Selamat Berpuasa, Semoga Kita Menjadi Pribadi Taqwa


Selamat Berpuasa,  Semoga Kita Menjadi Pribadi Taqwa

Warga UNNES yang kami hormati. Pada akhir Ramadan tahun lalu kita berdoa “Ya Allah semoga kami akan menjumpai Ramadan-Ramadan yang akan datang.”

Alhamdulillah doa kita dikabulkan Allah. Insya Allah kita akan segera menjumpai Ramadan 1438 H. Kita wajib bersyukur karena Allah telah mengabulkan doa-doa kita.

Sebaik-baik bersyukur adalah melaksanakan perintah Allah dan Rasulullah. Salah satu perintah Allah adalah berpuasa.

Allah berfirman dalam Al-Quran: “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi orang yang bertaqwa.” (Al-Baqarah (2) ayat: 183).

Berdasarkan firman Allah tersebut, Allah memerintahkan orang-orang yang beriman agar berpuasa, dengan tujuan agar menjadi orang yang bertaqwa. Jadi, tujuan berpuasa itu hanya satu, yaitu supaya menjadi orang yang bertaqwa, bukan yang lainnya.

Orang yang bertaqwa yaitu orang yang takut kepada Allah, cinta kepada Allah, tunduk dan patuh kepada Allah. Sehingga dengan ihlas dan bersemangat melaksanakan segala perintah Allah dan Rasulullah, serta meninggalkan semua larangan Allah dan Rasulullah.

Nabi Muhammad bersabda “Telah datang kepada kalian bulan berkah yang diwajibkan kamu berpuasa, di dalamnya pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Barangsiapa yang tidak berbuat baik di bulan Ramadan sungguh dia telah merugi.” (HR. Ahmad, Nasai, Baihaqy)

Berdasarkan hadis Nabi Muhammad tersebut, di bulan Ramadan 1438 H ini Badan Amalan Islam (BAI) UNNES mengadakan berbagai macam kegiatan, yaitu dalam rangka mengajak dan memberi kesempatan umat Islam UNNES berbuat baik.

Kegiatan tersebut di antaranya shalat wajib berjamaah, salat tarawih berjamaah, tadarus, kuliah Subuh, buka bersama,  kajian hadis Nabi, iktikaf (menetap di masjid), pembagian zakat fitrah, salat Idul Fitri, dan sebagainya. Semua kegiatan itu dilaksanakan di Masjid Ulul Albab UNNES. Insya Allah kita tergolong sebagai orang yang tidak merugi.

Akhirnya, kami ucapkan selamat berpuasa semoga kita menjadi orang yang bertaqwa. Amin.

Drs H Anwar Haryono MPd, Ketua Badan Amalan Islam UNNES

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *