republik Indonesia, BKKBN, PT. POS Indonesia dan lain sebagainya diseluruh pelosok negeri ini.

    KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

    1. Englis Club

    Merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki jurusan akuntansi yang menjembatani keinginan mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakatnnya di bidang bahasa asing terutama bahasa Inggris. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan serta ketangkasan mahasiswa dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal.

    1. Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi

    Merupakan kegiatan di tingkat jurusan dalam bidang politik sosial dan ekonomi

    1. BSO KIME

    Adalah forum karya ilmiah mahasiswa ekonomi yang berfokus apda penulisan karya ilmiah khususnya di bidang akuntansi

    1. BSO Paduan Suara
    2. BSO KSEI, EKSIS
    3. BSO PRAMUKA
    4. BSO Penerbitan

    KATA ALUMNI

    1. Roro Mona (Lulusan 2011) – Bank BNI Syariah

    “ Bravo Akuntansi. Saya beruntung bisa kuliah di Akuntansi UNNES, selain dosen-dosen pengajarnya  berkompeten  juga suasana serta sarana perkuliahan yang sangat menunjang  kegiatan pembelajaran. Alhasil, saya bisa memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan bidang saya. Pokoknya jaya terus dech buat Akuntansi UNNES, we love u…”

    1. Artisa Brilian Sari (Lulusan 2011) – Bank BRI Pati

    “ Semoga akuntansi selalu berjaya dan tambah uapik…terimakasih telah mendidik saya hingga saya lulus dan sukses…”


DIUNGGAH : Riki Arswendi Dibaca : 11.569 kali
EDITOR : Lintang Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *