Semangat Awal Pekan untuk Raih Kemajuan


Semangat Awal Pekan untuk Raih Kemajuan

Setiap awal pekan kita senantiasa dihadapkan pada pilihan, mengucapkan have a nice Monday atau I hate Monday. Idealnya kita semua, warga Universitas Negeri Semarang (UNNES), memilih have a nice Monday. Pilihan itu bisa menggambarkan sikap kita pada hari-hari berikutnya.

Keluarga besar UNNES telah bersepakat menjadi Universitas Berawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional. Komitmen itu harus diraih dengan berbagai cara. Bagi orang-orang yang bisa berlari, maka berlarilah. Jika tidak bisa berlari, maka berjalanlah. Tetapi jika berjalan pun  tidak mampu, maka merangkaklah.

Apa artinya? Dengan komitmen yang jelas, warga UNNES harus terus bergerak maju, tidak bisa mundur lagi. Maka selayaknyalah UNNES terus berlari dan bahkan terbang jika mampu, untuk mewujudkan visi dan misinya.

Tahun 2016 UNNES sudah terakreditasi A (unggul). Dalam beberapa tahun ke depan universitas ini akan menuju kepada Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH).

Untuk menuju ke sana, ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi, seperti juga disampaikan oleh Menristek Dikti kepada pimpinan UNNES. Beberapa persyaratan adalah (1) menjadi Good Governance University, (2) meningkatkan Riset dan Pengabdian Unggul, (3) meningkatkan reputasi internasional, dan (4) memperbanyak produktivitas profesor dan doktor.

Selain itu, (5) menambah jumlah publikasi jurnal internasional bereputasi, (6) meningkatkan sumber-sumber untuk pendapatan universitas (income revenue generating), (7) meningkatkan prodi terakreidtasi A hingga 80 persen, dan (8) tetap konsen pada penyiapan guru masa depan sebagai LPTK.

Dengan kondisi demikian, tidak ada alasan untuk semua warga rumah ilmu UNNES untuk tidak berbuat dan maju ke depan serta mendukung tahun reputasi UNNES 2017. Hal itu sejalan dengan apa yang diinstruksikan oleh presiden Jokowi dengan dikeluarkannya Inpres no 12/2016 pada tanggal 6 Desember 2016 melalui Gerakan Revolusi Mental. Gerakan Revolusi Mental tersebut mengandung nilai-nilai yang relevan dengan Visi UNNES menjadi Universitas berwawasan Konservasi dan bereputasi Internasional. Nilai-nilai itu adalah; Integritas, Etos kerja dan Gotong-royong.

Sejalan dengan hal itu, maka UNNES perlu melakukan langkah-langkah yang strategis dengan melakukan dan membudayakan gerakan UNNES Melayani, gerakan UNNES bersih, Gerakan UNNES tertib, gerakan UNNES mandiri, dan gerekan UNNES bersatu.

Seorang pemimpin lebih baik memberikan teguran nyata daripada memberikan kasih yang tersembunyi. Karena permata hanya bisa diasah dengan permata. Jadilah orang orang kecil yang berpikiran besar, jangan jadi orang besar yang berpikiran kecil/sempit. Bravo UNNES!

Prof Dr Totok Sumaryanto F. MPd, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNNES

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X