Akreditasi Unggul, Pelayanan Juga Unggul


Akreditasi Unggul, Pelayanan Juga Unggul

AKREDITASI sebagai universitas unggul (akreditasi A) perlu disikapi civitas acedemica dengan meningkatkan prestasi di berbagai bidang. Bagi dosen dan tenaga kependidikan, akreditasi itu perlu disikapi dengan meningkatkan pelayanan. Agar: akreditasi unggul, pelayanan juga lebih unggul.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan, pada Pasal 1 ayat (1) disebutkan bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menetapkan dan menerapkan standar pelayanan publik untuk setiap jenis pelayanan.

Pada bab III peraturan tersebut disebutkan bahwa organisasi penyelenggara pelayanan wajib membuat mekanisme pengelolaan pengaduan. Bentuk-bentuk pengelolaan pengaduan yang digunakan di antaranya seperti penyediaan kotak saran/kotak pengaduan, melalui sms, portal pengaduan berbentuk website, dan penyediaan petugas penerima pengaduan.

Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) dan akan menyiapkan diri untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) telah memperoleh capaian status akreditasi A atau unggul.

Perolehan akreditasi unggul ini memberikan komitmen dan tanggungjawab yang lebih besar dalam meningkatkan kualitas kinerja pelayanan yang diberikan kepada seluruh pengguna dan masyarakat di semua bidang layanan. Implementasi komitmen dan tanggungjawab tersebutsalah satunya dengan telah diterbitkannya Keputusan Rektor Nomor 607/U/2016 tentang Standar Pelayanan Universitas Negeri Semarang.

Dengan diterbitkannya Keputusan Rektor ini, UNNES harus selalu meningkatkan kinerja pelayanan dan penjaminan mutu pendidikan (service and quality assurance). Pelayanan dan penjaminan mutu pendidikan ini sebagai proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pendidikan secara konsisten dan berkelanjutan untuk kepuasan pengguna UNNES dan masyarakat. Agar perbaikan dan pengembangan pelayanan dapat dilakukan dengan cepat dan terus-menerus.

Aspirasi publik, pengaduan, kritik, saran, dan keluhan serta solusi yang disampaikan oleh pengguna dan masyarakat merupakan masukan yang sangat berharga yang harus ditindaklanjuti. Aspirasi dan pengaduan dari pengguna dan masyarakatini merupakan salah satu instrumen untuk melakukan evaluasi diri terhadap kelemahan dalam pelaksanaan pelayanan dan penjaminan mutu pendidikan. Hal ini diperlukan sebagai salah satu langkah percepatan dalam pencapaian visi UNNES sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional.

Kami berharap kepada para stakeholder UNNES baik dari civitas akademika maupun dari masyarakat umum dapat menyampaikan aspirasi, pengaduan, kritik, saran, keluhan, dan masukan serta solusi kepada kami terhadap ketidakpuasan layanan yang telah diberikan dari seluruh unit kerja UNNES. Aspirasi yang disampaikan ke UNNES dapat berasal dari mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, orang tua mahasiswa, serta pihak lain yang berhubungan dengan pelayanan di UNNES melalui portal pelayanan aspirasi atau pengaduan yaitu Sistem Informasi Aspirasi Publik dengan alamat website http://siap.unnes.ac.id

Aspirasi dan solusi yang disampaikan akan ditindaklanjuti ke unit kerja terkait melalui jajaran pimpinan sebagai harapan yang besar dan nyata dalam peningkatan kinerja pelayanan dan penjaminan mutu pendidikanmenuju Good University Governance (GUG) dalam menyongsong reputasi UNNES menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Semoga.

Darmoyo SPd MKomKasubbag. Tata Usaha BUHK UNNES

satu komentar pada “Akreditasi Unggul, Pelayanan Juga Unggul

  1. Pelayanan unggul dan baik akan mencerminkan kuaitas suatu institusi. Tetap semangat bekerja dan memajukan Universitas Negeri Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *